Portal Music

Roy Ricardo

Kemantapan Hati Roy Ricardo Berada di Jalur Hip Hop

  • By:
  • Senin, 26 October 2020
  • 304 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Namanya mulai dikenal oleh publik banyak berkat salah satu lagunya, Panjat Sosial yang rilis pada tahun 2016 lalu, Roy Ricardo semakin mantap mengembangkan kariernya di Industri musik sebagai seorang rapper Indonesia. Jauh sebelum lagu tersebut rilis, nyatanya Roy Ricardo sudah mulai mengawali karier bermusiknya di skena hip hop di tahun 2007. 

Pada tahun 2007, Roy Ricardo mulai aktif memeriahkan skena hip hop independen di Indonesia bersama komunitas Zero One. Kecintaannya terhadap musik dan kultur hip hop jadi salah satu alasan mengapa dirinya percaya bahwa dengan menjadi rapper. Roy Ricardo pun mengakui bahwa bukan hal yang mudah untuk mengulangi kejayaan skena hip hop di Indonesia yang sempat booming di era tahun 1990-an. Namun, dirinya yakin bahwa hip hop akan terus hidup dan bergema sebagai salah satu ranah permusikan di Indonesia. Nyatanya hal tersebut terbukti dengan kehadiran beberapa rapper muda, termasuk Roy Ricardo yang ikut meramaikan dan telah bergabung bersama perusahaan rekaman, Warner Music Indonesia sejak tahun 2014.

Terus melahirkan karya-karya terbaik merupakan salah satu cara dari Roy Ricardo untuk mencoba menyambung tongkat estafet yang sebelumnya dipegang oleh rapper dan kelompok musik hip hop senior di Indonesia, seperti Iwa K, Neo, serta Sweet Martabak. Menurutnya, hal tersebut merupakan memang sebuah kewajiban yang harus dipegang Roy Ricardo sebagai salah satu talenta di ranah hip hop Indonesia bersama dengan para rapper muda lainnya. 

Roy Ricardo pun mengakui bahwa kualitas dalam karya yang disuguhkan merupakan faktor penting bagi dirinya untuk terus tetap bisa eksis di industri musik Tanah Air. sejak tahun 2014 hingga tahun 2020, pria yang merupakan adik dari Melaney Ricardo ini tetap konsisten melahirkan karya-karya. Tercatat melalui halaman diskografinya di platform musik digital, Roy Ricardo sudah berhasil kurang lebih merilis 15 lagu. Melalui karyanya juga, Roy Ricardo tidak enggan untuk melakukan kolaborasi bersama dengan artis, seniman, atau publik figur lainnya.

Konsisten untuk terus berkarya, membuat nama Roy Ricardo lambat laun mulai dikenal dan diterima oleh para penikmat musik di Indonesia. Berkat salah satu pencapaiannya tersebut, Roy Ricardo pun yakin bahwa dirinya mampu dan pantas untuk membawa bendera hip hop Indonesia ke ranah yang lebih luas. Hal itu terbukti melalui penampilannya yang sering dijumpai di berbagai panggung musik mainstream di Indonesia.

Melalui karyanya, Roy Ricardo juga mencoba untuk mengutarakan tentang keresahan yang dirinya temui di dalam kehidupannya. Contoh paling utama bisa dilihat dari lagu Panjat Sosial yang dirilis di tahun 2016 silam. Lagu yang merupakan hasil kolaborasi Roy Ricardo bersama Gaga Muhammad dan Lula Lahfah tersebut bercerita tentang fenomena social climber yang terjadi di tengah masyarakat yang kerap kali terungkap melalui media sosial pada saat itu. 

Meskipun terkesan seakan menyerang sekelompok orang, Roy Ricardo menyatakan bahwa lagu tersebut diciptakan murni hanya untuk membahas fenomena tersebut. Tidak pernah ada alasan lain di balik lagu yang Roy Ricardo ciptakan. Meskipun begitu, di awal kemunculan lagu tersebut, Roy Ricardo juga sempat mendapat komentar negatif dari para penikmat musik Tanah Air. Melalui komentar tersebut, banyak orang yang menganggap bahwa lagu Panjat Social lebih tepat diarahkan kepada diri sang pencipta lagu sendiri. Namun, menurut Roy Ricardo, dirinya hanya sekadar memanfaatkan momentum tentang fenomena tersebut.

0 COMMENTS