Kenang Perjalanan Bermusik, Puti Chitara Rilis “Reminisce”

Kenang Perjalanan Bermusik, Puti Chitara Rilis “Reminisce”

  • By:
  • Senin, 25 January 2021
  • 171 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Musik seakan jadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari diri Puti Chitara. Musisi multi talenta satu ini memang dikenal memiliki ketertarikan dengan musik sejak kecil. Ketertarikan tersebut didasari karena Puti Chitara dibesarkan dalam lingkungan musisi. Ibu dari Puti Chitara merupakan seorang penabuh drum untuk band bernama Pretty Sisters yang beken di era 1970-an. Sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, Puti Chitara diketahui sering tergabung di dalam beberapa band dan melanjutkan aktivitas musiknya ketika dirinya melanjutkan untuk kuliah di Jepang.

Kini, Puti Chitara telah menempuh milestone baru dalam karier bermusiknya. Sebagai musisi profesional, Puti Chitara telah menyentuh umur satu dekade atau 10 tahun dalam bermusik. Dalam merayakan jejak pencapaian pada karier bermusiknya tersebut, Puti Chitara merilis sebuah EP atau mini album berjudul Reminisce. Sebelum resmi merilis EP Reminisce, Puti Chitara lebih dahulu merilis lagu-lagu terbaru melalui akun Soundcloud pribadinya. Lagu yang dirlis satu per satu tersebut merupakan kumpulan lagu yang ditulisnya selama rentang satu dekade ini. Kabar mengenai rilisnya EP Reminisce pertama kali tersiar melalui Instagram pribadi milik Puti Chitara.

Lagu-lagu yang mengisi EP Reminisce merupakan rangkaian lagu yang sempat ditulis oleh Puti Chitara sejak pertama kali dirinya memulai karier sebagai singer-songwriter di industri musik Tanah Air. Alasan Puti Chitara melepas lagu-lagu tersebut melalui Soundcloud didasari oleh kehadiran platform musik tersebut yang jadi saksi nyata perjalanan karier bermusiknya sejak awal. Hingga sesaat lagu-lagu baru dari Puti Chitara rilis, akun Soundcloud tersebut hanya berisi karya-karya awal karier dari sang musisi.

EP Reminisce juga dijadikan sebagai sebuah sarana bagi Puti Chitara untuk melakukan perjalanan ke masa lalu, tepatnya 10 tahun lalu, mengenang masa-masa dirinya memulai karier sebagai musisi profesional. Puti Chitara mengakui bahwa dirinya tidak menyangka dengan hanya bermodalkan equipment rekaman yang minim dan melakukan semua prosesnya dari dalam kamar bisa membawanya ke titik saat ini sebagai musisi profesional yang cukup dikenal secara nasional.

Melalui EP Reminisce, Puti Chitara juga ingin kembali menghadirkan semangat dalam berkarya yang sempat dirinya rasakan 10 tahun yang lalu. Untuk hal itu, Puti Chitara mengemas karya-karyanya yang tergabung di dalam Reminisce dengan konsep musik bernuansa lo-fi yang disajikan dengan lirik full berbahasa Inggris. Lirik-lirik tersebut bercerita tentang perjalanan karier yang harus Puti Chitara lewati sejak 10 tahun lalu hingga saat ini.

Proses penggarapan EP Reminisce juga dikerjakan oleh Puti Chitara secara mandiri semaksimal mungkin. Puti Chitara memiliki andil penuh dalam seluruh penggarapan materinya, mulai dari penulisan lirik, komposisi dan aransemen musik, arahan vokal, hingga memainkan instrumennya secara mandiri. Di luar itu, untuk proses mixing dan mastering Puti Chitara dibantu oleh Rio Ndul dan Dimas Martokoesoemo. 


Selama mengarungi karier sebagai musisi solo profesional, Puti Chitara juga telah berhasil merilis dua buah album penuh. Pertama adalah Sarsaparilla Dream yang rilis di tahun 2013 dan dilanjut dengan rilisnya album berjudul Goodnight pada tahun 2016. Di tahun 2014, Puti Chitara juga sempat membantu proses produksi untuk album milik Chiki Fawzi. Di tahun yang sama Puti Chitara juga resmi masuk menjadi bagian dari Barasuara sebagai salah satu penyanyi. Bersama Barasuara, Puti Chitara berhasil merilis dua buah album. Pertama adalah album Taifun yang rilis di tahun 2016 dan album Pikiran dan Perjalanan yang rilis pada tahun 2019.

0 COMMENTS