rapper

Kisah Di Balik 5 Nama Moniker Rapper Veteran

  • By: NND
  • Minggu, 13 September 2020
  • 670 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Sudah seperti hukumnya kalau seorang rapper itu harus tampil dengan moniker atau nama panggungnya sendiri. Berangkat dari hal itu, sekarang kita pun memiliki segudang nama-nama rapper yang ikonis yang telah mengisi kemeriahan genre tersebut—dari yang tua, hingga yang muda-muda. Dalam kesempatan ini, SUPERMUSIC telah memilih 5 nama rapper dan menjelaskan secara singkat kisah-kisah di balik nama itu

Siapa saja mereka? Baca lengkapnya di bawah inI:

 

1. Jay Z

Rapper kenamaan Jay Z mulanya hadir dengan moniker Jazzy. Bernama Asli Shawn Corey Carter, moniker Jazzy ia dapatkan dari stasiun subway dekat rumahnya di Brooklyn, yakni stasiun J/Z. Pada tahun 1989, ia berkolaborasi dengan Jaz-O pada lagu “Hawaiian Sophie” yang kemudian jadi langkah sukses pertamanya di kancah hip-hop. Nama “Jay Z” pun lahir darinya—selain sebagai wordplay dari moniker pertamanya—ia juga jadi sebuah homage untuk sosok mentornya itu.

 

2. Ghostface Killah

Wu-Tang Clan memang tidak pernah malu-malu memamerkan pengaruh film silat mereka. Salah satunya, adalah Mystery of Chessboxing arahan Joseph Kuo di tahun 1979. Menilik plot-nya, film tersebut membahas seorang anak kecil yang mencoba membalaskan dendam atas kematian ayahnya di tangan seorang “Ghost Faced Killer”. Itu juga yang nama panggung Dennis Coles, A.K.A Ghostface Killah.

 

3. Action Bronson

Selain dalam kancah hip-hop, rapper berporos besar ini juga dikenal melalui karirnya sebagai TV personality (Vice) dan seorang koki andal. Bernama asli Ariyan Arslani, ia kerap mencoret “Action” ketika mendalami dunia graffiti. Dikutip dari Thisis50.com, ia menjelaskan bahwa, “Setelah ’Action’, saya butuh nama belakang yang keren. Saya selalu mengidolakan actor Charles Bronson, jadi saya tempatkan juga ‘Bronson’ sebagai penutupnya”.

 

4. Notorious B.I.G / Biggie Smalls

Menurut Icons of Hip Hop: An Encylopedia of the Movement, Music, and Culture, Volume 2, Christopher Wallace mendapatkan nama Biggie Smalls dari film 1975 berjudul Let’s Do It Again, yang salah satunya memuat peran seorang Calvin Lockhart sebagai seorang gangster bernama “Biggie Smalls”. Setelah mengadopsi nama itu, Lockhart sempat menuntun sehingga Wallace terpaksa mengganti jadi Notoriuous B.I.G. Ternyata, namanya diambil dari seorang gangster dalam film, nih!

 

5. Tupac / 2Pac

Meskipun banyak yang sudah tahuh bahwa Tupac/2Pac itu diambil dari nama aslinya, faktanya, nama kelahiran jagoan hip-hop west coast ini awalnya bukanlah Tupac. Sang ibu, Afeni Shakur, menamakannya Lesane Parish Crooks, namun diganti sebelum ulang tahun pertamanya menjadi Tupac Shakur. Menurut sang ibu, nama tersebut terinspirasi dari Tupac Amaru II, seorang pejuang kenamaan yang memimpin perjuangan masyarakat Peru melawan penjajah dari Spanyol. Salut!

0 COMMENTS