Led Zeppelin Kembali Tersandung Kasus ‘Stairway To Heaven’

  • By: NTP
  • Rabu, 3 October 2018
  • 1245 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Di tengah perayaan ulang tahun emas, Led Zeppelin kembali tersandung masalah hak cipta. Kali ini kasus tuduhan plagiat di nomor seminal, “Stairway To Heaven,” kembali dibuka.

Pada 2016 lalu, pengadilan federal Los Angeles, AS, memutuskan bahwa Led Zeppelin tidak terbukti memplagiat riff dari lagu “Taurus” karya band Spirit.

Baru-baru ini, panel berisi tiga hakim dari US Circuit Court Of Appeals kesembilan di San Fransisco telah membulatkan putusan bahwa hakim di tingkat yang lebih rendah telah melakukan kesalahan instruksi terhadap regu juri.

Putusan tersebut menyebabkan kasus “Stairway To Heaven” harus kembali menjalani persidangan. Saat melakukan pertimbangan pada pengadilan sebelumnya, ternyata lagu “Taurus” tidak diperkenankan untuk diputar.

Sementara itu, hakim yang bertugas telah menyatakan bahwa elemen-elemen musik umum seperti “skala kromatik descending, arpeggio atau rentetan pendek tiga notasi” tidak dilindungi di bawah undang-undang hak cipta.

Tuntutan pada kasus ini pertama kali dilayangkan pada 2015 lalu oleh pewaris gitaris Spirit, Randy Wolfe yang telah meninggal di tahun 1997. Gitaris Jimmy Page dan vokalis Robert Plant telah bersaksi di pengadilan dan menyatakan tidak mencomot riff  “Taurus.”

Tim kuasa hukum Led Zeppelin sejauh ini belum merilis pernyataan apapun mengenai perkembangan kasus ini.

Kuasa hukum hak waris Wolfe, Francis Malofiy menyatakan putusan terbaru yang dikeluarkan membuktikan pertarungan di meja hijau sebelumnya “tidak berjalan adil.”

Pada 2018, Led Zeppelin tengah merayakan ulang tahun ke-50. Kuartet ini dibentuk di tahun 1968 oleh Page, Plant, John Paul Jones (bassis/kibordis) serta dramer John Bonham. Mereka merilis album perdana Led Zeppelin pada 1969, kemudian merilis tujuh album sebelum membubarkan diri di tahun 1980.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
35324 views
superbuzz
1022 views
superbuzz
1928 views