Lightcraft Rilis Lagu ‘Light’, Bersiap Menuju Album Keempat

Lightcraft Rilis Lagu ‘Light’, Bersiap Menuju Album Keempat

  • By:
  • Minggu, 18 July 2021
  • 53 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Selama lebih dari satu dekade terakhir band Lightcraft sudah mewarnai jagat industri musik Tanah Air. Kini, band indie-rock itu kembali meluncurkan materi musik baru kepada para pendengarnya.

Diluncurkan pada Jumat (25/6/2021), Lightcraft merilis lagu baru berjudul 'Life'. Di single baru ini, Lightcraft tampaknya mengeksplorasi nuansa khas synth pop era 80an, yakni dengan hadirnya ritme energik dari drum elektronik dan synthisizer.

Mengenai 'Life', lagu tersebut diketahui punya makna personal bagi band berusia 16 tahun ini. Lagu ini hadir sebagai perenungan atas perjalanan band berisikan empat personil itu dan bagaimana mereka berpangku pada harapan untuk melewati semua permasalahan yang dihadapi sebagai sebuah grup musik.

Harapan dalam melalui berbagai kondisi di kehidupan ini lantas menjadi tema besar yang Lightcraft suguhkan melalui single terbarunya ini. “Lagu ini adalah bentuk pengharapan kami secara kolektif, baik sebagai band maupun individu. Di umur yang telah menginjak 30-an, kami tetap ingin membuat perubahan, terus berkarya, dan melakukan hal yang membahagiakan diri kami. Kami percaya harapan itu ada, dan kami ingin hidup dengan terus menggenggam erat harapan di tangan kami”, sambut sang vokalis Lightcraft, Imam Surataruna, melalui rilisan persnya.

"Ini perwujudan dari harapan kami bersama untuk masa depan kami sebagai band dan manusia. Kami akui, karena kami senantiasa berharap, kami ingin hidup dengan penuh harapan," ujarnya.

Untuk kalian yang sudah mengikuti perjalanan Lightcraft sejak lama, musik mereka memang identik dengan style modern dari bernuansa ceria hingga mellow. Banyak dari lagu Lightcraft yang dibalut dengan bebunyian instrumen elektronik.

Lagu 'Life' sendiri dikabarkan merupakan single pertama yang dirilis dari album ke-empat Lightcraft yang akan hadir. Untuk urusan produksi lagu ini, Lightcraft dibantu oleh Iqbal MSSVKNTRL di bangku produser. "Kami menembus batas kami, mencoba hal baru, dan tepat berpikir terbuka. 'Life' adalah sebuah awal," terang gitaris Fari Febrian.

Memadukan lirik yang penuh harapan dan nilai-nilai positif dengan nuansa anthemic yang siap dimainkan di dalam stadion, lightcraft hadir untuk menyebarkan cahaya harapan ke seluruh penjuru bumi melalui setiap notasi dan melodi yang mereka ciptakan.

lightcraft telah menghasilkan beberapa rilisan sejak pertama kali dibentuk pada 2005, termasuk EP pertama “The Modern Seasons” (2006), album debut “Losing Northern Lights” (2008), album kedua “Colours of Joy” (2014), EP kedua “Another Life”, dan album ketiga “Us Is All” (2019).

Mereka baru saja merilis single anyar “Run Away”, berkolaborasi dengan produser asal Singapura DSML, di bulan September 2020. Menerima apresiasi dari dalam dan luar negeri, lightcraft telah menunjukkan kepiawaian mereka dalam menggabungkan musik yang unik dan menarik dengan energi yang luar biasa saat di atas panggung.

Perpaduan istimewa ini telah membawa mereka tampil di berbagai penjuru dunia, mencakup festival-festival musik internasional bergengsi dan panggung-panggung ternama di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, India, Kanada, Amerika Serikat, Rusia, China, Mongolia, dan Britania Raya.

Beberapa festival musik ternama yang pernah mereka sambangi termasuk SXSW, Liverpool Sound City, V-Rox, Taihu Midi Festival, MUSEXPO, Monsoon Music Festival, Big Mountain Music Festival, Bangkok Music City, We The Fest, Canadian Music Week, Indie Week Canada, Music Matters Live, Zandari Festa, Baybeats Music Festival, B Festival, Playtime Festival, SONIK Philippines, dan Sakurazaka Asylum.

Baca juga: lightcraft, Pretty Rico, dan Prince Husein Wakili Indonesia di Festival Virtual SONIK Philippines 2020

Pandemi COVID-19 tidak menghentikan kesempatan musisi-musisi Indonesia untuk mentas pada ajang internasional. Buktinya, ada tiga musisi Tanah Air, salah satunya Lightcraft, yang tetap bisa tampil dalam pentas SONIK Philippines 2020. Pada festival yang berlangsung 15-17 Oktober 2020 lalu itu, unit anthemic indie-rock lightcraft, rapper Pretty Rico, dan penyanyi pop alternatif / songwriter, Prince Husein, menjadi perwakilan Indonesia dengan tampil pada panggung virtual secara live streaming. Ada pula para penampil dari negara lain seperti Singapura hingga Australia.

SONIK Philippines sendiri diprakarsai oleh agensi musik terkemuka asal Filipina, Homonym, dan National Commission for Culture & the Arts (NCCA), sebuah komisi nasional yang mengurusi budaya dan kesenian di negara yang menjadi tuan rumah SEA Games 2019 tersebut.

 

Image source: Instagram/Lightcraft

0 COMMENTS