Lagu Punk Terbaik Rilisan 2021 versi Brooklyn Vegan

Lagu Punk Terbaik Rilisan 2021 versi Brooklyn Vegan

  • By:
  • Jumat, 14 May 2021
  • 144 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Musik punk memang identik dengan gerakan bawah tanah (underground) hingga gerakan-gerakan kritis, baik tentang sosial politik hingga isu lingkungan hidup. Meski begitu, musik punk tetap mendapat tempat di ranah mainstream.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya rekomendasi lagu punk terbaik dari media mainstream macam Brooklynvegan, Loudwire, NME, Billboard, Album of the Year (AOTY) sekalipun dalam rentang waktu tertentu. Misalnya, lagu punk terbaik minggu ini hingga lagu punk terbaik 2021.

Musik punk sendiri telah mengalami banyak perkembangan dan inovasi dalam perjalanannya di industri musik. Banyak musisi yang membuat inovasi agar tetap relevan dengan zaman dan minat pendengar musik kiwari. Oleh karena itu lahir subgenre punk seperti pop punk, punk rock hardcore punk, hingga horror punk.

Album of the Year sendiri disebut-sebut sebagai sumber yang cukup kredibel dalam membahas dan menafsirkan lagu punk terbaik sepanjang tahun 2021. AOTY merangkum review dari berbagai situs musik ternama macam NME hingga Pitchfork soal lagu punk terbaik.

Sementara Billboard sering jadi acuan bagi beberapa pihak di industri musik sebagai penentu lagu punk terbaik karena mengambil sampel dari jumlah putar yang ada baik dari radio maupun layanan streaming. Dengan semakin banyak angka putar dari sebuah lagu, maka lagu tersebut bisa saja dinobatkan sebagai lagu punk terbaik.

Begitu pula dengan Brooklyn Vegan, media musik tersebut mengambil acuan lagu punk terbaik berdasarkan keputusan pihak redaksi dalam melakukan cross check dan memberikan pandangan pribadi mereka dalam menghadirkan predikat lagu punk terbaik.

Menariknya, Brooklyn Vegan sering memberi ruang seluas mungkin bagi para band-band indie punk, post-punk, emo, untuk mendapat ruang publikasi. Maka tidak heran jika daftar lagu punk terbaik yang diberikan oleh mereka didominasi oleh band-band punk indie.

Perlu diingat bahwa kalian bisa saja tidak setuju dengan penilaian yang datang dari Brooklyn Vegan, mengingat musik adalah selera yang tidak bisa diperdebatkan. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk menambah khasanah dan referensi musik metal dengan mengetahui daftar lagu punk terbaik dari mereka.

Incisions - "Fuck The World"

Jika kalian mencari lagu punk terbaik rilisan 2021, "Fuck The World" di bisa masuk ke dalam daftar itu. Lagu dari band Inggris, Incisions, ini mengambil gambar dari segala hal mulai dari polisi fasis hingga band punk yang memilih untuk menjauh dari politik.

Lagu punk terbaik ini menggabungkan unsur-unsur dari musik hardcore Amerika awal, musik Inggris era 80an atau disebut UK82, skatepunk tahun 90-an, dan skena hardcore yang berkembang saat ini.

AFI- "Twisted Tongues"

Dominasi AFI mungkin tidak sebesar ketika mereka merai sukses di pertengahan 2000-an, namun musikalitas pemilik album debut Sing the Sorrow itu disebut kembali lagi dalam beberapa karya terakhir. Teranyar single Twisted Tongues yang dirilis pada Januari lalu disebut Brooklyn Vegan sebagai lagu punk terbaik rilisan 2021.

Lagu ini disebut memiliki nuansa goth-punk yang kental dan memberikan era suara yang baru dari musik AFI dengan prosi yang pas. AFI dikabarkan akan merilis album baru bertajuk Bodies tahun ini dan berharap lagu punk terbaik dari mereka akan kembali hadir.

Oldsoul- "High On Yourself"

Daftar lagu punk terbaik selanjutnya adalah band punk yang berbasis di Massachusetts, Oldsoul. Band yang beranggotakan Jess Hall (vokal/gitar), Tom Stevens (gitar), Chance Wells (bass), dan Sam Checkoway (drum), itu menghadirkan single baru berjudul High On Yourself pada Maret lalu.

Untuk yang belum mengenal band ini, sekilas akan menganggap lagu tersebut sebagai lagu pop karena nuansa tenang di awal lagu. Namun, mendekati pertengahan lagu dan akhir, Oldsoul memberikan hentakan musik punk yang sangat catchy.

Remember Sports- "Pinky Ring"

Nama Remember Sports sudah dikenal sebagai band indie-punk yang andal sejak 2010-an awal. Pinky Ring sebagai salah satu single dari album terbaru mereka Like a Stone yang rilis April lalu disebut sebagai lagu punk terbaik rilisan 2021.

Bahkan album ini disebut sebagai karya terbaik yang perna dibuat oleh Remember Sports sejak berdiri pada 2014 silam. Mereka masih terdengar sebagai band indie-punk dengan spirit DIY, namun produksi album kali ini dinilai lebih bersih dan punya hook yang lebih terdengar jelas pada bagian chorus.

Fiddlehead- "Million Times"

Proyek musik baru Patrick Flynn bernama Fiddlehead memang pendatang baru di skena musik punk. Namun, di sini Patrick Flynn mengeksplorasi musikalitasnya dengan menghadirkan nuansa melodic punk yang kental ketimbang saat ia berada Have Heart.

Lagu pembuka berjudul Million Times dari album kedua mereka bertajuk Between The Richness disebut lebih dewasa daripada album debut mereka pada 2018. Hal ini sebagian besar disebabkan karena Patrick sudah menjadi seorang ayah, yang menurutnya sangat memengaruhi arah penulisan lagunya, dan kalian bisa mengatakan bahwa dia sangat tulusa dalam kaitan antemik untuk membawakan single "Million Times."

0 COMMENTS