Langkah Health Menggubah Lagu dari Band Punk Papan Atas

Langkah Health Menggubah Lagu dari Band Punk Papan Atas

  • By:
  • Selasa, 9 March 2021
  • 275 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Masuk ke dalam kategori noise rock, Health sebenarnya merupakan sebuah band experimental rock asal Amerika Serikat yang karya-karyanya hampir sulit dimengerti oleh para pendengarnya. Namun dalam waktu yang sama, karya yang dirilis oleh Health juga dianggap sebagai karya musik hasil paduan seni yang menarik. Meskipun dikenal sering menulis lagu yang sulit diterima nalar, Health juga beberapa kali sempat meluncurkan proyek-proyek musik yang mengarah kepada konsumsi publik secara umum. Untuk proyek tersebut, kerap kali Health merilis single remix dan di 2021, Health kembali menghadirkan musik untuk proyek remix tersebut.

Band yang dibentuk di tahun 2005 ini baru saja merilis sebuah lagu remix dari sebuah band punk rock kawakan, Rise Against. Health memilih lagu terbaru dari Rise Against yang diperkenalkan pada bulan September lalu berjudul Broken Dreams Inc. untuk keperluan proyek remix band experimental rock tersebut. Meskipun Rise Against tidak memiliki peran dalam proses produksi dari single remix yang baru saja dirilis oleh Health, namun Tim McIlrath, selaku frontman dari band punk rock tersebut mengaku cukup terkesan dengan hasil akhir dari lagu yang digubah tersebut.

Dalam proyek remix dari lagu Broken Dreams Inc. ini, Health terkesan mengubah hampir seluruh aspek dari lagu Rise Against tersebut. Pertama yang cukup kentara adalah perubahan dinamika lagu sebelumnya yang memiliki tempo cepat, menjadi lagu dengan beat yang mengayun seakan menghadirkan kesan hipnotis bagi para pendengarnya. Karakteristik beat yang mengayun memang salah satu ciri khas yang identik dengan musik electronic body music atau EBM yang juga merupakan langgap yang ada di dalam tubuh Health. Tim McIlrath juga menyatakan bahwa proyek remix yang dilakukan oleh Health ini seperti sebuah proses rekonstruksi tubuh. Pasalnya, dari musik yang dirilis, Health tidak hanya terdengar mencoba untuk mengubah tatanan musiknya, tapi juga menambahkan elemen-elemen lain yang menjadikan lagu Broken Dreams Inc. ini jadi sebuah entitas baru. 

Selain merilis proyek musik baru, Health juga kerap kali hadir mengisi beberapa soundtrack untuk keperluan video game. Di tahun 2020, Health juga terpilih menjadi salah satu musisi yang diperkenankan untuk menyumbangkan musiknya untuk jadi soundtrack Cyberpunk 2077. Selain Health, musisi yang juga ikut serta dalam proyek soundtrack tersebut di antaranya adalah Grimes, Sophie, Shygirl, Nina Kraviz, Rosa Walton, hingga Run The Jewels. Sejarah terkait kolaborasi Health dengan soundtrack video game sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2012. Kala itu, Health ikut serta untuk mengisi soundtrack game Max Payne 3 garapan Rockstar Games. Dalam proyek untuk Max Payne 3, penata musik untuk game tersebut, Ivan Pavlovich secara personal menginginkan Health untuk ikut bagian dalam proyek tersebut. Ivan Pavlovich merasa bahwa karya-karya eksperimental yang dilakukan oleh Health mampu menghadirkan kesan suspense dan thriller yang ideal untuk instalasi ketiga dari franchise Max Payne dalam ranah video game tersebut. 

Sedikit sejarah tentang band experimental rock asal Amerika Serikat ini, dibentuk oleh

Benjamin Jared Miller, Jake Duzsik, John Famiglietti, dan Jupiter Keyes, keempat personel tersebut menginginkan sebuah nama band yang diambil dari kata sehari-hari. Oleh karena itu, kata “health” yang berarti kesehatan dalam bahasa Indonesia dipilih menjadi nama band ini sejak tahun 2005 hingga saat ini. Meskipun telah berdiri dan bermusik sejak tahun 2005, nyatanya Health baru berhasil mendapatkan pengakuan secara popularitas di tahun 2007. Pencapaian tersebut lahir berkat Health yang baru saja merilis sebuah single berjudul Crimewave. Lagu tersebut merupakan sebuah proyek musik remix yang dilakukan oleh Health untuk lagu milik Crystal Castles dengan judul yang sama. Popularitas yang lambat laun berkembang sejak rilisnya lagu tersebut, membuat Health percaya diri untuk merilis album perdananya di tahun yang sama. Mengambil judul album dari nama band mereka sendiri, Health memutuskan untuk merilis album perdananya melalui sebuah label rekaman independen, Lovepump United.

Untuk memaksimalkan eksperimen yang jadi ciri khas Health, band ini memilih untuk merekam materi album mereka di luar studio rekaman. Health memilih sebuah tempat bernama The Smell yang dikenal sebagai sebuah tempat sakral bagi para penggiat musik eksperimental di kawasan Los Angeles. Health mengakui bahwa tidak mudah untuk merekam seluruh lagu untuk album perdananya di tempat tersebut. Terutama untuk aspek akustiknya. Namun, Health merasa dengan memilih The Smell sebagai tempat rekaman, mereka mendapatkan pengalaman serta ilmu yang berharga untuk memahami lebih mendalam tentang langgam musik yang ingin mereka buat. Satu tahun setelah album perdana tersebut rilis, Health pun melengkapi proyek musik perdananya dengan merilis sebuah album remix yang diambil dari materi album perdananya tersebut. Album remix ini berjudul Health//Disco.

Selanjutnya di tahun 2009, Health pun kembali merilis album kedua dan masih bekerja sama dengan Lovepump United. Album kedua Health ini diberi judul Get Color. Dalam mempromosikan album keduanya tersebut, Health mengadakan sebuah kontes undian di mana pemenangnya akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah perjalanan gratis menuju Six Flags Magic Mountain bersama Health. Selain itu, Health juga menghadiahkan sebuah merchandise yang berasal dari rambut para anggota band yang terikat menyatu serta tanda tangan dari darah. Album kedua dari Health tersebut ternyata cukup menarik banyak perhatian pendengar musik di pasaran. Hingga saat ini Health hanya memiliki 4 buah album dalam diskografinya. Terakhir kali Health merilis album adalah Vol. 4: Slaves of Fear yang dirilis pada tahun 2019.

Image courtesy of Health

0 COMMENTS