chuck d woody guthrie awards

Lantang Bersuara, Chuck D Terima Penghargaan Woody Guthrie

  • By: NND
  • Kamis, 24 October 2019
  • 327 Views
  • 10 Likes
  • 9 Shares

Telah beredar kabar membanggakan terkait Carlton Ridenhour. Chuck D—akrabnya dipanggil—merupakan seorang rapper ikonik dari grup rap legendaris Public Enemy yang kemarin sempat membuat “Jakarta rage again” melalui penampilan apiknya di atas panggung Hodgepodge Superfest 2019 bersama Prophets of Rage.

Setelah sebelumnya berhasil masuk ke dalam Rock & Roll Hall of Fame di tahun 2013 bersama dengan Public Enemny, sekarang Chuck D resmi dianugerahi penghargaa Woody Guthrie Prize dalam gelaran di tahun 2019-nya ini, dilansir dari Variety.

Penghargaan Woody Guthrie ini diberikan kepada musisi-musisi yang berani speak up dan melantangkan suara tentang mereka yang tertindas.

Dengan begitu, Chuck D resmi menjadi penerima penghargaan Woody Guthrie yang ke-6. Adapula nama-nama para penerima sebelumnya, yakni Pete Seeger, Mavis Staples, John Mellencamp, Norman Lear, dan Kris Kristofferson.

Dean McCloud selaku direktur Woody Guthrie Center angkat bicara terkait penganugerahaan Chuck D. Beliau menyatakan, “Woody adalah seorang pejuang yang memperjuangkan masyarakat, dan pesan Chuck D secara konsisten berjalan paralel dengan Woody: Pilihlan di mana kalian berpihak lalu berjuanglah untuk dunia yang lebih baik.”

“Kita sangat bangga untuk bisa menyikapi apa yang sudah Chuck lakukan melalui musiknya—melalui pekerjaan dan kata-katanya—yang menyorot isu-isu sosial dan kultural yang memang perlu dihadapi. Ia juga mengajak kita untuk beraksi dan meminta keadilan. Kita tahu betul bahwa di atas sana, mendiang Woody akan bernyanyi bersama Chuck saat tengah ia melantangkan kenyataan,” sambungnya sembari menutup.

Chuck D memang dikenal sebagai seorang yang kritis dan selalu bersikap aktif melawan ketidakadilan. Narasi yang ia muatkan dalam karya-karyanya acap kali berbicara tentang perlawanan terhadap penindasan—apapun itu bentuknya, dan siapapun itu pelakunya. Salut!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
42 views
superbuzz
303 views
superbuzz
287 views
superbuzz
377 views
superbuzz
707 views
superbuzz
163 views