Kata 'Metal' Bakal Dimasukkan ke Kamus Sebagai Kata Sifat

  • By: NTP
  • Jumat, 2 February 2018
  • 3260 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

Baru-baru ini, penerbit kamus asal AS, Merriam-Webster telah menyertakan kata sifat “metal” ke dalam daftar “Kata-Kata Dalam Pemantauan.” Melalui daftar ini Merriam-Webster biasanya memuat kata-kata baru ke dalam kamus Bahasa Inggris.

Kata-kata baru yang dimuat oleh kamus Merriam-Webster memuat definisi dan penggunaannya sesuai dengan peraturan tata bahasa Inggris.

Menurut Merriam-Webster, baru-baru ini kata ‘metal’ kerap digunakan sebagai kata sifat. Popularitas ‘metal’ sebagai kata sifat disumbang oleh kancah musik metal di seluruh dunia. Kata ‘metal’ sudah menjadi kata benda sejak abad ke-13, tapi bukan kata sifat.

Walau ‘metal’ sebagai kata sifat kerap digunakan dan contohnya telah banyak ditemukan, tapi Merriam-Webster menganggap penggunaan kata sifat ini belum cukup ramai sebagai alasan untuk dimuat sebagai kata sifat baru.

“Metal sudah digunakan sebagai kata benda sejak abad ke-13, dan telah digunakan secara atributif (simbolis) sejak saat itu. Namun, kata ini kini digunakan sebagai kata sifat. Penggunaan ini berasal dari musik heavy metal, yang seringkali dikambinghitamkan karena dianggap telah menyesatkan anak-anak muda selama beberapa dekade belakangan.”

“Penggunaan metal sebagai kata sifat berasal dari musik heavy metal, yang digambarkan secara akademis dengan ‘dentuman keras musik rock elektrik yang diamplifikasi dan bertenaga tinggi’.”

“Kata ini menggambarkan kekuatan dan tema-tema gelap musik heavy metal, yang mengkomunikasikan kegarangan, intensitas tinggi dan gaya yang keren,” tulis Merriam-Webster.

Penamaan genre heavy metal berasal dari era 60-an. Sedangkan kata ‘heavy metal’ mulai digunakan pada pertengahan abad ke-19 untuk menggambarkan logam yang memiliki kepadatan, berat atom dan nomor atom tinggi.

Noah Webster, pendiri dan editor Merriam-Webster pernah mengajukan definisi lain untuk heavy metal di An American Dictionary of the English Language terbitan 1828.

“Heavy metal dalam keperluan militer berarti senjata api besar yang memuat peluru berukuran besar dan atau dimuat dalam peluru tersebut,” tulis Webster.

0 COMMENTS