JONATHAN DAVIS: Anggap Korn Bukan Band Metal

  • By: OGP
  • Jumat, 17 March 2017
  • 7212 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Selama berkiprah lebih dari dua dekade lebih, tak ada yang berani menyangkal jika unit sekaliber Korn dianggap sebagai salah satu pesohor penting di kancah metal di sepanjang era 90-an. Bersama sejumlah band sejawat seperti Deftones dan Limp Bizkit, mereka sukses mengantarkan subgenre nu metal meraih kesuksesan masif di dunia musik internasional. Pasca masa grunge bermekaran, nu metal pun seakan tak mau ketinggalan ikuti jejak ke jalur mainstream.

Jika berbicara tentang raihan yang telah dicapai gerombolan Korn tentu takkan ada habisnya. Berbagai penghargaan ranah metal telah mereka sabet dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu mereka pun kerap kali didapuk tampil jadi headliner di hampir segala mayoritas metalfest yang pernah diikuti. Namun hal itu tak membuat sang vokalis Jonathan Davis senang dilabeli sebagai band metal.

Dilansir melalui Full Metal Jackie via Metal Injection, Jonathan Davis pun berkomentar tentang label yang melekat pada band yang telah membesarkan namanya itu.

“Aku selalu mempunyai masalah dengan istilah ‘metal’. Kami tak pernah mengklaim itu. Maksudku, kembali ke awal mula karir Korn. Saat itu kami pergi ke Pantai Huntington, California dan mereka tidak mau tahu tentang kami. Tur pertama kami mulai bersama Biohazard dan House of Pain. Yang kedua, kalau tidak salah bersama Sick of It All dan Orange 9mm. Dan kemudian berlanjut ke KMFDM. Kami pun melakukan show bersama No Doubt, Cadillac Tramps, dan Pennywise. Di sini kami merasa komunitas metal seperti membawa kami ke arah itu.” ucap Davis sembari mengenang.

“Aku begitu menghargai dan mencintai komunitas metal. Namun sejauh ini kami bukan band metal. Band metal bagiku itu seperti Judas Priest atau Iron Maiden. Mereka adalah band metal sesungguhnya. Aku rasa Korn bukanlah band metal seperti itu. Aku tahu jika yang kami lakukan itu berbeda. Tapi aku cinta genre ini dan ada segelintir orang yang begitu bergairah, yakni penggemar fanatik. Mereka tidak peduli. Jika mereka tidak menyukai apa yang kalian lakukan, mereka akan membiarkan kau tahu itu. Dan aku sungguh menghargai mereka dan terutama kancah metal.” sambungnya.

“Aku rasa kami adalah band heavy rock. Maksudku, aku tak suka mengkategori-kategorikan, tetapi kami lebih heavy rock ketimbang metal pada umumnya. Ketika aku merasa menjadi metal, seperti yang aku bilang, Judas Priest dan eranya... Lalu Dio dan beberapa band... menyanyikan lagu fantasi tentang pedang dan naga, dan aku menyukainya. Kau mengerti yang aku maksud? Bagiku, sudah ada musik metal yang sesungguhnya, dan aku pun menyukainya.” tutup Davis.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
699 views
supershow
584 views
superbuzz
979 views
superbuzz
1243 views

Korn Luncurkan Produk Kopi