Kings of Convenience Sajikan Single Fever untuk Album Baru

Kings of Convenience Sajikan Single Fever untuk Album Baru

  • By:
  • Selasa, 22 June 2021
  • 108 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kings of Convenience (KOC) melanjutkan momentum positif mereka di tahun 2021. Pada April lalu, duo folk asal Norwegia tersebut menyatakan comeback bermusik dengan merilis single berjudul Rocky Trail. Lagu ini masuk ke dalam album terbaru Kings of Convenience.

Duo yang beranggotakan Erlend Øye dan Eirik Glambek Bøe ini lantas kembali menghadirkan sebuah tembang baru buat para penggemarnya di akhir Mei lalu. Masuk sebagai single kedua dari album baru mereka, lagu ini diberi tajuk Fever.

Single Fever ini dibuka dengan melodi gitar duo dan vokal yang harmonis, mengeksplorasi suka dan duka, sebelum ditutup dengan permainan piano. Disebutkan oleh Erlend, lagu Fever menjadi salah satu karya di album selanjutnya yang proses penggarapannya cukup cepat.

"'Fever' adalah lagu di (album) 'Peace or Love' yang paling cepat ditulis, lahir dari ledakan inspirasi yang murni dan sederhana," kata vokalis Erlend Øye dalam sebuah pernyataan dilansir NME.

“Namun, rekaman dan aransemennya seperti biasa merupakan proses yang panjang, yang berpuncak pada Eirik [Glambek Bøe] menambahkan outro piano yang memukau di hari-hari terakhir rekaman album pada Februari 2020,” jelasnya.

Eksistensi Kings of Convenience kembali hadir pada April lalu yang secara mengejutkan menghadirkan single baru setelah lebih dari satu dekade. Jika mengacu pada album, maka sudah 12 tahun lamanya sejak mereka terakhir kali merilis album ketiga, Declaration of Dependence, pada Oktober 2009.

Satu tahun setelah rilisnya album ketiga itu, Kings of Convenience memang merilis sebuah EP bertajuk Kings of Convenience’s Live Acoustic Sessions - Milan 2009, namun setelah itu tak ada karya baru disuguhkan oleh duo yang berdiri sejak 1999 tersebut.

Eirik memang menghadirkan sebuah karya baru di tahun 2017, namun musik baru itu ia hadirkan bukan bersama Kings of Convenience, melainkan dengan band rock bernama Kommode berupa album bertajuk Analog Dance Music. Sejak saat itu eksistensi Kings of Convenience tak banyak terdengar.

Ketika para penggemar mulai mempertanyakan masa depan karier mereka, Kings of Convenience sempat memberi pernyataan melalui laman Facebook mereka pada Maret 2019. Kings of Convenience menyebut bahwa materi album keempat sebetulnya sudah selesai ditulis dan masuk dapur rekaman.

Akan tetapi, ketika Kings of Convenience mencoba merekam materi album itu pada 2016/2017, hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan mereka sehingga album tersebut tak jadi diproduksi. Kings of Convenience mengaku sempat rehat selama 2018, kemudian mereka kembali tancap gas menggarap album baru sejak 2019.

Teka-teki soal album studio keempat Kings of Convenience terjawab setelah mereka merilis lagu baru pada 30 April lalu. Dengan tajuk Peace Or Love, album ini mendarat dengan selamat pada 18 Juni lalu melalui EMI Records.

Untuk mendukung peluncuran dari album keempat nanti, Kings of Convenience juga berencana menggelar tur. Salah satu yang terdekat Kings of Convenience akan memainkan dua pertunjukan di Royal Festival Hall di London, Inggris, pada 26 September mendatang.

"Kami akan kembali tur! Sejauh ini kami telah menetapkan tanggal di Eropa pada tahun 2021 dan 2022 tetapi pada waktunya kami akan memastikan untuk melewati semua 4 penjuru dunia. Tiket mulai dijual 7 Mei. Akan ada beberapa tanggal yang ditambahkan di sekitar yang kalian lihat sekarang," jelas Kings of Convenience.

Tracklisting album Peace Or Love dari Kings of Convenience:

Rumours

Rocky Trail

Comb My Hair

Angel

Love Is A Lonely Thing

Fever

Killers

Ask for Help

Catholic Country

Song About It

Washing Machine.

 

Image source: Kings of Convenience Instagram

0 COMMENTS