Stan

Kata 'Stan' dari Eminem Masuk ke Kamus Merriam-Webster

  • By: NTP
  • Kamis, 25 April 2019
  • 185 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Kata “stan” yang digunakan Eminem sebagai judul lagunya di album The Marshall Mathers LP (2000) telah dimuat dalam kamus Merriam-Webster. Single garapan Eminem dan solois asal Inggris, Dido, ini menjadi hits di tahun 2000 berkat lirik ekstrim dan video klip eksplisit.

“Stan” mengisahkan tentang seorang penggemar yang mengganggu Eminem melalui surat-suratnya untuk mendapat perhatian. Istilah “stan” semakin populer saat digunakan oleh Nas saat dia berperang rima dengan Jay-Z di tahun 2001. Nas menggunakannya di lagu “Ether”:

You a fan/a phony/a fake/a p***y/a Stan.

Nas mempopulerkan penggunaan “stan” sebagai ejekan yang merujuk pada sifat seorang penggemar yang terobsesi alih-alih Stan sebagai nama seseorang. Kata ini pun semakin marak digunakan terutama di berbagai media sosial dan forum hingga akhirnya diresmikan Oxford English Dictionary pada 2017.

Sementara, Merriam-Webster memuat “stan” sebagai kata kerja dan sifat. Sebagai kata sifat, “stan” berarti “perilaku ekstrim atau antusiasme berlebihan dan seorang penggemar berat”. Sementara sebagai kata kerja, kata ini berarti “menampilkan perilaku penggemar hingga tingkatan ekstrim yang berlebihan”.

“Stan” adalah salah satu dari 640 kata baru yang dimuat Merriam-Webster bulan ini. Beberapa kata lain yang turut dimuat adalah “EGOT” (“pemenang Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony Award dalam masa hidup seseorang”), “on-brand” (“sesuai, tipikal, konsisten dengan, atau mendukung sebuah merek tertentu atau citra di muka umum atau identitas tertentu”) dan “swole” (“berotot sangat kekar”).

0 COMMENTS

Info Terkait