Kolaborasi Silang ‘Noise Rap’ Joe Million dan Indra Menus

  • By: OGP
  • Selasa, 28 August 2018
  • 1746 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Musisi kancah noise asal Yogyakarta, Indra Menus mengumumkan kolaborasi lintas genre bersama rapper Joe Million. Kolaborasi keduanya menghasillkan sebuah album mini berisikan mash-up empat track bising. Keempat track tersebut di antaranya “It’s Alive”, “Amin”, “Si Miskin Omdonesia”, dan “Kidul Kulon”.

Kesemua materi ini sudah bisa dibeli melalui berbagai layanan streaming musik seperti iTunes, Spotify, Deezer, YouTube Music dll. Untuk format kaset akan dirilis via Otak Kotor Records dan Noise Bombing, bertepatan dengan gelaran Cassette Store Day 2018 yang diadakan pada 13 Oktober 2018 mendatang.

“Tanggal 8 Agustus 2018 adalah hari pertama tur ‘Bombardir’ yang diselenggarakan di kota gudeg bertempat di Panggung Senyap, Festival Kesenian Yogyakarta. Sebelum bermain di acara showcase Otakotor Records ini, Joe Million melakukan proses rekaman kolaborasi dengan Indra Menus,” tulis Indra Hermawan, dari Noise Bombing Records dikutip melalui siaran pers yang diterima SuperMusic.

“Dengan sistem live track tanpa overdub, 4 track terekam langsung dalam 2 jam sesi yang dipandu oleh sang empu studio Bable Sagala. Gelontoran rima berkecepatan sampai 120 BPM beradu gesit dengan jeritan shaker box dan deretan efek distorsi.”

“Bentangan lirik tiga lagu pilihan dari album Joe Million sebelumnya yaitu ‘It’s Alive’, ‘Amin’, dan ‘Si Miskin Omdonesia’ direpet sampai batas maksimal. Sementara satu lirik yang baru ditulis ketika berada di studio, “Kidul Kulon”, dipilih sebagai menu freestyle tanpa metronome menutup rangkaian proses meditatif.

Nama Indra Menus cukup disegani di kancah musik bawah tanah Yogyakarta. Ia sebelumnya dikenal sebagai personel dari unit noise To Die, bagian dari Doggy House Records, promotor lokal YK Booking, hingga aktif di dua kolektif musik garda terdepan di Jogja, yakni Kongsi Jahat Syndicate dan Jogja Noise Bombing. Ia juga sempat menulis buku tentang kancah noise di Asia Tenggara dan Jepang bertajuk Pekak.

Sementara itu, Joe Million merupakan musisi hip hop asal Papua. Namanya cukup berkibar kencang di kancah hip hop lokal. Album perdananya, Vulgar berhasil merebut hati Ucok (Homicide/Bars of Death) dengan menasbihkan albumnya tersebut sebagai salah satu album rap lokal terbaik tahun 2016.

0 COMMENTS

Info Terkait