THE MISFITS: LEGENDA HORROR PUNK

  • By: ERA
  • Sabtu, 22 October 2016
  • 4877 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Mendekati Halloween, sudah jadi kewajiban buat SuperMusicID membahas salah satu band paling legendaris di skena musik Horror Punk - The Misfits. Sudah tidak ada lagi yang meragukan status legendaris dari band asal New Jersey US ini. Tidak ada band yang melebur elemen Horor dan Punk Rock dengan sempurna seperti Misfits. Formasi awal Glenn Danzig (vokal), Jerry Only (bass), Doyle Wolfgang Von Frankenstein (gitar) adalah formasi klasik yang melahirkan album paling berpengaruh seperti Walk Among Us (1982) dan Earth AD (1983).

 

Pengaruh image film Horror B-grade yang dikolaborasikan oleh personil menjadi blue-print untuk band-band yang muncul setelah mereka. Dengan ritme Punk Rock menderu cepat ditemani lirik tentang zombie, mayat, tengkorak hidup dan alien, Misfits mendapat tempat spesial di hati para penggemarnya. Sayangnya formasi klasik ini pecah di tahun 1983.

 

Walaupun kembali diteruskan oleh Jerry Only dan Doyle dengan vokalis dan formasi baru sejak tahun 1995, tapi Misifts tidak pernah bisa menyamai pencapaian artistik ketika pertama kali mereka muncul. Bahkan keduanya sempat terlibat perang legal pengadilan melawan Danzig atas pembagian royalti dan kepemilikan nama The Misfits di tahun 1994.

 

Glenn Danzig sendiri melaju dengan proyek band Samhain yang masih berbau Horor dan lebih Metal, sebelum akhirnya meraih sukses dengan proyek solo Danzig sepanjang dekade 90an. Dengan aktifitas para personil yang terbelah dalam dua karir berbeda, serta permusuhan sengit antara dua kubu membuat keinginan untuk melihat Misfits formasi klasik tinggal mimpi belaka. Ternyata fakta berbicara lain.

 

Di penghujung 2011, Glenn Danzig mengundang gitaris Doyle untuk tampil di beberapa panggung Danzig Legacy Tour. Penampilan keduanya mengundang reaksi positif dari para penonton yang langsung berspekulasi tentang reuni formasi klasik Misfits. Hingga di bulan Mei 2016, tiba-tiba saja diumumkan Danzig, Only dan Doyle akan tampil pertama kali setelah 33 tahun di Riot Fest di Chicago dan Denver awal September tahun ini. Kontan publik Rock seluruh dunia geger. Penantian yang tadinya cuma impian belaka akhirnya menjadi kenyataan.

 

Konser pertama di Riot Fest Denver tanggal 3 September lalu menjadi pembuktian legacy Misfits tidak pernah padam. Ditemani drummer Dave Lombardo (eks Slayer), Misfits menggempur sekitar 10 ribu penonton dengan rentetan track klasik favorit fans. Semua elemen visual juga ditampilkan: logo Crimson Ghost (wajah tengkorak), devil locks ala Doyle dan Only, dan dua buah labu raksasa berbentuk peti mati di kanan kiri panggung. Koneksi antar personil terlihat dinamis, semua terlihat senang sekaligus terkejut dengan mulusnya konser berjalan. Kita lihat apakah roda pergerakan The Misfits sekarang bisa berputar ke arah pembuatan materi lagu baru.

0 COMMENTS

Info Terkait