Kelly Clarkson Si Jagoan Cover: dari Another Sad Love Song hingga Dream On

Kelly Clarkson Si Jagoan Cover: dari Another Sad Love Song hingga Dream On

  • By:
  • Jumat, 26 February 2021
  • 101 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Kelly Clarkson menandai jalannya tahun 2021 dengan nuansa nostalgia. Penyanyi wanita jebolan American Idol itu mengcover lagu lawas dari Toni Braxton berjudul Another Sad Love Song pada 11 Januari lalu.

Lagu tersebut dibawakan Kelly Clarkson dalam acara The Kelly Clarkson Show. Dengan tata letak panggung yang menunjukkan judul lagu itu, Kelly Clarkson sedikit memperbarui aransemen asli dari lagu ini dengan bantuan dari bandnya, Y'All.

"It's just another sad love song/ Rackin' my brain like crazy/ Guess I'm all torn up/ Be it fast or slow/ It doesn't let go/ Or shake me/ And it's all because of/ Here comes the strings/ Then somebody sings/ It's just another lonely love song," begitu Kelly Clakrson menyanyikan lagu ini di bagian refrain sebelum melanjutkan untuk mengganti kunci pada nada terakhir dari lagu yang putus asa itu.

Ditulis oleh Babyface dan Daryl Simmons, "Another Sad Love Song" awalnya dirilis pada tahun 1993 sebagai single utama dari album studio debut self-titled Braxton.

Balada ini membuat Braxton meraih Grammy Awards untuk pertama kalinya dalam kategori performa vokal R&B wanita terbaik yang sekarang sudah tidak ada - pada tahun 1994. Pada tahun yang sama, Braxton juga menyabet penghargaan untuk kategori pendatang baru terbaik.

Kelly Clarkson terbilang sukses membawakan hits lawas ini dengan suara khasnya yang mempunyai nada tinggi. Adapun, Kelly Clarkson terbilang cukup sering mengcover lagu-lagu dari musisi lain belakangan ini seperti Rainbow" Kacey Musgraves, "Rare" Selena Gomez, "Hold On, We're Going Home" Drake, dan "Borderline" milik Madonna.

Belum lama ini, Kelly Clarkson juga mengcover lagu dari Patty Griffin berjudul Up to the Mountain. Lagu ini didedikasikan Kelly Clarkson untuk menghormati perayaan hari Martin Luther King Jr (MLK), seorang pejuang hak asasi manusia (HAM) di Negeri Paman Sam.

Lagu yang rilis pada 2006 itu terinspirasi dari pidato MLK "I’ve Been to the Mountaintop" yang disampaikan hanya sehari sebelum hari pembunuhannya pada 1968. Juga di acara itu, Kelly Clarkson berbagi penampilan dengan Detroit Youth Choir of Stevie Wonder dengan menyanyikan Happy Birthday untuk menghormati MLK.

Beberapa hari sebelumnya, Kelly Clarkson juga mengcover lagu lawas yang sempat viral sepanjang 2020 di aplikasi TikTok berjudul Dreams dari Fleetwood Mac. Lagu yang dirilis pada 1977 itu memang mendadak kembali populer berkat salah satu konten pengguna TikTok.

Kelly Clarkson, Kellyoke dan Cover-cover Lagu Hits

Kelly Clarkson aktif berkarya di tahun 2020 dengan tampil di dalam acara Kelly Clarkson Show. Dirasa spesial, Billboard Internasional sampai membuat list 10 cover terbaik Kelly Clarkson selama tahun 2020.

Entah itu lagu bergenre pop, rock atau country, Kelly Clarkson dianggapp tidak pernah gagal untuk membawa lagu-lagu tersebut dengan tajuk "Kellyoke".

Beberapa lagu cover dari Kelly Clarkson yang dianggap terbaik oleh Billboard seperti hits Ed Sheeran berjudul Perfect yang rilis pada 2017. Ada pula tembang milik Demi Lovato, Confident, yang tergabung dalam album kelima Demi Lovato dengan judul yang sama.

Jika hanya lagu-lagu bernuansa pop saja yang bisa dibawakan Kelly Clarkson dengan baik, maka anggapan itu salah besar. Kelly Clarkson membuktikan kemampuan olah suaranya dengan mengcover lagu kenamaan milik veteran rock Bon Jovi, It's My Life.

Tak cukup sampai di situ, Kelly Clarkson juga membawakan lagu-lagu dari band rock kenamaan lain seperti Mr. Brightside dari The Killers serta tembang milik Aerosmith berjudul Dream On. Lagu-lagu ini membuktikan bahwa label penyanyi pop hanya sebuah pandangan publik atas kiprah Kelly Clarkson selama ini karena dirinya mampu membuktikan kualitas suara di genre lain.

Sekilas Kelly Clarkson

Penyanyi dengan nama asli Kelly Brianne Clarkson mulai dikenal oleh khalayak usai menjadi juara American Idol musim pertama pada 2002. Kelly Clarkson memulai karier profesionalnya dengan merilis single debut berjudul A Moment Like This pada 2002 dan menjadi lagu country paling laku tahun itu.

Tak butuh waktu lama bagi Kelly Clarkson melebarkan sayap kariernya dengan merilis album perdananya bertajuk Thankful pada 2003 dan berhasil memuncaki Billboard 200 saat pertama kali dilepas. Sukses di album perdana tak bikin Kelly Clarkson puas, ia berusaha keluar dari bayang-bayang lulusan ajang pencarian bakat dengan mengusung genre pop rock di album keduanya pada 2004 bertajuk Breakaway. Album ini terjual hingga 12 juta kopi di seluruh dunia dan memberi Kelly Clarkson dua piala Grammy Award.

Setelah sukses besar dengan dua album pertamanya, Kelly Clarkson terus eksis di dunia musik internasional. Sosok berusia 38 tahun tersebut tercatat melahirkan 6 album lanjutan yaitu My December (2007), All I Ever Wanted (2009), Stronger (2011), Wrapped in Red (2013), Piece by Piece (2015), dan Meaning of Life (2017).

0 COMMENTS