Lil Loaded, Rapper yang Meroket Secara Singkat

Lil Loaded, Rapper yang Meroket Secara Singkat

  • By:
  • Selasa, 29 June 2021
  • 42 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Menjadi musisi sukses dengan popularitas yang besar di usia muda tentu menjadi harapan siapa saja yang ingin mulai mendedikasikan hidupnya dalam industri kreatif. Beruntungnya, Lil Loaded menjadi salah satu nama rapper terbaru yang berhasil merealisasikan harapan dari banyak musisi muda tersebut. Di bawah 20 tahun, Lil Loaded berhasil mendapatkan popularitas berkat salah satu lagu orisinilnya, 6locc 6a6y yang viral di pertengahan tahun 2019. Meskipun telah berhasil sukses dan populer sejak dini, tentu ada perjalanan penuh dinamika yang lebih dulu harus dilalui oleh rapper asal Texas yang lahir dengan nama Dashawn Maurice Robertson ini. 

Pertama kali mencoba berkarier sebagai seorang musisi rap, Lil Loaded merilis sebuah lagu berjudul B.O.S. di tahun 2018. Lagu tersebut Lil Loaded olah dengan mengambil sampel dari lagu Butter Pecan milik YNW Melly. Inisiasi pertama yang dilakukan oleh Lil Loaded tersebut cukup menarik perhatian para penikmat musik hip hop secara regional. Atensi dan apresiasi positif yang didapatkan oleh Lil Loaded kala itu membuat dirinya semangat dan percaya diri untuk melanjutkan karier sebagai rapper profesional. Satu tahun setelahnya, nama Lil Loaded kembali mencuat. Kali ini nama Lil Loaded mampu mendapatkan perhatian audiens yang lebih luas, terutama di luar Texas. 

Mencuatnya nama Lil Loaded didasari berkat seorang kreator konten Youtube bernama Tommy Craze yang membuat video reaksi terhadap salah satu lagunya yang berjudul 6locc 6a6y. Dalam video tersebut, Tommy Craze menunjukan antusiasnya dalam menilai salah satu lagu karya Lil Loaded tersebut. Video Youtube yang diunggah oleh Tommy Craze tersebut berhasil meraih angka penonton sebanyak 28 juta secara singkat. Dari angka yang fantastis tersebut secara signifikan juga membantu Lil Loaded untuk dapat dikenal oleh penikmat musik mancanegara.

Nama Lil Loaded yang semakin dikenal oleh banyak penikmat musik dunia ini akhirnya menarik perhatian salah satu label rekaman besar di Amerika Serikat, Epic Records. Bersama Epic Records, di tahun 2019 Lil Loaded pun secara resmi merilis album mixtape untuk 6locc 6a6y dan mixtape lanjutan berjudul Criptape. Di tahun yang sama, Lil Loaded juga dianugerahi predikat Gold oleh Recording Industry Association of America berkat suksesnya lagu 6locc 6a6y di pasaran. Bersama Epic Records, Lil Loaded juga berhasil merilis album perdananya berjudul A Demon In Blue di tahun 2020. 

Meroketnya popularitas Lil Loaded ternyata tidak membuat dirinya menjadi sosok yang angkuh di ranah industri musik hip hop. Lil Loaded dikenal terbuka untuk melakukan kolaborasi dengan musisi lainnya, baik yang masih mencoba untuk merangkak naik maupun sudah berada di puncak seperti yang dirinya rasakan. Keseriusan kolaborasi yang dilakukan oleh Lil Loaded ini dibuktikan dengan dua buah single berjudul Gang Unit bersama YG dan While I’m Here bersama Polo G. Lil Loaded juga dikenal ramah dan menghormati para penggemarnya. Hal tersebut kerap kali dibuktikan oleh sang musisi dalam caption untuk unggahan media sosialnya

Namun, di balik popularitas yang melesat tersebut, sangat disayangkan bahwa Lil Loaded kini sudah tidak bisa lagi melanjutkan kariernya. Lil Loaded ditemukan meninggal dunia dalam usia 20 tahun pada akhir Mei lalu. Berita kepergian Lil Loaded tersebut diungkapkan oleh sang pengacara, Ashkan Mehyari kepada divisi media dari Billboard. Berita kepergian Lil Loaded tersebut cukup mengejutkan skena hip hop. Beberapa musisi rap muda dan established pun menyumbangkan penghormatan terakhirnya melalui akun media sosial masing-masing. Bahkan ada yang menyayangkan kejadian ini karena prihatin melihat kepergian talenta penuh potensi di usia yang terbilang sangat muda. NLE Choppa dan Lil Gnar merupakan sedikit sosok yang mengutarakan rasa bela sungkawa melalui akun media sosial terhadap kepergian Lil Loaded. Sebelum meninggal dunia, Lil Loaded juga sempat merilis sebuah video klip berjudul Hard Times. Video klip tersebut merupakan sebuah karya olahan audio visual hasil kolaborasi Lil Loaded dan Hotboii.

Image courtesy of Lil Loaded

0 COMMENTS