Label Rekaman Punk Legendaris, Dischord Records, Unggah Seluruh Katalog ke Internet

  • By: NTP
  • Senin, 7 August 2017
  • 4955 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Label independen legendaris asal Washington, Dischord Records, baru saja mengunggah katalog rilisannya pada laman Bandcamp mereka pada 3 Agustus lalu. Dilansir dari Open Culture, hampir semua rilisan berpengaruh dari Dischord dapat didengarkan secara gratis di toko musik digital tersebut.

[bacajuga]

Beberapa rilisan band-band penting Dischord yang tersedia di laman tersebut adalah rilisan dari Minor ThreatFugazi, Dag Nasty, Embrace, Government Issue, Make-Up, Q and Not U, Rites of Spring, Soulside, Void, Untouchables, Slant 6, dan the Nation of Ulysses. Selain dapat didengarkan secara gratis, pendengar juga bisa membeli rilisan Dischord dalam format rekaman fisik atau streaming.

Dischord telah berdiri sejak tahun 1980. Label ini didirikan oleh musisi dan pelaku kancah bawah tanah D.C., yaitu Ian MacKaye (Fugazi, Minor Threat) dan Jeff Nelson (Minor Threat). Selain merilis album berbagai band punk dan hardcore asal D.C., Dischord juga turut merilis album-album penting di kancah post-hardcore (JawboxDag NastyGovernment Issue, Nation of Ulysses) dan indie rock setelahnya (Shudder To Think, Black Eyes, Edie Sedgwick, Slant 6).

Kini, Dischord telah menjadi salah satu label independen paling berpengaruh di dunia, baik dari kualitas rilisan maupun model bisnis. Salah satu ciri utama Dischord dari label independen lain semasanya adalah militansi untuk tetap independen dan keseriusan mereka untuk merilis musik band-band asal D.C.

“Kami hanya merilis musik dari kancah D.C. karena kami hidup dan bekerja di sini, kami paham betul kota ini. Ekspansi daerah hanya akan melemahkan fokus kami. Kami mengajak semua orang kreatif untuk turut mengembangkan kancah musik, dan membuka peluang di daerah mereka, sama seperti yang disarankan banyak orang saat label ini dibentuk,” tulis Dischord pada kolom tanya jawab situs resmi mereka.

Para penggemar band-band Dischord kini bisa mendengarkan album mereka tanpa harus berlangganan pada layanan musik digital terlebih dulu. Pada tahun 2015 Bandcamp telah mendistribusikan pemasukan sebesar US$ 100 juta pada musisi dan band yang mereka naungi sejak dibuka pada tahun 2008.

0 COMMENTS