Lika-Liku OneRepublic dalam Menyambut Album Kelima

Lika-Liku OneRepublic dalam Menyambut Album Kelima

  • By:
  • Jumat, 11 June 2021
  • 230 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sejak tahun 2019, OneRepublic telah mengumumkan bahwa mereka telah siap mengerjakan album kelima untuk menjadi tujuan terbaru dari perjalanan musiknya. Langkah awal OneRepublic dimulai saat mereka merilis single berjudul Rescue Me pada Agustus 2019. Proyek perilisan single untuk penyambutan album baru dijalankan oleh OneRepublic secara lancar. Seusai merilis single perdana untuk album kelima tersebut, OneRepublic langsung mengumumkan bahwa mereka segera merilis single berikutnya berjudul Wanted pada September 2019 yang juga dilanjutkan dengan single promosi berjudul Somebody To Love di bulan yang sama.

Setelah segala bentuk promosi telah berjalan dengan lancar, OneRepublic mengungkapkan bahwa mereka siap untuk merilis album kelima berjudul Human pada November 2019. Namun perilisan album kelima OneRepublic tidak berjalan sesuai rencana yang diinginkan. Proses pengerjaan album yang mengalami kendala akhirnya dipaksa mundur untuk bisa rilis paling lambat pada musim semi 2020. Hal tersebut tidak menjadi kendala yang besar bagi popularitas OneRepublic dan para penggemarnya pun terkesan memaklumi kendala tersebut. Mencoba untuk membalas kebaikan dan kesabaran para penggemarnya, Ryan Tedder selaku vokalis dan frontman untuk OneRepublic mengabarkan bahwa pengerjaan album Human bisa rampung pada Maret 2020. Kabar tersebut pertama kali disiarkan oleh Ryan Tedder melalui akun Instagram pribadinya. Namun, rencana tersebut harus kembali pupus akibat pandemi virus Corona yang menyebar dengan cepat. Padahal, One Republic sebelumnya sudah kembali merilis single berjudul Didn’t I pada awal Maret 2020. 

Meskipun harus membatasi pergerakan dan berjarak baik untuk internal dan eksternal kepada penggemarnya, OneRepublic memutuskan untuk ikut jadi bagian yang memberikan dampak baik terhadap lingkungan dengan menyumbangkan penghasilan dari lagu barunya untuk donasi Covid-19. Melalui asosiasi bernama Musicares, OneRepublic bekerja sama untuk merilis single berjudul Better Days yang tersedia di dalam album Human sebagai sarana penggalangan dana bagi para pihak yang membutuhkan akibat kerusakan yang diakibatkan oleh pandemi virus Corona ini. Rilisnya album tersebut juga akhirnya dilanjutkan dengan pernyataan resmi bahwa OneRepublic akan kembali menunda perilisan album Human sampai waktu yang belum ditentukan. Mundurnya waktu perilisan album Human tidak membuat OneRepublic berhenti untuk menjadi band yang produktif. Di pertengahan tahun 2020, OneRepublic hadir sebagai kolaborator untuk sebuah single milik Kygo berjudul Lose Somebody. Single tersebut diambil dari album ketiga Kygo berjudul Golden Hour. Akhir tahun 2020 OneRepublic juga ikut mengisi lagu untuk film animasi buatan Disney. 

Akhirnya di tahun 2021, OneRepublic seakan menghadirkan titik terang tentang kejelasan album kelimanya. Pada awal Mei 2020 lalu, OneRepublic akhirnya merilis single sekaligus video klip untuk lagu berjudul Run. Lagu Run tersebut merupakan single kelima yang dirilis oleh OneRepublic dalam menyambut perilisan album Human. Menurut OneRepublic, single Run merupakan sebuah representasi yang tepat untuk mewakili perasaan dan kondisi OneRepublic setelah hampir 1 tahun harus memundurkan jadwal album kelima mereka. Menurut anggota OneRepublic, lagu Run ini menawarkan energi positif dan optimis untuk kembali menyambut kehidupan yang terganggu akibat Covid-19. 

Seluruh anggota OneRepublic bekerja sama untuk menulis lagu Run secara harmonis. Menurut mereka, lagu terbaru OneRepublic ini diharapkan mampu menjadi salah sarana yang dapat menghadirkan rasa kebahagiaan kepada orang banyak. Sehingga siapa pun yang mendengarkan mampu menjalani hari-hari dengan lebih baik lagi. Selain itu, OneRepublic juga merancang karakteristik suara lagu terbarunya untuk dapat selaras dengan apa yang telah mereka lakukan selama ini. OneRepublic mengakui bahwa tidak banyak hal-hal baru yang disematkan pada proses penulisan lagunya. OneRepublic menginginkan keterbukaan jadi nuansa utama yang bisa dirasakan langsung oleh para penggemarnya untuk lagu Run ini. Meskipun begitu, OneRepublic tetap menghadirkan tone yang modern untuk menjaga relevansi terhadap warna musik yang tengah berkembang di telinga para penikmat musik secara global.

Rilisnya single Run dari OneRepublic ini juga ditemani dengan kehadiran video klip yang menarik. OneRepublic mengajak Tomás Whitmore sebagai sutradara untuk video klip ini. Video klip untuk lagu Run ini mengambil tema atau latar sebuah set produksi film dengan banyak orang lalu lalang membawa properti dan sebagainya. Ryan Tedder selaku frontman menjadi sosok yang paling disorot pada visual untuk single terbaru OneRepublic ini. Selain itu, OneRepublic juga sempat mengunggah beberapa grafis dengan konsep poster film yang difungsikan sebagai teaser untuk video klip yang baru saja rilis pada awal Mei lalu tersebut. 

Untuk kelanjutan album kelimanya, OneRepublic pun akhirnya resmi membuka sesi pre order pembelian album Human. OneRepublic mengungkapkan bahwa album kelima tersebut akan diisi oleh 16 lagu yang 5 di antaranya sudah sempat rilis sejak tahun 2019. Perlu dicatat bahwa sesi pre order yang dibuka oleh OneRepublic ini hanya berlaku untuk versi digitalnya saja. Berdasarkan sesi pre order tersebut, OneRepublic juga menyantumkan bahwa mereka akan merilis album kelimanya pada 1 Desember mendatang. Semoga saja di tahun 2021 ini, OneRepublic dapat merilis albumnya tanpa terkendala seperti apa yang terjadi pada rencana awal mereka di tahun 2019.

OneRepublic juga baru saja berhasil kembali tampil di atas panggung. Namun panggung tersebut bukanlah panggung festival musik biasa. Acara yang baru saja dimeriahkan oleh penampilan OneRepublic ini merupakan sebuah panggung yang didedikasikan oleh para pekerja medis yang terus berdedikasi untuk merawat dan mengedukasi banyak orang untuk mencegah penyebaran virus Corona di masyarakat. 

Image courtesy of Rex Features

0 COMMENTS