Lagu Cover Coldplay: dari Ed Sheeran sampai Avril Lavigne

Lagu Cover Coldplay: dari Ed Sheeran sampai Avril Lavigne

  • By:
  • Jumat, 16 April 2021
  • 74 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sebagai band yang sudah berkarier lebih dari dua dekade, tidak sedikit musisi-musisi di dunia membawakan lagu cover dari Coldplay. Ya, karya-karya asal Inggris tersebut yang mendunia bikin para musisi lain tertarik untuk membawakan ulang lagu Coldplay.

Gaya musik yang terus berkembang mengikuti zaman, membuat lagu Coldplay beserta karya-karya lainnya mudah untuk diterima oleh siapapun sehingga banyak yang membuat lagu cover Coldplay.

Musik-musik yang dibawakan Coldplay juga memiliki cerita atau tema yang beragam, mulai dari cinta, kehidupan, bahkan perihal imajinasi yang semuanya bisa ditangkap melalui pilihan kata sederhana yang membuat orang mudah memahami lagu-lagu mereka.

Sejak dibentuk pada 1996 silam, Coldplay belum pernah berganti personel. Coldplay berasal dari buah pikiran Chris Martin dan Jonny Buckland. Keduanya bertemu saat masa orientasi di universitas. Kedua pendiri Coldplay tersebut kerap kali menghabiskan waktu bersama bermain musik. Lambat laun, anggota Coldplay pun mulai bertambah dengan kehadiran Guy Berryman, Phil Harvey, dan Will Champion.

Hingga saat ini Coldplay sudah melepas 8 album dan setiap albumnya mampu mewakili tahun atau masa perilisannya sehingga membuat lagu mereka kerap menjadi lagu cover. Berikut Supermusic sudah merangkum lagu cover terbaik dari Coldplay.

Lagu Cover Coldplay: Ed Sheeran- Yellow

Daftar lagu cover terbaik pertama dari lagu Coldplay adalah Ed Sheeran yang membawakan lagu berjudul Yellow. Lagu cover ini dibawakan oleh Ed Sheeran pada Maret 2017 di acara SiriusXM Howard Stern.

Ed Sheeran yang "hanya" bermodalkan gitar membawakan lagu cover Yellow dari Coldplay dengan penampilan akustik ciamik. Saat itu, Ed Sheeran mengaku bahwa baru pertama kalinya membawakan lagu cover Coldplay. Yellow sendiri merupakan lagu yang masuk ke dalam album debut Coldplay pada tahun 2000, Parachutes.

Lagu Cover Coldplay: James Bay- Hymn For the Weekend

Lagu cover terbaik Coldplay selanjutnya yaitu penampilan musisi asal Inggris, James Bay, pada acara di Radio BBC 1 Live Lounge pada Juli 2016. James Bay membawakan lagu cover Coldplay berjudul Hymn For the Weekend.

Penampilan James Bay dalam membawakan lagu cover Coldplay ini cukup impresif. Sosok yang kini berusia 30 tahun tersebut membawakan lagu dari album ketujuh Coldplay itu dengan nuansa rock serta berbalut vibes blues.

Lagu Cover Coldplay: Avril Lavigne- The Scientist

Kerennya karya-karya dari Coldplay sampai bikin "ratu emo" macam Avril Lavigne pernah membawakan lagu cover Coldplay pada 2007 silam. Penyanyi When You're Gone itu membawakan lagu cover Coldplay berjudul The Scientist dalam sebuah acara di BBC Radio, Live Lounge.

Suara khas Avril Lavigne di awal awal kariernya itu membuat lagu yang berasal dari album kedua Coldplay terdengar semakin unik. 

Lagu Cover Coldplay: Sam Smith- Fix You

Pada Mei 2020 ketika pandemi COVID-19 melanda dan bikin industri musik terhambat dengan banyaknya konser dibatalkan, Sam Smith justru menemukan kesenangan baru dengan mengcover lagu milik artis lain, salah satunya lagu cover Coldplay.

Solois pria asal Inggris ini membawakan hits Coldplay, Fix You, pada acara iHeartRadio Living Room Series. Ada alasan kuat mengapa lagu cover Coldplay yang dipilih adalah Fix You. Sam Smith mengakui sangat menyukai lagu yang berasal dari album ketiga Coldplay, X&Y.

"Saya menyukai lagu ini, dan begitu saya mendengarnya, saya baru saja teringat betapa klasiknya lagu ini. Saya belum pernah melihat Chris Martin saat tampil live membawakan lagu ini, tapi saya benar-benar ingin, karena saya jatuh jatuh cinta dengan lagu ini setelah menyanyikannya," ujar Sam Smith. Karakter suara unik milik Sam Smith membuat cover lagu Fix You hadir dengan nuansa segar.

Lagu Cover Coldplay: Tyler Ward- Paradise Daftar lagu cover terbaik Coldplay selanjutnya hadir dari musisi indie Amerika Serikat, Tyler Ward. Sosok yang kini punya lebih dari 2 juta subscriber di YouTube itu membawakan lagu cover Coldplay berjudul Paradise pada 2011. Cukup unik aransemen yang dibawakan oleh Tyler Ward di lagu cover Paradise ini. Musisi berusia 37 tahun tersebut membawakan lagu cover ini dalam versi akustik dengan porsi yang pas.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS