ENTOMBED A.D.: Kalah Dalam Kasus Penggunaan Nama ‘Entombed’

  • By: NTP
  • Selasa, 23 May 2017
  • 3785 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Perseteruan para anggota Entombed perihal kepemilikan nama band akhirnya mencapai titik terang.  Pengadilan Swedish Court of First Instance (Patent and Market Court [PMD] Stockholm District Court) memenangkan gugatan Alex Hellid, Nicke Andersson, dan Uffe Cederlund terhadap vokalis pertama Entombed, Lars-Göran ‘LG’ Petrov, terkait penggunaan nama ‘Entombed’ sebagai merek dagang. Putusan atas kasus yang berjalan beberapa tahun tersebut dijatuhkan pada 17 Mei lalu.

[bacajuga]

“Tentu saja kami senang atas putusan tersebut. Kami sangat lega karena kasus ini akhirnya diputuskan dan sekarang kami bisa memfokuskan diri untuk merekam musik baru atas nama Entombed. Kami sudah mendiskusikan beberapa ide dan rencana kami ke depan. Kami ingin bekerjasama sebaik mungkin untuk menghasilkan karya Entombed terbaik di dalam studio, atau di panggung konser,” pungkas Hellid, Andersson, dan Cederlund yang dilansir oleh Blabbermouth.net.

Hellid dan Petrov sudah terlibat dalam pertarungan di meja hijau untuk penggunaan nama Entombed selama beberapa tahun belakangan. Sebelumnya, Petrov disahkan sebagai pemegang hak nama dagang Entombed yang berhubungan album rekaman dan konser tur. Dalam gugatan tersebut, Hellid gagal mengajukan banding. Ia pun akhirnya mendaftarkan merek dagang bir miliknya dengan nama Entombed.

Keputusan tersebut tidak disetujui oleh Petrov, yang melayangkan surat protes terhadap pendaftaran merek dagang tersebut. Mereka merasa hal tersebut akan tercampur aduk dengan aktivitas Entombed sebagai grup musik. Petrov juga menyatakan bahwa Hellid melakukan hal tersebut atas dasar kecurangan dan upaya membohongi publik. Namun, protes Petrov ternyata ditolak Swedish Patent And Registration Office pada 8 Maret 2016.

Dalam wawancara dengan Revolution-Music.dk, Petrov membenarkan keputusan band-nya untuk merilis album dengan nama Entombed A.D. Hellid tidak ingin Petrov menggunakan nama Entombed, jadi penambahan nama tersebut dilakukan untuk menghindari tuntutan hukum dari Hellid.

“Saya harus melakukan hal itu, karena tanpa album mereka tidak bisa pergi tur. Mereka bisa saja melakukan tur, tapi jarak tujuh tahun dari album terakhir menurut saya terlalu lama. Jadi kami memutuskan untuk melakukan hal-hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh sebuah band: merilis album dan pergi tur, headbang dan bersenang-senang bersama teman-teman," ujar Petrov.

"Terlalu banyak omong kosong, dan keluhan yang konyol. Mungkin beberapa orang lebih nyaman duduk-duduk di rumah, maka biarkanlah kami melakukan apa yang kami suka. Kami hanya menambahkan dua huruf, tapi band ini tetap sama, hanya saja tanpa mereka yang terlalu malas untuk menulis sepatah riff atau merasa lebih baik tinggal di rumah saja,” jelasnya mengakhiri.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
903 views
superbuzz
1390 views
superbuzz
1028 views
superbuzz
1326 views
superbuzz
4345 views
superbuzz
4055 views