Layanan Streaming Youtube Music Resmi Diluncurkan

  • By: NTP
  • Kamis, 24 May 2018
  • 1207 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

YouTube akhirnya resmi meluncurkan layanan streaming musik digital berlangganan pada 22 Mei lalu. YouTube Music akan diluncurkan di wilayah Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru dan Meksiko. Wilayah lain akan menyusul dalam waktu dekat.

Seperti layanan musik digital lainnya, YouTube Music hadir dalam versi browser dan mobile, memiliki fitur playlist, katalog berisi jutaan lagu, serta fitur bebas iklan dan mode offline bagi pelanggan premium. Layanan ini juga akan memuat video klip dan konten resmi dari band/musisi dalam katalognya.

“Saya rasa industri musik merespon ini dengan antusias, karena salah satu ketakutan di industri ini adalah pada suatu hari nanti hanya tersisa dua distributor,” ujar  kepala divisi musik global YouTube, Lyor Cohen pada Rolling Stone.

“Kami mencoba membangun jembatan penghubung dan menjalin kemitraan dengan para label. Pesan mereka buat kami jelas; mereka ingin kami ada dua bisnis sekaligus yaitu periklanan dan jasa langganan. Mereka yakin masa depan bisnis kami akan dimotori dua mesin tersebut,” sambungnya. 

Sementara itu kepala divisi produk musik YouTube, T. Jay Fowler, menyatakan bahwa YouTube Music akan menggantikan layanan Google Play Music. Secara otomatis, pelanggan layanan tersebut dapat mengakses layanan YouTube Music. Kedua layanan tersebut dikabarkan akan melaksanakan merger dalam waktu dekat.

Menurut Fowler, YouTube Music menargetkan para pendengar musik yang belum berlangganan layanan musik digital. Target lainnya adalah pengguna rutin YouTube yang ingin memusatkan perpustakaan video, musik dan konten mereka dalam satu layanan. Walau YouTube dan YouTube Music merupakan layanan berbeda, keduanya saling berbagi data dan sejarah pengguna.

0 COMMENTS

Info Terkait