Kings Of Leon Hadirkan Token Digital untuk Album Barunya

Kings Of Leon Hadirkan Token Digital untuk Album Barunya

  • By:
  • Selasa, 23 March 2021
  • 178 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah berhasil membuat para penggemar penasaran dan menerka-nerka tentang langkah terbaru dari band rock Amerika Serikat ini, Kings Of Leon akhirnya resmi mengumumkan bahwa mereka telah merilis album baru berjudul When You See Yourself pada awal Maret lalu. Kabar mengenai When You See Yourself sebenarnya sudah dimulai sejak akhir tahun 2020. Salah satu strategi konkret yang dilakukan oleh Kings Of Leon nyatanya baru dimulai saat mereka merilis single terbarunya berjudul The Bandit di awal tahun 2021.

Dalam perilisan album barunya ini, Kings Of Leon mencoba untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda. Kings Of Leon mempersiapkan sebuah NFT atau token digital khusus yang dibarengi dengan perilisan albumnya pada 5 Maret lalu. Token digital yang tergabung dalam strategi album When You See Yourself ini bisa digunakan sebagai alat tukar pembelian album, artwork, tiket konser, serta merchandise lainnya. Hadirnya token digital ini merupakan sebuah langkah baru dari Kings Of Leon untuk mendekonstruksi citra mereka sebagai band rock konvensional. Untuk distribusi token digital atau NFT tersebut, Kings Of Leon bekerja sama dengan YellowHeart sebagai pihak distributor. Sedangkan untuk konten kreatifnya Kings Of Leon kembali berkolaborasi dengan Night After Night.

Secara umum, token digital dari Kings Of Leon ini hadir dalam 3 versi yang dapat ditukar oleh para penggemarnya untuk memiliki 25 koleksi memorabilia, termasuk piringan hitam Golden Eye, serta kesempatan undian untuk memenangkan tiket konser Kings Of Leon di masa yang akan datang. Oleh karena itu, harga jual dari album kedelapan Kings Of Leon ini hadir dengan banderol yang cukup beragam yang menyesuaikan dengan jenis token digital yang dapat ditukarkan oleh para penggemarnya. Selain itu, hasil penjualan album dan memorabilia melalui token digital yang dikeluarkan oleh Kings Of Leon ini juga akan disalurkan sebagai donasi akibat pandemi virus Corona yang memberi dampak ekonomi terhadap pihak-pihak di industri musik live.

Selain mengandalkan dana dari penjualan album terbarunya, Kings of Leon juga merilis beberapa merchandise baru yang bekerja sama untuk mendukung inisiasi Hero T-Shirt. 100 persen hasil penjualan dari rangkaian merchandise baru dari Kings of Leon ini nantinya akan disumbangkan kepada Live Nation’s Crew Nation Relief Fund. Donasi dari hasil penjualan merchandise yang digalangkan oleh Kings of Leon ini bertujuan untuk membantu para kru di dunia musik yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi virus Corona.

Meskipun mencoba menghadirkan persona digital dan relevan terhadap masa kini, proses produksi yang dilakukan oleh Kings of Leon untuk album When You See Yourself terbilang cukup analog. Hal ini didasari untuk memaksimalkan segala bentuk teknologi yang pernah ada dalam melengkapi pengalaman yang diberikan oleh para penikmat musik Kings Of Leon. untuk distribusi utama album kedelapannya ini, Kings Of Leon kembali bekerja sama dengan RCA Records. Kings of Leon juga mengajak Markus Dravs yang sering berkolaborasi bersama Arcade Fire dan Coldplay untuk menjadi produser pada album When You See Yourself

Lahirnya single The Bandit jadi hal yang cukup spesial bagi para penikmat musik Kings Of Leon. Pasalnya, The Bandit merupakan karya pertama yang dirilis oleh Kings Of Leon selama 5 tahun terakhir. Orang pertama yang mengabarkan tentang rilisan baru Kings Of Leon ini datang dari Jared Followill yang merupakan pemain bass dalam tubuh band tersebut. Salah satu anggota pendiri Kings Of Leon ini mengungkap kabar terkait single terbaru tersebut melalui akun Twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Jared Followill pun mengungkapkan bahwa lagu terbaru dari Kings Of Leon ini sudah mereka simpan sejak awal tahun 2020. Selain itu, perilisan single The Bandit dari Kings of Leon juga ditemani dengan satu lagu tambahan berjudul 100,000 People yang kini sudah bisa dinikmati di berbagai layanan musik streaming. Kehadiran dua single terbaru dari Kings Of Leon kala itu bisa dibilang sebagai sebuah hal yang datang secara tiba-tiba.

Beberapa media sekaligus kritikus musik menilai album kedelapan Kings Of Leon ini merupakan sebuah titik balik dari band rock tersebut. Pasalnya, album ini terdengar bisa memproyeksikan rasa percaya diri serta pendewasaan yang telah mereka lalui sebagai sebuah unit. Kings Of Leon mencoba untuk melakukan eksplorasi dengan menghadirkan elemen musik modern untuk materi album When You See Yourself. Ternyata hal tersebut terbukti memberikan dampak positif, setidaknya bagi para penggemarnya, sekaligus juga kritikus musik di Amerika Serikat. Langkah eksplorasi yang dilakukan oleh Kings Of Leon ini dianggap sebagai sebuah pembuktian bahwa mereka masih mampu bersaing sebagai band rock papan atas saat ini.

Album kedelapan yang dirilis oleh Kings Of Leon ini merupakan sebuah karya lanjutan yang sudah ditunggu-tunggu sejak rilisnya album Walls di tahun 2016 silam. Hadirnya album kedelapan ini diharapkan bisa dapat kembali meningkatkan popularitas band asal Nashville ini seperti apa yang mereka dapatkan dari dua album di awal karier Kings Of Leon, Only by the Night dan Come Around Sundown. Album yang rilis di tahun 2008 dan 2010 tersebut bisa dianggap sebagai puncak popularitas Kings Of Leon secara komersial dan hingga kini masih belum kembali mereka raih dengan album-album setelahnya. Popularitas Kings Of Leon di industri musik semakin menurun sejak mereka merilis album kelima mereka dan memutuskan untuk rehat sejenak dari industri musik.

Image courtesy of Kings Of Leon

0 COMMENTS