Kisah Di Balik Anthem ‘Sabotage’ Milik Beastie Boys

  • By: NTP
  • Jumat, 2 November 2018
  • 825 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Otobiografi Beastie Boys Book karya sang personel, Michael “Mike-D” Diamond dan Adam “Ad Rock” Horovitz baru-baru ini telah dirilis. Keduanya melepas beberapa potongan dari buku tersebut.

Dalam potongan yang diterbitkan oleh Rolling Stone, aktor Tim Meadows membacakan kisah di balik single “Sabotage” dari album Ill Communication (1994). Nomor anthemic anti-otoritas tersebut ternyata berasal dari kekesalan mereka terhadap engineer rekaman album tersebut.

Teknisi tersebut bernama Mario Caldato Jr, menurut tulisan Horovitz dan narasi Meadows. Keduanya menyatakan saat Ill Communication tengah digarap, Beastie Boys kerap meragukan sound mereka sendiri. Kebimbangan ini akhirnya membuat Caldato kehilangan kesabaran.

“Kami benar-benar labil soal apa, kapan, mengapa dan bagaimana caranya menyelesaikan sebuah lagi. Mario semakin frustrasi.”

“Itu cara paling tenang untuk menggambarkan caranya mendorong kami menyelesaikan apapun, ia akan marah, mengamuk dan berteriak agar kami bergerak cepat. Ia biasanya memainkan lagu instrumental jelek yang kami buat agar kami cepat menyelesaikan sebuah lagu,” tulis Horovitz.

“Sabotage” adalah lagu terakhir yang selesai direkam di album tersebut. Nomor ini mengalami perubahan di berbagai versi, termasuk versi hip-hop yang menampilkan scratch sample rekaman Queen Latifah sebagai hook.

Horovitz akhirnya memutuskan untuk berteriak demi mengerjai Caldato yang sedang mendengarkan proses rekamannya.

“Rasanya lucu ketika saya bisa menulis lagu tentang bagaimana Mario menahan proses rekaman kami, bagaimana dia mencoba membuat prosesnya berantakan dan menyabotase karya seni kami,” pungkas Horovitz.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
589 views
superbuzz
752 views
supernoize
1612 views
superbuzz
1044 views