Kedap Suara, Single Kolaborasi 7 Musisi Indie Indonesia

Kedap Suara, Single Kolaborasi 7 Musisi Indie Indonesia

  • By:
  • Kamis, 20 May 2021
  • 135 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kolaborasi ciamik dilakukan oleh tujuh musisi lokal independen untuk melahirkan sebuah lagu berjudul "Kedap Suara". Di bawah naungan label Sun Eater, lagu Kedap Suara dilepas melalui layanan pemutar musik streaming, Joox, pada 7 April 2021.

Dirilis di awal April lalu, lagu Kedap Suara kala itu memang diperuntukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan 2021. Proyek kolaborasi lintas genre dari musisi indie Tanah Air ini menampilkan .Feast, MARTIALS/, Mantra Vutura, Iga Massardi, Laze, Kamga dan Natasha Udu.

Diproduseri oleh Enrico Octaviano, Rayhan Noor, dan Tristan Juliano, lagu Kedap Suara sendiri disebut sebagai lagu bernuansa religi masa kini. Sebab, baik secara tema, lirik, dan instrumen, terdengar berbeda dengan lazimnya lagu religi ala Ramadan. Menurut Enrico, lagu Kedap Suara bernuansa Timur Tengah.

"Dikasih referensi lagu dari Tristan, gue mencari nadanya memang agak nggak biasa. Ini seperti kontemporer dan middle east dicampurkan. Lalu materi itu dilempar ke yang lain,” kata Enrico, yang memproduseri Kedap Suara.

Sementara menurut Natasha Udu selaku partnership & commercial lead dari Sun Eater, sekaligus penyanyi yang mempertemukan musisi-musisi ini, menyebut bahwa lagu Kedap Suara bersifat universal sehingga bisa dinikmati semua kalangan dari berbagai latar belakang.

"Kerja sama ini sangat spesial bagi Sun Eater karena ini adalah pertama kalinya kami berkesempatan untuk berkolaborasi dengan Joox," kata Natasha Udu, dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Tagar.

"Tujuh kolaborator ini menciptakan suatu karya orisinal yang tidak hanya ditargetkan untuk orang-orang yang merayakan Ramadan, tapi harapannya juga bisa menjadi musik untuk segala hari raya dan bahkan untuk keseharian," ujarnya.

Senada dengan Natasha, Iga Massardi juga sepakat bahwa lagu Kedap Suara bersifat universal meski hadir bertepatan dengan momentum Ramadan. Iga Massardi berharap lagu Kedap Suara bisa menjadi tembang yang tak hanya didengarkan atau ramai ketika momentum Ramadan saja.

“Gue iseng-iseng isi gitarnya, spontan. Dan merasa energi lagunya itu, kalau biasanya lagu yang bunyinya ada pesan baiknya itu kan mendayu-dayu, ya. Tapi ini semangat, plus ramean pula,” jelas Iga Massardi.

“Kalau didengarkan pada waktu lain, akan jadi punya makna yang juga universal. Harapannya sih seperti itu ya,” kata Iga.

Untuk penulisan lirik sendiri diserahkan kepada Baskara Putra, frontman .Feast dan solois dengan moniker Hindia. Dalam penulisan lirik lagu Kedap Suara, Baskara dibantu oleh Laze untuk mengisi bagian rap di lagu tersebut.

Tak ada kesulitan berarti yang didapatkan Baskara untuk menulis lirik Kedap Suara. Di dalam lirik lagu ini, Baskara mencoba untuk mengangkat pesan pengingat kepada para pendengar lagu Kedap Suara agar bisa menjaga ucapan, telinga, dan hati dari hal-hal yang negatif.

Lebih lanjut, Baskara juga berharap lagu kolaboratif Kedap Suara dengan balutan warna musik yang berbeda dari lagu Ramadan pada umumnya, bisa memberikan pengalaman baru bagi para pendengar juga bisa memaknai pesan positif yang terkandung di dalam liriknya.

“Lagu 'kan kadang seperti mantra, kalau diulang-ulang liriknya setiap hari dan terinternalisasi, lalu suka dengan pesannya itu akan ada terus di kepala,” pungkas Baskara.

 

Image source: Instagram/Sun Eater

0 COMMENTS