The Beatles

Kontrak Manajemen The Beatles Terjual Mahal di Gala Lelang

  • By: NND
  • Senin, 15 July 2019
  • 460 Views
  • 7 Likes
  • 1 Shares

Kontrak paling pertama yang diresmikan oleh The Beatles dengan manager legendaris mereka, Brian Epstein, berhasil terjual di acara lelang. Kontrak ini berhasil diborong dengan harga fantastis, bahkan melambung tinggi hingga £275,000, atau sekitar Rp. 4,8 miliar.

Di bulan Januari 1962, John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan drummer pertama mereka, Pete Best menandatangani kontrak manajemen pertama dengan Brian Epstein.

Kontrak ini menjanjikan upah 10%, dan naik menjadi 15% jika pendapatan mereka berhasil menembus £120 per minggu. Kenaikan ini ditetapkan pada angka 20%, namun McCartney mampu menurunkannya menjadi 15%.

Keempat personil The Beatles kala itu masih sangat muda. Mereka semua masih berusia di bawah 21 tahun, maka mereka harus mengamankan izin dari orang tua untuk kontrak tersebut. Sekarang, dokumen ini telah secara resmi terjual melalui palu perlelangan untuk membantu penggalangan dana Yayasan Ernest Hecht.

Epstein pertama kalinya menemukan The Fab Four saat pentas legendaris mereka di Cavern Club pada November 1961. Manajer The Beatles membebaskan mereka dari perjanjian rekaman label Jerman yang kala itu mengikat mereka dan menghantarkan mereka ke label EMI.

Setelah itu, kontrak kedua mereka diresmikan pada Oktober 1962. Kontrak ini memungkinkan drummer Best untuk tetap mendapatkan potongan bahkan setelah diganti oleh Ringo Starr.

Spesialis dari pihak pelelangan, Gabrieal Heaton menyatakan bahwa, “Epstein sangat terpukai ketika melihat passion, energi, dan karisma, serta mentahnya daya jual fisik mereka ketika di atas panggung.

The Beatles memiliki energi diatas panggung, namun Epstein menanamkan jiwa profesionalisme kedalam mereka. Epstein menahan aksi-aksi gila mereka di panggung, dan mengarahkan mereka untuk memainkan set-list secara utuh dan terstruktur.

Epstein juga mengarahkan mereka untuk tunduk menghormati penonton usai mereka menyelesaikan sebuah set.”

Apa bagian sejarah dari The Beatles yang menjadi favorit kalian? Suarakan di kolom komentar di bawah!

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    The Beatles

Info Terkait