Kado Spesial Muse Kepada Para Penggemar di Tahun 2021

Kado Spesial Muse Kepada Para Penggemar di Tahun 2021

  • By:
  • Selasa, 15 June 2021
  • 129 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Dalam kancah musik rock modern, Muse merupakan salah satu kelompok musik rock yang mungkin pantas mendapatkan predikat legendaris. Kemampuan Muse dalam mengolah musik untuk selalu relevan, bahkan terkesan futuristis merupakan karakter dan kekuatan yang dimiliki oleh Muse untuk terus memikat perhatian para penikmat musik dunia, terutama para penggemar setianya. Salah satu langkah signifikan yang dilakukan oleh Muse dalam sejarah karier bermusiknya adalah merilis album Origin of Symmetry di tahun 2001. Album tersebut digadang sebagai sebuah karya yang berhasil membuat Muse mendapatkan pengakuan di industri musik di kancah mancanegara. Di tahun 2021 ini, Muse mencoba untuk memberi penghormatan kepada album tersebut dengan kembali merilis ulang Origin of Symmetry dengan menambahkan beberapa lagu eksklusif di dalamnya. 

Tidak hanya sekadar bentuk penghormatan semata saja, Muse kembali merilis ulang album keduanya tersebut sebagai bentuk perayaan 20 tahun lahirnya Origin of Symmetry ke dunia musik. Rilisan ulang dari album kedua Muse tersebut diberi tajuk Origin of Symmetry (XX Anniversary RemiXX). Huruf “XX” pada judul album milik Muse tersebut menandakan sebagai angka 20 dalam bahasa Romawi. Dalam menyambut perilisan ulang album Origin of Symmetry Muse pun baru saja merilis single Citizen Erased yang mereka remix ulang. Untuk versi terbarunya, single Citizen Erased ini datang dengan nuansa yang lebih kasar dan gahar. Single terbaru Muse ini akan cukup memuaskan rasa rindu para penggemarnya untuk bernostalgia dengan musik Muse di awal kariernya yang identik dengan tingkat cadas yang berada di atas rata-rata. 

Untuk proyek perilisan album Origin of Symmetry, Muse mengundang salah satu produser yang telah sering bekerja sama dengan band asal Inggris tersebut, Rich Costey. Saat mengumumkan kabar tentang album Origin of Symmetry yang dirilis ulang, Muse menyatakan bahwa materi yang ada di dalam album remix tersebut akan terdengar lebih terbuka dan dinamis dibandingkan karya originalnya yang rilis 20 tahun silam. Matt Bellamy selaku salah satu motor di dalam Muse menjelaskan bahwa tujuan utama perilisan album remix Origin of Symmetry ini adalah untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki dari karya-karya sebelumnya. Secara garis besar, dengan pengalaman yang ada Muse tidak terlalu kesulitan dalam melakukan optimalisasi lagu-lagu lawas mereka di album Origin of Symmetry. Namun, Matt Bellamy mengungkapkan bahwa lagu seperti Plug In Baby dan Bliss secara struktur sudah memiliki komposisi dan konsep yang terlampau bagus. Hal tersebut tentu membuat Muse sulit untuk melakukan perubahan demi menyesuaikan dengan konsep remix yang diinginkan.

Matt Bellamy juga menambahkan bahwa ada satu lagu yang membuat dirinya dan seluruh anggota Muse bangga dengan konsep remix yang dijalankan. Lagu tersebut berjudul Micro Cuts. Muse menganggap bahwa mereka mampu membuat lagu tersebut terdengar jauh berbeda dengan apa yang mereka lakukan sebelumnya di album asli Origin of Symmetry. Muse juga menyematkan sebuah lagu spesial ke dalam proyek remix album Origin of Symmetry, yaitu sebuah lagu berjudul Futurism. Lagu tersebut awalnya hanya dirilis secara eksklusif untuk album Origin of Symmetry di Jepang. Muse berencana untuk merilis album remix Origin of Symmetry dalam format piringan hitam pada 9 Juli mendatang. Total ada 12 lagu yang terbagi dalam 2 piringan hitam dengan penamaan bagian yang unik. Berikut detail lagu yang akan hadir di dalam album remix Origin of Symmetry.

Side M

  1. New Born
  2. Bliss

Side U

  1. Space Dementia
  2. Hyper Music
  3. Plug In Baby

Side S

  1. Citizen Erased’
  2. Micro Cuts
  3. Screenager
  4. Darkshines

Side E

  1. Feeling Good
  2. Futurism
  3. Megalomania

Matt Bellamy juga menambahkan bahwa dirinya dan Muse tengah mempersiapkan rencana untuk membuat event khusus dalam merayakan perilisan ulang album Origin of Symmetry versi remix ini. Muse berharap jika di tahun 2022, skena musik live bisa kembali bangkit dan berjalan seperti sebelumnya, mereka akan siap membuat panggung khusus demi mengobati rasa rindu yang dirasakan oleh para penggemarnya maupun anggota Muse sendiri. Keinginan Muse untuk membuat konser spesial ini sebenarnya sudah ada di kepala mereka sejak Muse merilis box set Origin of Muse di akhir tahun 2019 lalu. 

Seusai merilis box set terbaru dari Muse, Matt Bellamy juga sempat mengumumkan bahwa di tahun 2020 band yang digawanginya tersebut tengah mempersiapkan materi untuk album baru. Matt Bellamy mengungkapkan bahwa apa yang terjadi di tahun 2020 merupakan inspirasi autama dari lahirnya materi baru bagi Muse untuk proyek album selanjutnya. Dalam menggarap materi barunya, Muse juga berencana untuk melakukan relokasi dalam proses produksinya di kampung halaman mereka, di Teignmouth, Devon, Inggris. Muse melalui Matt Bellamy selaku perwakilan merasa bahwa setelah lebih dari 20 tahun berkarya bersama, saat ini adalah waktu yang tempat untuk kembali ke tempat semua bermula. Matt Bellamy juga ingin agar Muse bisa kembali merasakan apa yang telah mereka lewati di masa awal terbentuknya band rock tersebut. Hal tersebut merupakan respons yang diinginkan oleh Matt Bellamy sebagai sebuah pengingat mengenai rentannya industri musik live yang hilang seketika ketika diterpa pandemi. Matt Bellamy juga mengungkapkan keinginannya agar Muse bisa kembali melakukan konser dan tur seusai merampungkan produksi album terbaru. Namun dirinya masih merasa pesimis, karena harus terus memantau perkembangan regulasi terbaru terkait pembatasan perjalanan di Inggris, Eropa, dan seluruh dunia.

Image courtesy of Raph_PH

0 COMMENTS