BAPAK

BAPAK, Proyek Eksperimental dari Rapper/Produser BAP./Yosugi

  • By: NTP
  • Senin, 24 February 2020
  • 1876 Views
  • 3 Likes
  • 2 Shares

Setelah merilis album debut Monkshood yang fenomenal pada Agustus 2018, BAP. kembali dengan wajah terbarunya, BAPAK. Proyek evolusi selanjutnya dari Kareem Soenharjo alias Yosugi kali ini tidak sendirian, walau masih menjadi mastermind di belakang kuartet BAPAK.

Iterasi selanjutnya dari proyek musikal Kareem ini ia nyatakan sebagai “(mediumnya) menjelajahi kecintaannya terhadap musik dan eksperimentasi hingga titik terjauhnya". Menariknya, BAPAK pergi menjauh dari spektrum soul/jazz hip-hop walau masih berjalan di jalur instrumentasi serupa.

Formasi BAPAK tersusun dari jajaran muka-muka segar di kancah independen Jakarta: Alfath (Flowrpit), Bagas Encek (Tarrkam), serta Kevin (Whoosah). Bagi kalian yang pernah mendengar ketiga karya mereka di proyek musik masing-masing, output band ini masih terdengar mengejutkan.

“(BAPAK) adalah kebutuhan untuk melampiaskan pengaruh musikal saya melalui sebuah band yang organik. BAPAK berusaha untuk memberi perjalanan musikal yang mendorong batas-batas musik dan selera pribadi,” tulis Kareem melalui siaran pers.

Single perdana mereka, “Jon Devoight” penuh berisi ledakan hardcore, punk, jazz dan prog/math-rock dengan lapisan noise tebal yang mengganggu sensibilitas sound “baik-baik saja” hari ini.

Menyebut single tersebut sebagai “ledakan yang memulai sebuah maraton”, single tersebut mereka anggap dapat merangkum sebagian besar visi musikal BAPAK. Instrumentasi galak, muntahan vokal kering dan konsistensi menahan antara ketegangan tenaga sekaligus kebisingan.

Selain dilepas dalam format musik digital, “Jon Devoight” juga dibungkus dalam video klip berestetika visual glitch dan gempuran warna olahan VCR. Klip tersebut digarap oleh Arick Ahong (sutradara), VNGNC (editor), Hashfi Radifan (videografer), Quest dan Isaiah (ENVY*) serta Basboi untuk “menampilkan kemarahan, tanpa arahnya kehidupan urban Jakarta”.

P.S. the original song spans 7 minutes, so be sure to wait for the album to release to experience the full adventure of the song!” tutup BAPAK. Go watch ‘em!

0 COMMENTS