Midnight Fusic

Kolaborasi Musisi Dua Negara: Midnight Fusic dan Pijar Band Dengan Single Terbaru ‘Sandiwara’

  • By:
  • Sabtu, 5 December 2020
  • 131 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Salah satu band indie asal Malaysia Midnight Fusic baru saja merilis single pertama mereka yang menggunakan Bahasa pada tanggal 13 November 2020. Single Bahasa ini berjudul ‘Sandiwara’  dalam single kali ini, Midnight Fusic berkolaborasi dengan salah satu Band asal Indonesia yaitu Pijar Band. Midnight Fusic sendiri sudah lama menginginkan untuk membuat lagu dengan menggunakan Bahasa. Sehingga, Kerjasama kali ini sangat dinantikan oleh Midnight Fusic dan kedua band ini sangat antusias dengan kolaborasi ini.

Terbentuk pada tahun 2013, Midnight Fusic terdiri dari empat personel bernama Raja Arif Kamarudin (Vokalis), Adrian Danial (Gitaris), Firdaus Azmi (Gitaris), dan Muaz Rabbani (Drum). Saat ini, Midnight Fusic sendiri mengusung genre music Indie dan alternative pop. Dalam pemilihan genre music sendiri mereka tidak pernah secara sengaja memilih genre music tersebut. Pada single kali ini yaitu ‘Sandiwara’ mereka menjelaskan bahwa lagu ini merupakan lagu yang menyenangkan dengan nada yang menampilkan kegembiraan.

Lagu ‘Sandiwara’ diciptakan oleh Jack Alfredo salah satu personil dari Pijar Band. Penciptaan lagu ini sendiri hanya memakan waktu satu hari saja. Tentunya kolaborasi lagu ini sangat unik karena baik Pijar Band ataupun Midnight Fusic menuangkan warna masing – masing dari music mereka sendiri. “Lagu ini adalah lagu yang universal, dimana lagu ini bukan hanya mengingatkan kita pada hubungan atau situasi tertentu. Kami ingin para pendengar mengartikan sendiri sesuai dengan pandangan mereka masing – masing. Sehingga lagu ini akan memiliki arti yang berbeda pada setiap orang yang mendengarkan” Ujar Arif salah satu personel Midnight Fusic.

Pada bulan sebelumnya yakni Agustus 2020, Midnight Fusic juga merilis single mereka yang berjudul ‘I don’t Wanna Dream Tonight’ dengan genre pop-indie. Single yang satu ini nantinya akan ada didalam upcoming album mereka di tahun 2021 termasuk single terbaru mereka ‘Sandiwara’. 

Berdasarkan pernyataan dari Sony Music Entertainment Malaysia selaku manajemen dari Midnight Fusic mengatakan bahwa, saat ini Midnight Fusic tengah sibuk untuk mempersiapkan dan merilis single - single lagunya sudah dari beberapa bulan yang lalu. Walaupun di tengah pandemi seperti ini, Midnight Fusic tetap fokus dalam membuat musik mereka dan fokus dalam pengerjaan album terbarunya. Pengerjaan single mereka kali ini dari mulai proses penulisan lyrics, produksi, dan perekamannya dilakukan di rumah. 

Dalam single kali ini, Midnight Fusic sangat antusias akan reaksi para pendengarnya. ‘Sandiwara’ merupakan lagu yang diharapkan tentunya akan membuat pendengar tersenyum, dan membawa perasaan gembira kepada pendengar.

“Kawan baik kami, Dennis Ferdinand, yang membuat vokal tambahan dalam lagu ini memang telah membawa semangat baru kepada lagu ini.” kata pemain gitar utama Midnight Fusic, Adrian Danial. Selain itu, kolaborasi ini juga dipertunjukan untuk mengingat persahabatan yang terjalin antara Midnight Fusic dengan Pijar. “Jika dibandingkan dengan lagu - lagu Inggris kami terdahulu, pada proses penulisan maupun pembuatannya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Namun, pada saat kami merekamnya dan mendengarkan hasil rekaman tersebut, rasanya sangat istimewa dan merupakan pengalaman yang tidak terlupakan” ujar Arif Kamarudin

Seperti penggalan lirik dari lagu ‘Sandiwara’ pada verse pertama “Bercanda tiada habis bertukar jiwa.. Tertawa hingga pagi tenangkan resah.. Tak perlu bersedih..Kali ini kita kan kenang.. Cerita hari ini tuk masa datang” Pada lirik ini menggambarkan bagaimana hubungan pertemanan di hari ini akan menjadi cerita yang tidak terlupakan dan akan selalu menyenangkan untuk dikenang. 

Lo bisa dengerin lagu Sandiwara di platform musik kesayangan lo seperti Spotify, Joox, Apple Music, Youtube Music, dll. Single terbaru dari Midnight Fusic dan Pijar ini bisa juga lo temuin di playlist Naik Daun di Spotify. Lo juga bisa menikmati lagu ini dengan menonton video lirik di channel YouTube Midnight Fusic sendiri.

Kolaborasi dari dua musisi hebat ini tentunya menghadirkan respon positif di kalangan pendengarnya, selain lirik yang sangat ringan namun memiliki arti mendalam, lantunan melodi dibuat lebih playfull dan easy listening. Terlebih, kolaborasi ini juga untuk menunjukkan persahabatan dua negara yang dirangkul melalui musik. 

Band Pijar sendiri merupakan band asal Indonesia dengan aliran Britrock dan post punk. Berasal dari Medan, Pijar band sendiri terdiri dari 3 personel yang memiliki karakter diri yang tentunya berbeda - beda, Alfredo (Vokal/Gitar), Ican (Gitar) dan Aul (Drum). Terbentuk di tahun 2015, mereka memutuskan untuk mengejar impian mereka di Ibukota. Tidak butuh waktu lama, mereka berhasil masuk ke salah satu label kecil yang membantu mereka menjadi cukup terkenal seperti sekarang. 

Dipertemukan lewat musik dengan warna yang berbeda, keinginan Midnight Fusic untuk membuat lagu dalam Bahasa Melayu sangat terbantu oleh kehadiran dari Pijar. Mereka sangat bersyukur karena project mereka yang terbilang nekat dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan dari Pijar “Semuanya terasa lebih mudah dengan adanya Pijar” ujar Arif Kamarudin. Sebelumnya, lagu - lagu yang dibuat oleh Midnight Fusic adalah lagu yang berbahasa inggris.

Bagi lo yang belum dengerin lagu hasil kolaborasi dari Midnight Fusic dan Pijar band, lo bisa dengerin di berbagai platform musik kesayangan lo seperti Spotify, Joox dan Apple Music, sekarang.

0 COMMENTS