Konser Band Punk di Indonesia: dari Green Day hingga NOFX

Konser Band Punk di Indonesia: dari Green Day hingga NOFX

  • By:
  • Senin, 22 February 2021
  • 1170 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Indonesia mungkin bukan "destinasi" utama bagi band-band internasional untuk mengadakan pertunjukan. Sebelum kemajuan industri musik melesat karena kemudahan media distribusi, konser musik juga termasuk konser band punk di Indonesia cukup sulit ditemukan.

Tapi, bukan berarti tidak ada sama sekali konser band punk di Indonesia. Buktinya lambat laun mulai banyak konser band punk di Indonesia. Di antara konser itu, ada beberapa konser band punk di Indonesia yang fenomenal dan berkesan buat para penikmat musik punk di Tanah Air.

Nah, untuk lebih jelasnya Superfriends bisa menengok list konser band punk di Indonesia yang telah Supermusic pilihkan. Check this out, Superfriends.

Konser band punk di Indonesia: Green Day (1996)

Mundur jauh ke belakang, tepatnya pada pertengahan 90-an, Indonesia pernah menjadi destinasi tujuan dari unit veteran punk rock asal Oakland Amerika Serikat, Green Day. Konser band punk di Indonesia oleh Green Day ini tepatnya berlangsung pada 1996 di Jakarta.

Konser band punk di Indonesia itu berlangsung di JCC Hall, Jakarta, dan berhasil menarik atensi sekitar 6000-an penonton. Kedatangan Green Day ke Indonesia ketika itu dilatarbelakangi agenda tur mereka untuk mempromosikan album keempat, Insomniac, yang dirilis pada 1995.

Besarnya animo untuk konser band punk di Indonesia ini tidak terlepas dari nama Green Day yang mulai populer lewat hits-hits dari album sebelumnya, Dookie, seperti Basket Case. Bisa dikatakan pula hadirnya Green Day ketika itu menjadi pembuka jalan bagi konser band punk di Indonesia pada masa-masa berikutnya.

Pada sebuah wawancara pada 2015 silam, Billie pernah mengisahkan ulang pengalaman Green Day manggung di Indonesia. Disebutkan bahwa kondisi cuaca Indonesia yang sedang panas saat itu membuat kulit Billie terbakar.

"Saya ingat saat benar-benar terbakar matahari. Ketika itu kami sedang berada di Indonesia. Sebelum itu, kulitku benar-benar terbakar jadi hampir di semua foto, wajahku terlihat merah," tutur Billie (sembari tertawa) dalam sebuah video wawancara di YouTube.

Konser band punk di Indonesia: NOFX (2007)

Fragmen konser band punk di Indonesia dari NOFX diabadikan oleh unit veteran punk asal Los Angeles ini melalui serial televisi berjudul NOFX Backstage Passport di Episode ke-5 yang dirilis pada 2009.

Serial ini berisikan tentang kejadian di belakang panggung pada perjalanan tur dunia NOFX. Salah satu negara yang dituju oleh NOFX adalah Indonesia pada 2007. Di serial itu, diperlihatkan konser band punk di Indonesia ini mulai dari sampai di bandara hingga dijemput oleh promotor.

Kejadian-kejadian lucu ketika mereka beristirahat di bandara dan dipeluk oleh salah satu penggemar turut masuk ke dalam rekaman di serial tersebut. Juga diperlihatkan perjalan mereka menuju venue pertunjukan yang dikawal oleh polisi.

Hal ini erat kaitannya dengan kondisi Indonesia yang saat itu tengah memperketat pengawasan akibat serangkaian aksi terorisme. Namun, konser band punk di Indonesia dari NOFX tetap bisa diselenggarakan dengan sukses.

Konser band punk di Indonesia: Misfits (2010)

Indonesia juga pernah menjadi saksi dari pasang surut perjalanan unit veteran horor punk Amerika Serikat, Misfits. Konser band punk di Indonesia dari Misfits berlangsung pada 2010 dengan formasi personel yang seadanya karena serangkaian konflik internal di dalam band.

Dengan segala permasalahan itu, Misfits benar-benar meyambangi Ancol, Jakarta, dengan mengahdirkan satu-satunya personel asli Misfits, Jerry Only, yang merangkap sebagai bassist dan vokalis. Untuk posisi gitar diisi oleh Dez Cadena yang dikenal sebagai personel band hardcore punk Black Flag.

Akan tetapi, konser band punk di Indonesia dari Misfits saat itu disebut terlalu memaksa karena tidak hadirnya sosok penting dan melekat di tubuh Misfits macam vokalis Glenn Danzig dan Michael Graves.

Konser band punk di Indonesia: Anti-Flag (2012)

Konser band punk di Indonesia berikutnya hadir dari unit veteran rock asal Pennsylvania, Amerika Serikat, Anti-Flag. Band yang saat itu beranggotakan Chris Barker, Pat Thetic, Justin Sane, dan Chris Head, datang ke Indonesia pada 2012.

Konser band punk di Indonesia itu berlangsung pada 31 Januari 2012 di Lapangan Kolam Renang Senayan, Jakarta. The Press Corpse, Fuck Police Brutality menjadi dua lagu pembuka dari Anti-Flag saat itu. Pada pengujung setlist, Anti-Flag mengcover salah satu lagu dari band punk legendaris, The Clash, yang berjudul Should I Stay or Should I Go.

Selain Green Day, NOFX, hingga Anti-Flag, ada band-band dunia lain yang termasuk dalam list konser band punk di Indonesia. Salah satunya adalah unit veteran punk Bad Religion yang hadir menyapa para penggemarnya di Tanah Air pada 2011.

0 COMMENTS