Jxdn Rilis Album Debut, Diproduseri Travis Barker

Jxdn Rilis Album Debut, Diproduseri Travis Barker

  • By:
  • Minggu, 4 July 2021
  • 57 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Jxdn akhirnya mengumumkan kepada publik bahwa dirinya benar-benar serius menggeluti dunia tarik suara. Sosok yang awalnya terkenal lewat platform media sosial TikTok tersebut akhirnya mewujudkan langkahnya dengan merilis album debut pada 2 Juli 2021 bertajuk Tell Me About Tomorrow.

Semakin terasa spesial album debut dari pria bernama asli Jaden Isaiah Hossler itu. Pasalnya, album ini dikonfirmasi oleh jxdn sendiri akan diproduseri oleh salah satu pesohor di skena punk rock/pop punk sekaligus pentolan Blink-182, the one and only, Travis Barker.

Soal kerja sama dengan jxdn sendiri, Travis Barker kabarnya sudah mengontrak jxdn sejak setahun lalu di bawah label rekaman yang Travis Barker kelola, DTA Records. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di album debutnya menghadirkan musisi yang kerap jadi kolaborator Travis Barker macam Machine Gun Kelly dan Iann Dior.

Dalam kolaborasi dengan Machine Gun Kelly, jxdn membawakan lagu berjudul Wanna Be. Sementara bersama Iann Dior, jxdn lebih dulu merilis single kolaborasi berjudul Tonight oada 21 Oktober tahun lalu. Album debut dari jxdn sendiri berisikan 18 lagu yang terdiri dari 14 lagu baru yang tak pernah dirilis sebelumnya. 

Selain 'Think About Me', album debut jxdn akan menampilkan single, 'So What!', 'Better Off Dead', dan hit suksesnya 'Angels & Demons' yang dirilis pada Mei 2020.

Sementara untuk lagu termutakhir yang dirilis oleh jxdn yaitu Think About Me pada awal Juni lalu. "Single ini adalah pengantar yang sempurna untuk 'Tell Me About Tomorrow' - saya sangat bangga dengan apa yang telah saya dan Travis ciptakan dan tidak sabar untuk dunia mendengarnya," kata jxdn tentang lagu tersebut.

Popularitas jxdn yang terus menanjak seiring dengan masuknya ia ke industri musik membuat album debutnya mendapat tempat cukup positif dari publik. Setiap lagu yang ia rilis di YouTube mampu meraup jutaan viewers, selain itu subscriber dan followers Instagram musisi berusia 19 tahun itu menyentuh angka jutaan.

Kondisi ini jelas menguntungkan bagi jxdn yang terbilang sebagai musisi baru. Namun bagi jxdn sendiri, hadirnya Travis Barker sebagai produser di karya-karya musiknya, menjadi faktor penting dalam membangun karier.

“[Travis] adalah segalanya yang dibutuhkan artis baru seperti saya, dan semua yang mereka inginkan,” kata Hossler, mengutip kesuksesan Barker selama bertahun-tahun di industri musik dilansir Billboard.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by jxdn (@jadenhossler)

Di lain sisi, Travis Barker menyebut bahwa media sosial memang bisa membantu seorang musisi dalam hal mempromosikan karyanya. Dalam hal ini, langkah jxdn--dengan modal ketenaran di aplikasi macam TikTok--menjadi lebih mudah untuk meraup popularitas dan atensi. Namun, Travis Barker menegaskan bahwa jxdn tetap harus bisa membuktikan kepada publik soal kualitas bermusiknya.

"Ketika saya memposting tentang Jaden, ada orang yang seperti, 'Saya sangat suka lagunya,' dan mereka tidak tahu apa-apa tentang dia. Ini tidak seperti musik Anda muncul karena Anda hebat di aplikasi ini, Anda hebat dan kebetulan juga ada di aplikasi ini," kata Travis Barker.

“Itu adalah alasan besar mengapa dia populer, tetapi itu salah satu alasan mengapa band rock pada umumnya tidak populer, karena mereka tidak tahu cara menggunakan media sosial. Ini hanya fakta. Rapper harus melakukan Media Sosial 101 untuk band rock, karena mereka tidak mengerti. Saya hanya merasa itu adalah salah satu hal yang membuat seorang seniman di tahun 2020, menyukainya atau membencinya," jelasnya.

Adapun, jxdn bergabung dengan platform TikTok pada 2019. Selama beberapa bulan, ia mampu memperoleh jutaan pengikut di aplikasi itu dan diundang untuk bergabung dengan agen bakat Talent X dan bergabung dengan Sway House, sebuah kolektif pembuat konten yang berbasis di Los Angeles.

Kebersamaan jxdn dengan Sway House tak berlangsung lama karena keluar pada Mei 2020. Meski begitu, kepopulerannya di TikTok terus berkembang dengan mencapai 7,6 juta pengikut di Agustus 2020 dan pada Desember 2020, jxdn mengumpulkan lebih dari 9 juta pengikut di platform itu.

jxdn memulai karier musiknya pada Februari 2020, ketika ia merilis sendiri debut single "Comatose". Single ini menarik perhatian Travis Barker, yang mengontraknya ke labelnya DTA Records dalam kesepakatan bersama dengan Elektra Records. Pada bulan Mei dan Juli 2020, masing-masing, jxdn merilis single "Angels & Demons" dan "So What".

Lantas, pada Desember 2020, ketika merilis single baru berjudul Better Off Dead, jxdn juga mengonfirmasi tajuk dari album debutnya. Namun, ketika itu jxdn dikabarkan bakal merilis album Tell Me About Tomorrow pada awal 2021.

Kini, melalui album debutnya, jxdn telah membuktikan bahwa ia serius dalam bermusik. jxdn pun merasa bahwa publik sekarang tak lagi memandang ia sebagai seseorang yang mengambil kesempatan menjadi penyanyi karena keternaran di media sosial.

"Inilah yang dilakukan media sosial untuk orang-orang. Orang-orang berpikir bahwa saya terikat olehnya, tetapi saya tidak sama sekali -- ini merupakan berkah. Saya memiliki pengikut yang setia dan hampir semuanya telah beralih dan melihat saya sebagai seorang seniman. Mereka tidak menyebut saya sebagai TikToker di media sosial. Mereka menyebut saya sebagai jxdn,” pungkas jxdn.

Tracklist dari album debut jxdn, Tell Me About Tomorrow:

  1. Intro
  2. Pills
  3. Think About Me
  4. Wanna Be (feat. Machine Gun Kelly)
  5. A Wasted Year
  6. Angels & Demons
  7. Interlude
  8. One Minute
  9. Braindead
  10. Tonight (feat. iann dior)
  11. Fucked Up
  12. So What!
  13. Angels & Demons Pt. 2
  14. Better Off Dead
  15. DTA
  16. Last Time
  17. No Vanity

 

Image source: Instagram/Jaden Hossler

0 COMMENTS