The Rang Rangs

Langen Srawa Lepas Karya Terbaru The Rang-Rangs dan High Therapy

  • By: NND
  • Kamis, 18 April 2019
  • 191 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Perhelatan Record Store Day (RSD) kemarin dianggap sebagai sebuah momentum yang tepat untuk melantangkan rilisan fisik, begitu adanya bagi sejumlah musisi dan label rekaman. Mengapa tidak? RSD merupakan sebuah perayaan para pecinta rilisan fisik yang mengumpulkan seluruh sosok yang terlibat didalamnya. Dalam perayaan tiap bulan April ini, banyak musisi dan label rekaman yang ikut menerjang ombak keseruan tersebut dan merilis materi baru.

Terbukti demikian jika melirik Langen Srawa Records, label indie asal Tangerang. Pada RSD 2019 ini, Langen Srawa melepaskan rilisan terbaru milik dua band yang berada di bawah naungan mereka. The Rang-Rangs, dan juga High Therapy; keduanya merilis materi-materi baru mereka—dimana The Rang-Rangs melepas single berjudul "Sejuknya Mobil Bapakmu", sedangkan High Therapy dengan 16 to 18 EP.

“Kami memanfaatkan RSD sebagai momen yang tepat untuk merilis single. Semua perhatian pecinta musik sedang terpusat pada perhelatan ini”, terang Mika—sosok dibalik bass dan juga vokal dalam The Rang Rangs, band punk rock dari Bekasi.

Selain single “Sejuknya Mobil Bapakmu”, album tersebut juga turut menyuguhkan dua buah lagu b-side yang direkam secara live.

Setelah menempuh penggarapan selama dua tahun, ahkirnya album ini menemukan waktu yang tepat untuk dilepas kepada umum. “Sejuknya Mobil Bapakmu”—trek yang mengambil sorotan utama dari keutuhan album ini—merupakan sebuah lagu yang bercerita tentang pengalaman pribadi Miko (gitar, vokal). Pengalaman yang berujung dengan dirinya yang menjadi bahan tertawaan teman-teman se-bandnya. Diabadikannya menjadi sebuah lagu merupakan gestur untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

Dalam menyusunnya, band yang digawangi oleh Mika, Miko, dan Raka ini turut menyertakan bantuan dari Haryo Widi (Tarrkam) sebagai juru rekaman hingga mixing. Koe Hok Laji dirangkul sebagai juru mastering. Ada juga peran Allfi Prakoso sebagai juru kamera dan Nauval sebagai ilustrator. Tak ketinggalan, Jimi Multhazam (The Upstairs, Morfem) juga hadir dan bertindak sebagai produser.

Selain The Rang-Rangs, High Therapy—asal Tangerang—juga lepaskan rilisan terbaru mereka yang berbentuk EP. Rilisan tersebut dijadikan langkah awal dari perjalanan mereka di tahun 2019 ini.

“Album EP 16 to 18 menceritakan bahwa lagu-lagu di dalamnya diproduksi sejak tahun 2016 hingga tahun 2018. Kami pun menganalogikan High Therapy sebagai seorang manusia. Ia mungkin baru saja berumur 16 atau 18 tahun. Pada fase inilah, remaja cendurung dalam kondisi emosi yang tidak stabil. Semangat yang membabi-buta malah menghasilkan kecerobohan. Namun disisi lain, ada pelajaran. Pada masa itu pula, kami memulai pembelajaran kami,” jelas Chairul Bari, penggebuk drum dan juga vokal dari High Therapy.

Tersemat kisah unik (atau tragis) dalam penggarapan EP ini. Sesungguhnya, High Therapy sudah menyiapkan sekitar 30 materi untuk dipilah dan dirangkum, namun naasnya hardisk yang menyimpan materi-materi tersebut rusak. Lagu-lagu yang dapat didengarkan didalam EP ini merupakan materi yang bisa diselamatkan sebelum hardisk tersebut rusak total.

Duo musik dub psikadelia yang berisikan Harajadit dan Bairrul ini merangkul Tuan Tigabelas dalam trek “School of Hard Knock” dan DJ Cruzzy dalam “Sin Nation”. Jovian Fraaije ditunjuk untuk menggarap kllip musiknya. Sebagian besar karya lainnya hanya dikerjakan mereka berdua.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
325 views
superbuzz
179 views
superbuzz
310 views
superbuzz
447 views