GREG LAKE: Lagi-lagi 2016 Merenggut Sosok Musik Dunia

  • By: JP
  • Rabu, 14 December 2016
  • 1831 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tahun 2016 sepertinya belum puas merenggut nama-nama besar dunia, para musisi pun tak luput dari ‘tren’ kelam ini. Setelah Bowie, Prince dan lainnya, kini giliran sosok Greg Lake dari supergrup rock progresif Emerson, Lake & Palmer yang undur diri dari dunia. Terdiri dari keyboardist Keith Emerson, vokal/bassist/produser Greg Lake, dan drummer/perkusi Carl Palmer terbentuk pada awal era 70’an. Di usianya yang ke 69, Greg Lake meninggal pada 7 Desember yang lalu setelah berjuang melawan kanker yang dideritanya.

Mengutip akun Twitter sahabat sekaligus manager band Emerson, Lake & Palmer’s longtime - Stewart Young, dirinya mengungkapkan kesedihan yang mendalam. “Kemarin, pada 7 Desember, aku kehilangan sahabat setelah perjuangan panjang melawan kanker.” “Greg Lake akan selalu ada di hatiku, seperti seharusnya. Keluarganya sangat mengharapkan privasi di masa kelabu ini.”

Lake yang lahir pada 10 November 1947 merupakan personel dari King Crimson dan muncul di album debut mereka in The Court Of The Crimson King dan In The Wake Of Poseidon. Akhirnya dirinya berkolaborasi dengan keyboardist dari band The Nice, Keith Emerson serta mengajak Carl Palmer untuk membentuk Emerson, Lake & Palmer. Trio ini telah menelurkan 9 album selama rentang waktu 1970 hingga 1994.

Figur Lake juga sering dilihat sebagai sosok musisi yang berkarya dengan gairah, seperti kutipan darinya, "Musik terbesar dibuat untuk cinta, bukan uang," katanya di situs resminya. Bahkan track legendaris mereka “Lucky Man” dibuat saat dirinya berusia 12 tahun. Salah satu track King Crimson “21st Century Schizoid Man” dijadikan sample untuk track populer Kanye West “Power”. Berita ini menjadi sangat memukul semua penikmat musik, karena di awal tahun ini, sosok Keith Emerson juga meninggal dikarenakan kecelakaan pistol yang menyebabkan luka tembak pada bagian kepala. 

 

0 COMMENTS