Portal Music

Ludacris

Kenal Ludacris Lebih Dalam Lewat 5 Lagu Terbaiknya

  • By:
  • Jumat, 23 October 2020
  • 315 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Sebelum dikenal sebagai seorang aktor Hollywood berkat perannya di franchise film Fast & Furious, Christopher Brian Bridges atau yang lebih dikenal dengan nama Ludacris mengawali kariernya lebih dulu di industri musik Amerika Serikat. Namanya baru muncul ke permukaan pertama kali di tahun 1998. Ludacris mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi bersama musisi sekaligus produser ternama, Timbaland, di dalam lagu Phat Rabbit. Secara menakjubkan lagu tersebut mendapatkan respon positif dan menjadi hit di banyak negara.

Sadar akan potensi musik yang dimilikinya, di tahun 1999 Ludacris memberanikan diri untuk merilis album perdananya. Album bertajuk Incognegro ini menjadi katalis dalam gaya rap Ludacris. Pria yang memulai kariernya di Atlanta, Amerika Serikat ini dikenal dengan gaya rap yang cepat dan memiliki unsur komedi. Gaya tersebut terbilang unik untuk dimiliki sebagai karakter dari rapper yang bermukim di kawasan selatan. Di dalam album tersebut, Ludacris sempat merilis single perdananya yang berjudul What’s Your Fantasy. Namun sayang, pencapaiannya terbilang cukup medioker setelah sebelumnya berhasil membuat hit bersama Timbaland. Single tersebut hanya berhasil menduduki posisi ke-21 di dalam tangga lagu Billboard Hot 100. Meskipun memiliki pencapaian yang kurang memuaskan, berkat single tersebut juga Ludacris berhasil mendapatkan kontrak rekaman bersama salah satu label rekaman hip hop besar di masanya, yaitu Def Jam. 

Berkarier bersama Def Jam, di tahun 2000 Ludacris mencoba peruntungannya kembali dengan merilis album berjudul Back for the First Time. Pertaruhan tersebut akhirnya membuahkan hasil baik bagi Ludacris. Album tersebut berhasil mendulang kesuksesan dan menduduki posisi keempat untuk daftar album terbaik versi Billboard 200 di Amerika Serikat. Pencapaian tersebut berhasil diraihnya berkat dua buah single yang cukup dinikmati oleh para penikmat musik di negara tersebut, Southern Hospitality featuring Pharrell Williams dan Area Codes featuring Nate Dogg.

Terus aktif berkarier sebagai aktor dan musisi, di tahun 2017 Ludacris sempat memberi kabar terkait pengerjaan album ke-10 yang sedang dikerjakannya. Sebagai teaser, ia pun di tahun yang sama merilis single terbarunya kala itu berjudul Vitamin D hasil kolaborasinya dengan Ty Dolla Sign. Mundur sedikit ke tahun 2007, Ludacris berhasil memenangkan penghargaan Best Rap Album yang diselenggarakan oleh Grammy Awards untuk albumnya yang berjudul Release Therapy. Selain berprofesi sebagai musisi, Ludacris juga terhitung cukup sukses berperan sebagai produser. Salah satu pencapaiannya adalah dengan meningkatkan popularitas Justin Bieber melalui lagu Baby.

5 Lagu Terbaik Ludacris Sepanjang Masa

Untuk menyegarkan memori tentang lagu-lagu Ludacris yang beredar sejak tahun 2000, berikut adalah daftar 5 lagu terbaik sepanjang sejarah ia berkarier sebagai seorang musisi. 

  1. Move Bitch

    Kesuksesan karier bermusik seakan tidak pernah berhenti menghampiri. Di tahun 2002, Ludacris kembali merilis album Word of Mouf yang menandakan dua tahun kerja sama antara sang rapper dan Def Jam. Album ini dikenal dengan materi Ludacris yang cukup kritis menyoroti skena hip hop dan kehidupan di dalam lingkungannya. Move Bitch merupakan salah satu single yang dipilih untuk mewakili promo album tersebut. Berkolaborasi bersama Mystikal dan I-20, single ini berhasil membawa Ludacris untuk pertama kali menduduki posisi 10 besar dalam chart Billboard Hot 100

  2. My Chick Bad

    Tidak lagi muda, nyatanya tidak menyurutkan semangat dan konsistensi Ludacris dalam melahirkan karya-karya terbaik. Terbukti di tahun 2010, ia kembali menyabet berbagai macam pencapaian melalui single terbarunya kala itu berjudul My Chick Bad. lagu yang diambil dari album berjudul Battle of the Sexes ini berhasil mendapat respon positif untuk membawa Ludacris menduduki posisi ke-11 di tangga lagu Billboard 100, posisi kedua untuk tangga lagu Hot R&B/Hip-Hop, serta masuk ke dalam nominasi Grammy di tahun 2011 untuk kategori Best Rap Performance by a Duo or Group. Di lagu ini, Di lagu ini, Ludacris berhasil mendulang kesuksesannya berkat kolaborasi yang dilakukan bersama salah satu rapper wanita terbaik saat ini, Nicki Minaj.

  3. Rollout (My Business)

    Dikenal sebagai karya terbaik, tampaknya tidak selalu berhasil dalam mendulang kesuksesan. Ludacris pun merasakan hal tersebut melalui single Rollout (My Business) yang diambil dari album Word of Mouf. Melalui lagu ini, Ludacris mencoba untuk melangsungkan kritik terhadap budaya Paparazzi serta keberadaan penggemar yang menyebalkan di industri hiburan Amerika Serikat. Lagu ini berpesan bahwa sebenarnya, meskipun Ludacris merupakan seorang bintang, namun dirinya pun juga manusia biasa yang butuh privasi. Kehadiran Paparazzi dan penggemar yang menyebalkan tentu mengusik dirinya, sehingga pada akhirnya dituangkan ke dalam sebuah lagu.

  4. Coming 2 America

    Album Word of Mouf terkesan memiliki materi penuh kritis yang berasal dari keresahan yang dirasakan oleh Ludacris. Meskipun begitu, di dalam album tersebut, Ludacris juga menyematkan sebuah lagu penghormatan untuk salah satu sosok yang dirinya gemari dan hormati. Melalui lagu Coming 2 America, Ludacris mempersembahkan lagu tersebut untuk sang komedian legendaris, Eddie Murphy yang kala itu baru saja merilis film Coming To America. 

  5. Phat Rabbit

    Tidak bisa dipungkiri, bahwa tanpa hadirnya lagu Phat Rabbit, nama Ludacris mungkin tidak akan mendapatkan atensi yang sebesar hingga saat ini. Ludacris pun mengamini jika lagu tersebut berperan sebagai pintu utama bagi dirinya untuk melangkah lebih jauh ke dalam industri hiburan di Amerika Serikat. Lagu garapan Timbaland yang tergabung ke dalam album kompilasi Tim’s Bio: Life From Da Bassment saat ini telah dianggap sebagai cult classic bagi para penggemar atau siapapun yang ingin mengenang jejak karier Ludacris di dunia musik hip hop Amerika Serikat.

0 COMMENTS