John Lydon Mengenang Sid Vicious

  • By: NTP
  • Sabtu, 2 June 2018
  • 1135 Views
  • 2 Likes
  • 3 Shares

Dalam wawancara Uncut baru-baru ini, John Lydon alias Johnny Rotten mengaku menyesal tidak bisa menolong Sid Vicious.

Pada kesempatan tersebut, Lydon kembali mengingat peristiwa menjelang bubarnya Sex Pistols dan bagaimana kondisi Sid menginspirasinya untuk menulis “Low Life” bersama Public Image Ltd.

Lydon membahas bagaimana Sid menginspirasinya, saat itu ia masih dalam masa tahanan setelah menjadi tersangka atas pembunuhan kekasihnya, Nancy Spungen. Vokalis gaek ini juga mengingat periode post-punk pada 1978, dan album perdana Public Image Ltd, First Issue.

“Saya merindukan Sid. Saya menyesal karena saya bisa saja menolongnya dan mencegahnya terjerumus, tapi pada akhirnya ia memang mencari jalan itu. Kami menyeretnya masuk ke dalam band tapi dia tidak siap dengan kondisi yang kami hadapi."

"Heroin memang memberikan kenyamanan dan dapat menghilangkan keraguan. Bagi saya keraguan adalah salah satu motivator terbesar. Saya bisa berkembang karena keraguan. Saya tidak tahu harus bagaimana saat dipuji, tapi saya bisa menghadapi hinaan. Proses itu adalah amunisi buat saya,” papar Lydon.

Beberapa bulan setelah Sex Pistols membubarkan diri usai tampil di San Fransisco, Lydon segera bangkit. Ia membentuk Public Image Ltd, band yang menggabungkan materi punk dengan sound dub dan industrial. Lydon merekrut mantan gitaris The Clash, Keith Levine, Jim Walker (drum) dan bassis kawaakan, Jah Wobble.

Bagi Lydon, masa awal penggarapan materi Public Image Ltd adalah proses konfrontasi “dengan iblis”.

“Baru pertama kalinya saya merasa pola-pola musiknya terbuka di dalam kepala. Kami menginginkan barisan nada-nada yang mengganggu dan menyakitkan. Kami ingin musiknya terdengar menyebalkan dan dikuasai kecemasan,” ujar Lydon.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
17 views
superbuzz
129 views
superbuzz
96 views
superbuzz
34 views