Lamb of God dan Fever 333 Berkolaborasi Mainkan Lagu Bad Brains

Lamb of God dan Fever 333 Berkolaborasi Mainkan Lagu Bad Brains

  • By:
  • Senin, 3 May 2021
  • 55 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Bagaimana pun caranya, kreativitas memang perlu terus disalurkan agar tetap mampu menangkap semangat dan inspirasi yang relevan dengan zaman. Luapan emosi dan kreativitas di masa pandemi juga jadi alasan bagi Lamb of God ketika mereka merilis sebuah live quarantine video. Live quarantine video garapan Lamb of God ini ditayangkan melalui kanal Youtube band metal asal Amerika Serikat tersebut. Salah satu penampilan yang terekam dan terunggah adalah ketika Lamb of God melakukan cover salah satu lagu klasik milik Bad Brains, yaitu I Against I.

Keinginan Lamb of God untuk melakukan cover lagu klasik dari Bad Brains tersebut diketahui sudah ada sejak 20 tahun lalu. Setidaknya itu yang diungkapkan oleh Randy Blythe, vokalis di dalam unit Lamb of God. Keinginan tersebut hadir ketika Lamb of God sedang berkemah bersama sebagai salah satu ritual untuk mempererat hubungan di antara para anggota band. Kala itu Mark Morton dan Randy Blythe sedang duduk di bagian belakang mobil jip rekannya, mengitari kawasan pegunungan sambil mendengarkan lagu Bad Brains. Mark Norton menengok ke arah Randy Blythe yang sedang menyanyikan lagu tersebut langsung menyarankan untuk membawakan kembali lagu tersebut dengan sentuhan Lamb of God. Akhirnya keinginan tersebut bisa tercapai di tahun 2021 ini.

Proses cover lagu dan rekaman dilakukan secara terpisah. Setiap anggota Lamb of God memainkan dan merekam lagunya di kediaman masing-masing. Sekaligus juga ketika menyiarkan sesi live performance mereka secara virtual. Pada penampilan cover lagu I Against I, Lamb of God juga mengajak Jason Aalon Butler dari Fever 333 sebagai tamu dari acara virtual tersebut. Randy Blythe mengakui bahwa dirinya belum pernah mengetahui tentang Fever 333 sebelum akhirnya menonton penampilan mereka secara live di Sonic Temple Fest 2019. Saat itu, Lamb of God juga hadir sebagai pengisi acara di festival tersebut. Randy Blythe mengakui bahwa dirinya cukup kagum dengan apa yang ditawarkan oleh Fever 333. 

Vokalis Lamb of God tersebut merasa Fever 333 layaknya sebuah kelompok musik dengan pengalaman yang panjang. Padahal Fever 333 baru terbentuk di tahun 2017. Selain itu, Randy Blythe juga merasa bahwa Fever 333 memiliki energi yang cukup besar. Energi yang dipancarkan oleh Fever 333 memberikan kesan nostalgia dengan skena punk 80-an yang sempat menghiasi masa muda vokalis Lamb of God tersebut. Dengan semangat dan energi tersebut, akhirnya Lamb of God memutuskan bahwa Jason Aalon Butler dari Fever 333 memiliki kriteria yang pas untuk ikut serta memainkan lagu cover I Against I milik Bad Brains. Setelah menelisik lebih jauh, Jason Aalon Butler memang tidak asing dengan skena musik punk di tahun 80-an. Selain itu, Jason Aalon Butler juga sebelumnya sudah bermusik secara profesional sejak tahun 2002 bersama Letlive.

Dalam membawakan lagu cover Bad Brains, Lamb of God juga menyatakan bahwa mereka perlu terlebih dahulu izin kepada Darryl Jenifer, pemain bass di dalam tubuh Bad Brains. Selain itu, Randy Blythe juga menginformasikan kepada Darryl Jenifer bahwa lagu Bad Brains yang dipilih oleh Lamb of God juga akan dinyanyikan oleh Jason Aalon Butler dari Fever 333. Vokalis Lamb of God tersebut memberi saran agar Darryl Jenifer mau mencari tahu tentang Fever 333. Persetujuan dari Bad Brains sangat diperlukan bagi Lamb of God dan juga bagi pribadi Randy Blythe. Pasalnya Bad Brains merupakan band favorit sepanjang masa dari vokalis Lamb of God tersebut. 

Di dalam acara virtual garapan Lamb of God tersebut, Jason Aalon Butler mewakili Fever 333 juga mengucapkan rasa terima kasihnya terhadap undangan yang diberikan. Jason Aalon Butler juga merasa bangga karena bisa ikut menjadi bagian dari inisiasi musik Lamb of God meskipun digelar secara virtual. Jason Aalon Butler juga mengakui bahwa dapat kenal dan bekerja sama dengan band sekaliber Lamb of God merupakan sebuah kehormatan. Apalagi jika mengingat kejadian di Sonic Temple Festival, di mana Lamb of God menonton hampir satu set penampilan dari Fever 333. Hal tersebut tidak akan bisa terlupakan dari sejarah perjalanan karier Fever 333 tentunya.

Meskipun tahun 2020 seluruh kegiatan Lamb of God harus terhenti akibat pandemi, setidaknya mereka mengakui cukup bersyukur karena bisa merilis album kesepuluh mereka meski di dalam kondisi karantina. Album kesepuluh yang dirilis oleh Lamb of God pada bulan Juni 2020 tersebut dianggap sebagai salah satu album yang cukup spesial dalam diskografi Lamb of God. Pasalnya, dalam menggarap album ini, Lamb of God secara 100 persen hanya memasukan materi-materi lagu baru. Hal tersebut terakhir kali dilakukan oleh Lamb of God pada 2015 silam untuk album VII: Sturm und Drang. Album kesepuluh Lamb of God ini juga menjadi karya pertama yang dirilis untuk pemain drum anyar, Art Cruz, menggantikan posisi Chris Adler yang memutuskan untuk keluar dari Lamb of God di tahun 2019 lalu. Lamb of God juga kembali lagi berkolaborasi bersama Josh Wilbur yang sudah sejak lama berperan sebagai produser untuk album-album Lamb of God sejak tahun 2006. Album self titled dari Lamb of God ini hadir dalam versi deluxe, dilengkapi dengan sebuah DVD yang menayangkan penampilan live streaming dari Lamb of God di masa pandemi tahun 2020 lalu.

Image courtesy of Travis Shinn

0 COMMENTS