Lagu Rock yang Terinspirasi dari Kejadian dan Kisah Nyata

Lagu Rock yang Terinspirasi dari Kejadian dan Kisah Nyata

  • By:
  • Jumat, 2 July 2021
  • 139 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sebuah lagu termasuk lagu rock, bisa hadir dari berbagai inspirasi, salah satunya lingkungan pertemanan hingga kejadian nyata dari si penulis lagu atau orang-orang terdekatnya, hingga fenomena di masyarakat. Sederhananya, lagu termasuk lagu rock bisa hadir dari serangkaian kejadian yang begitu dekat di kehidupan kita.

Latar belakang dalam membuat lagu rock pun bisa beragam sesuai dengan pengalaman yang dialami oleh masing-masing pribadi musisi. Lagu rock ini bisa tentang apresiasi kepada teman atas hal yang telah mereka lakukan kepada si musisi atau mengisahkan perjalanan persahabatannya.

Tidak sedikit pula lagu rock yang tercipta dari kejadian-kejadian nyata yang dialami oleh si penulis lagu atau musisi. Lagu rock itu bisa berupa kisah persahabatan yang hadir dari tragedi sedih seperti kehilangan. Lagu rock seperti ini biasanya mengisahkan tentang kepergian seorang kawan dekat yang punya kisah panjang menemani kehidupan si musisi. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi lagu rock yang terpinspirasi dari kejadian dan kisah nyata. Check this out.

Blink-182: Adam's Song

Punya citra yang sembrono dan urak-urakan di awal karier mereka, tidak membuat Blink-182 kemudian asal-asalan dalam melahirkan sebuah karya musik. Salah satu lagu rock yang diciptakan oleh Blink-182 yang terinspirasi dari kejadian nyata yaitu single Adam's Song.

Dengan lirik seperti, "I’m too depressed to go on/You’ll be sorry when I’m gone," tidak sulit untuk mengetahui inspirasi di balik lagu ini. Menurut artikel Washington Post tahun 2004, lagu ini ditulis setelah band menerima surat bunuh diri dari seorang fans. Untungnya, fans tersebut selamat dari upaya bunuh dirinya.

Sunday Bloody Sunday - U2

Lagu rock yang terinspirasi dari kejadian nyata selanjutnya adalah salah satu hit milik band rock asal Irlandia, U2, yaitu Sunday Bloody Sunday. Dalam sebuah artikel Rolling Stone tahun 2010, vokalis U2, Bono, merefleksikan inspirasi untuk lagunya tersebut dari peristiwa tragis yang terjadi di kota Derry, Irlandia pada pagi hari 30 Januari 1972. 

Di tengah-tengah "The Troubles," konflik etno-nasionalis di Irlandia Utara yang berlangsung selama empat dekade, pasukan Angkatan Darat Inggris menembaki sekelompok pemrotes hak-hak sipil yang tidak bersalah dan tidak bersenjata, menewaskan 14 di antaranya, termasuk tujuh remaja. Peristiwa ini dikenal sebagai "Bloody Sunday" dan menjelma di dalam lagu U2 dengan nama yang hampir sama.

A Day In The Life - The Beatles

The Beatles memang dikenal punya segudang lagu yang terinspirasi dari berbagai hal. Salah satu lagu rock dari The Beatles yang terinspirasi dari kejadian nyata yaitu lagu berjudul A Day in the Life. Lagu ini terinspirasi oleh kecelakaan mobil yang tragis.

Dalam biografi karya Hunter Davies, John Lennon menjelaskan bahwa lirik pertama lagu itu, yang dimulai, “I read the news today oh boy/About a lucky man who made the grade” adalah tentang kematian Tara Brown, seorang sosialita London, pewaris kekayaan bir Guinness serta teman dari personil The Beatles dan Rolling Stones. Brown mengendarai mobil sport-nya dengan kecepatan tinggi, dan diduga gagal melihat perubahan lampu merah sehingga bertabrakan dengan truk yang diparkir. Dia meninggal karena luka-lukanya pada hari berikutnya.

Jeremy - Pearl Jam

Lagu rock selanjutnya yang terpinspirasi dari kejadian nyata yaitu single dari jagoan grunge di medio 90-an, Pearl Jam. Salah satu lagu rock dari Pearl Jam berjudul Jeremy, ditulis berdasarkan seorang bocah laki-laki berusia 15 tahun bernama Jeremy yang menembak dirinya sendiri di depan teman-teman sekelasnya, di sebuah sekolah menengah Texas pada tahun 1991.

Frontman Pearl Jam, Eddie Vedder, langsung menulis lagu setelah membaca kejadian tersebut di sebuah artikel surat kabar. Seperti ceritanya, bocah itu meninggalkan kelas, kembali dengan sebuah revolver .357 Magnum, berjalan ke depan kelas, memasukkan laras pistol ke dalam mulutnya dan menarik pelatuknya. Lirik berulang "Jeremy spoke in class today" adalah metafora yang menyinggung fakta bahwa teman sekelas Jeremy menggambarkannya sebagai bocah yang pendiam. 

Catching Fire: Sum 41

Lagu rock selanjutnya yang terinpirasi dari kejadian nyata adalah tembang milik unit punk rock asal Kanada, Sum 41, berjudul Catching Fire. Lagu rock yang baru saja dirilis ulang oleh Sum 41 pada Mei lalu untuk memperingati Mental Health Awareness Month ini memang terinspirasi dari kejadian nyata yang dialami sang vokalis, Deryck Whibley.

Lagu ini ditulis Deryck tentang istrinya, Ari Whibley, yang pernah melakukan percobaan bunuh diri pada 2013 silam. Sum 41 berharap dengan dirilisnya lagu ini pada Mental Health Awareness Month bisa menarik perhatian untuk pencegahan bunuh diri dan mematahkan stigma negatif soal kesehatan mental.

Wake Me Up When September End: Green Day

Lagu rock berikutnya yang terinspirasi dari kejadian nyata adalah hits dari salah satu veteran punk rock, Green Day. Lagu rock ini bercerita tentang rasa kehilangan Billie Joe atas meninggalnya sang ayah akibat penyakit kanker di bulan September tahun 1982. Kejadian ini terjadi ketika Billie Joe masih berusia 10 tahun yang membuatnya mengalami guncangan jiwa yang sangat besar.

Rasa tidak percaya serta luka yang mendalam membuat Billie Joe mengunci dirinya di dalam kamar saat prosesi pemakaman ayahnya berlangsung. Kalimat “wake me up when september ends” merupakan kalimat yang dirinya lontarkan untuk menjawab panggilan ibunya yang mengharapkan Billie Joe untuk keluar dari kamarnya. Penggalan lirik, “Like my father's come to pass. Seven years has gone so fast.” menggambarkan jarak waktu dari meninggalnya sang ayah dan sesaat Green Day dibentuk di tahun 1989.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS