Kabau Eyewear

Kabau Eyewear: Ketika Skateboard Disulap jadi Kacamata

  • By: NND
  • Selasa, 12 March 2019
  • 217 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kabau Eyewear, merupakan sebuah brand fashion lokal yang fokus geraknya bertempat pada kacamata custom, itulah sebabnya nama Kabau diekori oleh "eyewear". Buat kalian yang belum pernah dengar brand ini, coba simak tulisan ini dengan seksama, karena Kabau Eyewear merupakan sebuah brand yang benar-benar tidak boleh kalian lewatkan.

Saatnya menjawab pertanyaan "Mengapa kacamata?", Dito, sang founder sekaligus salah seorang crafter, menjawabnya demikian: "Kenapa kacamata, karena kita ingin menjadi pendukung fashion dari kultur skateboard itu sendiri," ucapnya.

Ya, Kabau tidak lekang dari kultur skate, pilar utamanya pun hadir dari kultur tersebut. Kacamata mereka dirancang menggunakan papan skate yang sudah tidak terpakai. Menerapkan unsur recycle, Kabau Eyewear hadir dan menyajikan berbagai kacamata dengan desain menarik yang ramah lingkungan. Kayu tentunya menjadi identitas dan karakter yang kian lekat dengan nama Kabau itu sendiri. 

Lantas, mengapa "Kabau"? Ternyata, kedua pendirinya, Dito dan Andro, merupakan kedua orang yang memiliki darah Minangkabau--atau orang Padang. Menyandang nama tersebut merupakan bentuk kebanggaan mereka terhadap budaya lokal, long live local pride!

Kembali ke pembahasan, Kabau sendiri berawal dari luapan kreativitas semata. Pada awalnya, mereka merupa kacamata-kacamata custom tersebut hanya untuk kegunaan pribadi. Kacamata hasil buatan tangan sendiri itu difoto dan di-publish ke dalam laman Facebook mereka. Namun, tentu kualitas dapat berbicara banyak, dan tentu tidak bisa berbohong. Kacamata handmade milik Kabau itu tersebar dan banyak dioper dari mulut ke mulut.

Puncaknya adalah ketika Surforganic, sebuah brand dari negara Australia, tertarik oleh kualitas dan keunikan kacamata Kabau. Dikarenakan ketertarikan passion (surf dan skate itu rukun, karena berbagi sejarah), bertandanglah pihak Surforganic ke workshop Kabau dan diboronglah semua katalog Kabau yang sudah matang pada saat itu.

Kini, Kabau Eyewear masih menikmati jalan kerja mereka; menyajikan kacamata yang disusun dengan desain yang kerap wajar dilihat, pun juga tuntutan untuk menghasilkan produk yang unik via pesanan custom. Tantangan akan tetap ada, namun itu dihadapkan dengan senang hati, terbukti demikian dengan mengutip ucapan Andro, sang co-founder yang juga merangkap menjadi crafter, "Sebenarya bentuknya wajar-wajar saja seperti yang ada di lokal; ada yang bulet, ada yang kotak, gitu. Tapi banyak juga beberapa costumer yang rada nyeleneh--ingin yang bentuknya satu bulet dan satu segi tiga. Semakin aneh bentuknya, kita jadi punya tantangan baru, dan jadi beda sama yang lain," imbuhnya menjelaskan.

Papan skate, yang adalah bahan dasar dari Kabau Eyewear, pada umumnya terbuat dari kayu maple. Andro menyatakan bahwa kayu maple itu ideal untuk dirupa menjadi, sebagai contoh, kacamata. Hal itu disebabkan karena pori-pori kayu maple dan bagaiman mereka tersusun atas sejumlah lapisan yang direkatkan dengan resin.

Namun, selayaknya usaha yang baik, Kabau ingin terus berkembang. Tentu berkembang itu kerap mengharuskan kita untuk keluar dari zona nyaman, dan caranya? Mulai merambah bahan-bahan lain untuk mengerjakan kacamata. Eksplorasi akan diterapkan, mereka hendak mencampur-campur bahan dasar macam kayu untuk dipadukan dengan besi, atau denim, atau dengan resin dan lain sebagainya; guna menciptakan sebuah karya yang jauh lebih unik.

Jadi apa sih rahasia Kabau Eyewear sampai mereka bisa berkarya dengan lega seperti ini, sembari menghasilkan keuntungan? Natural, itu jawabnya. Semuanya itu harus seaslinya dengan yang memang diinginkan, jangan disaring-saring atau dihambat tumbuh kembangnya. Menurut Kabau Eyewear, itulah bagaimana mereka menyikapi kekurangan-kekurangan mereka sebagai sebuah brand.

"Custom itu lebih unik. Lo bikin karakter untuk diri lo, lo bikin karakter itu client lo. Itu yang bikin kita berkembang, dan nggak takut bersaing," Tutup Andro dengan mantap saat diwawancari oleh tim SUPERMUSIC untuk video Has#tag eps. 3, yang sudah tayang di kanal resmi SUPERMUSIC. Udah nonton belum? Jika memang belum, langsung saja simak isinya agar dapat gambaran lebih besar perihal Kabau Eyewear itu sendiri.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
137 views
superbuzz
219 views
superbuzz
495 views
superbuzz
263 views