Lagu Terbaik 2020 di Ranah Rock Versi Billboard

Lagu Terbaik 2020 di Ranah Rock Versi Billboard

  • By:
  • Minggu, 16 May 2021
  • 291 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tahun 2020 berjalan dengan suasana kelam akibat pandemi COVID-19 dengan banyaknya sektor yang terkena imbas, termasuk industri musik. Ada banyak musisi global yang terdampak dan membuat banyak produksi hingga agenda musik terganggu.

Perlahan dengan pasti, industri musik mencoba bangkit di tengah situasi pandemi dengan munculnya musik-musik baru di tahun 2020, termasuk lahir pula lagu terbaik sepanjang tahun lalu. Musisi dari berbagai genre, termasuk rock tetap berupaya merilis karya baru di tengah keterbatasan ruang dan gerak.

Banyaknya musisi rock yang tetap mencoba membuat lagu terbaik dibuktikan dengan hadirnya media musik seperti Loudwire dan organisasi chart lagu seperti Billboard yang membuat daftar musik terbaik rock di dalam rentang waktu yang beragam.

Baik Loudwire maupun Billboard dianggap sebagai sumber yang cukup kredibel dalam membahas dan menafsirkan lagu terbaik rock sepanjang tahun 2020. Billboard kerap jadi acuan bagi beberapa pihak di industri musik sebagai penentu lagu terbaik rock karena mengambil sampel dari jumlah putar yang ada baik dari radio maupun layanan streaming.

Dengan semakin banyak angka putar dari sebuah lagu, maka lagu tersebut bisa saja dinobatkan sebagai lagu metal terbaik. Selain berdasarkan jumlah putar, tim redaksi mereka juga membuat daftar pilihan lagu terbaik berdasarkan penilaian dan pandangan pribadi untuk menentukan predikat lagu terbaik di ranah rock.

Baca juga: 7 Lagu Soundtrack Film dari Band Metal dan Rock

Begitu pula dengan Loudwire, media musik cadas tersebut mengambil acuan lagu terbaik berdasarkan penilaian pihak redaksi dalam menghadirkan predikat lagu terbaik. Perlu diingat bahwa kalian bisa saja tidak setuju dengan penilaian yang datang dari Billboard maupun Loudwire, mengingat musik adalah selera yang tidak bisa diperdebatkan.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk menambah khasanah dan referensi lagu terbaik di ranah rock dengan mengetahui daftar lagu metal terbaik dari mereka.

Machine Gun Kelly: Bloody Valentine

Daftar lagu terbaik di rock menurut Billboard yang pertama adalah karya dari Machine Gun Kelly, Bloody Valentine. Lagu yang dirilis pada 1 Mei 2020 ini masuk sebagai nomor di album kelima MGK, Tickets to My Downfall.

Dengan bantuan drummer Blink-182, Travis Barker, MGK dinilai sukses membawakan lagu pop-punk dengan riff gitar yang kuat. Lagu terbaik versi Billboard ini meraih penghargaan Best Alternative di MTV Video Music Awards.

Beabadoobee: Care

Penyanyi berdarah Inggris-Filipina ini dinilai Billboard punya lagu terbaik dengan single berjudul Care. Dirilis pada Juli 2020, Beadbadoobee mengahdirkan nuansa alt-rock tahun 90-an pada lagunya kali ini.

Pola musik yang tenang kemudian keras, lalu tenang kembali menunjukkan kecintaan Beabadoobee pada era grunge. Tetapi berkat nada vokalnya yang terdengar lembut namun menggigit, Care tidak sepenuhnya bernuansa nostalgia, melainkan diberikan sentuhan masa kini.

The 1975: Me & You Together Song

Matty Healy dan The 1975 menghadirkan nuansa nostalgia dan retro dari musik soft rock tahun 1990-an di lagu Me & You Together Song. Meski punya tema besar sebuah pernyataan cinta bertepuk sebelah tangan, kritikus musik memberi nilai positif pada produksi musik bernuansa nostalgia, lirik yang menyentuh hati, dan musik yang lebih berorientasi rock.

Nuansa retro kian terasa kental di lagu terbaik versi Billboard ini setelah video musik Me & You Together Song dirilis pada Februari tahun lalu. Difilmkan dalam gaya retro yang mengingatkan pada video musik tahun 1990-an, itu termasuk penghormatan terhadap budaya 1990-an seperti CD campuran, boombox, Converse, kamar yang ditutupi poster band, dan kaos retro.

All Time Low: Monsters

Daftar lagu terbaik dari Billboard menyelipkan veteran punk, All Time Low, dalam karyanya mereka berjudul Monsters. Berkolaborasi dengan musisi Amerika Serikat, Blackbear, All Time Low merilis lagu tersebut pada April 2020.

Lagu terbaik versi Billboard ini menjadi lagu pertama All Time Low yang berada di nomor satu tangga lagu Alternatif Airplay Billboard dan bertahan selama 18 minggu. Ini menjadi lagu dengan posisi tertinggi milik All Time Low di Billboard Hot 100.

Deftones: Ohm

Sebagai salah satu band hard rock yang punya karier cemerlang dan bertahan lama, Deftones disebut berhasil menghadirkan karya segar setiap merilis album baru. Termasuk di album Ohms yang dirilis pada September 2020. Lagu penutup album ini yang juga berjudul Ohms, disebut sebagai salah satu lagu terbaik di rock rilisan 2020.

Secara musikalitas, Deftones disebut kembali dengan core alternative metal di lagu dan album Ohms. Di album dan lagu-lagu ini pula pertama kalinya sang gitaris, Stephen Carpenter, menggunakan gitar sembilan senar.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS