Squarepusher

Lepas Album Baru, Squarepusher Kembali ke Instrumen Analog

  • By: NTP
  • Selasa, 3 December 2019
  • 209 Views
  • 11 Likes
  • 13 Shares

Tom Jenkinson alias produser drum and bass/braindance Squarepusher akan merilis album terbarunya, Be Up a Hello melalui label gaek, Warp. Kali ini, ia meninggalkan tools dan instrumen digital ke analog vintage yang sempat digunakannya pada awal 90-an.

Be Up a Hello akan dirilis pada 31 Januari 2020, dan sudah memasuki fase pre-order. Dua single perdana album ini, “Vortrack” dan “Fracture Remix” akan dirilis pada 6 Desember.

Tak hanya meninggalkan tools dan instrumen digital, Jenkinson tidak menggunakan perangkat lunak yang ia kembangkan selama 15 tahun belakangan. Software tersebut berhasil membantunya menggarap dua album seperti Ufabulum dan Damogen Furies.

Kali ini Jenkinson kembali menggunakan synthesizer analog, unit efek vintage dan komputer rumahan Commodore Vic20.

Selain perangkat, ia juga mengubah pendekatan dan metode produksinya menjadi lebih bergerak cepat dan spontan. Perangkat analog yang ia pakai menghasilkan materi yang sulit diulang dan dimodifikasi.

Akhirnya, ia juga memanfaatkan mode pencatatan rekaman yang berbeda, yaitu catatan harian. Semua bagian dari lagu diselesaikan terlebih dulu sebelum direkam dan disusun menjadi satu lagu.

Warp bahkan menyebut Be Up a Hello sebagai album “perayaan” yang mempertemukan trek breakbeat seperti “Nervelevers” dan “Terminal Slam” dengan mood atmosferik dan melodik.

Beberapa materi berat di album tersebut, “Vortrack” dan “Mekrev Bass” dapat menggambarkan ketertarikan Jenkinson atas beban psikis yang berlebihan. Tak hanya soal instrumen, hingar-bingar Be Up a Hello adalah tribute bagi kancah rave kampung halamannya, yaitu Essex, Inggris.

Sejak merilis Damogen Furies di tahun 2015, ia juga telah menggarap scoring untuk satu episode program CBeebies berdurasi satu jam.

Jenkinson juga sempat berkolaborasi dengan James McVinnie, yang menghasilkan All Night Chroma. Tak kurang, ia juga membentuk unit jazz eksperimental Shobaleader untuk membawakan nomor-nomor lawas Squarepusher.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
113 views
superbuzz
46 views
superbuzz
56 views
supershow
215 views
superbuzz
216 views