LED ZEPPELIN: Tuntutan Atas Hak Cipta ‘Stairway To Heaven’ Terus Berlanjut

  • By: NTP
  • Senin, 20 March 2017
  • 2732 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Pertarungan hak cipta lagu “Stairway to Heaven” kini bergulir ke Pengadilan Banding Federal Amerika Serikat (Federal Court of Appeals). Pewaris dari penulis lagu “Taurus” oleh Spirit, yang mengklaim intro “Stairway to Heaven” menjiplak lagu tersebut, coba membuktikan plagiarisme yang dituduhkan dengan mengajukan banding ke Pengadilan Banding Federal Amerika Serikat.

Sebelum banding tersebut diajukan pada 15 Maret, pada sesi pengadilan bulan Juni lalu, para juri menyatakan bahwa Led Zeppelin tidak mencuri intro “Stairway to Heaven” dari Randy Wolfe (gitaris dan vokalis Spirit). Walau para juri yakin bahwa Jimmy Page (gitaris Led Zeppelin) dan Robert Plant (vokalis Led Zeppelin) pernah mendengar “Taurus”, lagu yang diklaim telah dijiplak Led Zeppelin, mereka menyatakan dua lagu tersebut tidaklah serupa secara substansial.

Pengacara penuntut, Francis Malofiy, dalam berkas sepanjang 90 halaman yang dilampirkan Kamis, 15 Maret, berpendapat bahwa Page jelas-jelas meniru “Taurus” ketika menulis intro “Stairway to Heaven”. Menurut Malofiy, para juri menyatakan bahwa secara substansial tidak sama karena kesalahan pembuktian dan petunjuk yang keliru.

“Kesalahan terpenting dari kasus ini adalah pengadilan tidak mengizinkan para juri mendengar keseluruhan komposisi “Taurus” yang ditiru dalam rekaman suara yang dimiliki Jimmy Page secara lengkap. Alih-alih mereka justru membatasi perbandingan keduanya hanya sampai outline di replika deposit lead sheet komposisi ‘Taurus’,” tulis Malofiy.

Masalah-masalah demikian sangatlah umum bagi musik yang direkam sebelum pertengahan 70-an. Setelah era itu, pemerintahan federal mulai mengakui perlindungan terhadap hak cipta lagu ketimbang materi yang hanya ditulis di atas music sheet.

Kedua hal tersebut: petunjuk juri dan isu penggunaan rekaman musik, kontra penggandaan sheet music yang disimpan dalam Lembaga Hak Cipta Amerika Serikat (U.S. Copyright Office) sebagai bukti, adalah inti dari keputusan kontroversial lainnya, yaitu pengabulan banding “Blurred Lines”. Lagu hit tersebut terbukti melanggar hak cipta atas karya Marvin Gaye, yang akhirnya “menghadiahi” jutaan dollar pada pewaris Gaye.

“Pengadilan sudah tepat dengan mengecualikan hasil rekaman ‘Got to Give It Up’, tapi kesalahan pengadilan adalah mengizinkan para pakar Gaye untuk bersaksi tentang rekaman tersebut, termasuk membiarkan mereka memainkan instrumen mereka berdasarkan beberapa bagian dari rekaman tersebut,” jelas pengacara Robin Thicke and Pharrell Williams.

Banding tersebut bahkan mengutip putusan kasus “Stairway to Heaven”, berpendapat bahwa langkah pengadilan mengabaikan blok bangunan musik yang tak dilindungi undang-undang hak cipta.

Sementara Malofiy tidak setuju, menurutnya pengadilan telah membuat kesalahan karena tidak menjelaskan pada para juri bahwa “kombinasi elemen lain yang tidak dilindungi (undang-undang) bisa juga mendapat perlindungan.”

Malofiy juga berargumen bahwa pengadilan tidak memberikan cukup petunjuk tentang aturan perbandingan terbalik, yang menyatakan bahwa semakin tingginya tingkat akses terhadap suatu karya, terbukti merendahkan kemungkinan pembuktian kesamaan substantif.

“Akses dan kesamaan substansial berhubungan erat dengan satu sama lain, tetapi para juri diminta untuk menentukan suatu putusan tanpa petunjuk penting yang mengambarkan hubungan tersebut,” jelas Malofiy.

Dengarkan dua lagu tersebut di bawah ini. Menurut kamu apakah "Stairway to Heaven" memang menjiplak "Taurus"?

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
11138 views
superbuzz
818 views