gorilla biscuits

Kisah Kesalahan yang ‘Mahal’ Soal Vinyl Legendaris Gorilla Biscuits

  • By: NND
  • Selasa, 8 September 2020
  • 496 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Di pentas musik hardcore kota New York, Gorilla Biscuits merupakan nama yang juga melegenda. Bagaimana tidak, musik mereka memengaruhi generasi-generasi berikutnya. Jangan lupa juga personel-personelnya juga terlibat dengan grup ikonis macam Warzone, Judge, Youth of Today, hingga unit post-hardcore Quicksand. Namun bukan namanya saja yang melegenda, debut EP-nya juga demikian.

Begitu jadinya karena memang materi debut EP yang hebat, nama yang kemudian menjadi ikon hardcore NYHC, dan juga karena kesalahan pressing vinyl dari pihak label. Kesalahan pressing itulah yang memberikan kisah menarik bagi rilisan ini.

Singkat cerita, ketika label Revelation Records merilis vinyl 7” pertamanya di tahun 88, labelnya menyertakan daftar barter untuk setiap pressing kala itu: “Kita akan menukar vinyl 7” kita yang terdaftar dengan pernik dan figura nostalgia era 60 dan 70-an awal seperti G.I. Joe, Batman, Robin, atau villain-nya, serta benda-benda nostalgik lainnya,” tulis pihak label, dilansir dari Revolver.

Sebagai gantinya, Revelation siap menukar sejumlah vinyl dari empat rilisan pertama label tersebut: vinyl 7” “on color or first press” punya Warzone, vinyl emas kompilasi New York City Hardcore 1987, vinyl merah 7” dari Sick of It All, dan tentunya, vinyl 7”milik the Gorilla Biscuits yang berwarna banana yellow.

Terkait vinyl 7” Gorilla Biscuits tersebut, ada dua variasi yang tidak direncanakan, yang beredar di sirkuit pertukaran vinyl kala itu. Sekarang, harganya pun meroket.

Variasi pertamanya dikenal sebagai “Warzone B-side”misspress. Terkait hal ini, pihak Revelation angkat bicara. Mereka menjelaskan bahwa, “Di akhir proses pressing, mereka kehabisan sleeve dan label, mana yang habis duluan masih bisa diperdebatkan, tapi ada 50-90 yang memiliki label “Warzone B-Side”, yang tersedia dalam tulisan band berwarna merah atau ungu.

 

 

Sekarang, harga misspress variasi pertama ini berkisar di antara $1.000-$1.500, juga sempat menjadi penjualan termahal di Discogs pada bulan November 2016 dan Juni 2019 kemarin.

Berikutnya, variasi mispress kedua dari vinyl 7” Gorilla Biscuits ini dikenal sebagai versi “off-white” atau cream karena warnanya yang pucat. Variasi ini jauh lebih langka dari yang pertama, juga lebih mahal.

Terkait misspress ini, Revelation menjelaskan: “Penjelasan paling masuk akal dari kesalahan ini adalah beberapa vinyl terlanjut dicetak sebelum dua warna dasar yang dibutuhkan untuk menciptakan vinyl berwarna banana yellow, yakni kuning dan putih, sudah tercampur dengan benar.” Meskipun pihak label mengakui hanya ada beberapa vinyl edisi “off-white” yang beredar, Discogs mengatakan kurang lebih ada 25 keping. Meski begitu, harganya sangat mahal, hampir mencapai $6.000, atau sekitar Rp 89 juta di tahun 2018 kemarin.

Bayangkan mereka yang mendapatkannya secara gratis dengan hanya menukar figure Batman awalnya dirilis.

0 COMMENTS