biggie smalls

Mahkota Ikonis ‘King of New York’ Milik The Notorious B.I.G Dilelang

  • By: NND
  • Senin, 31 August 2020
  • 230 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Mahkota “The King of New York” (KONY) yang digunakan oleh Notorious B.I.G pada photoshoot terakhirnya resmi dilelang. Headpiece ikonis itu akan segera masuk ke dalam kumpulan katalog pelelangan khusus hip-hop yang diadakan dalam rumah lelang internasional untuk pertama kalinya, bertempat di Sotheby’s.

 

Pelelangan itu memuat 120 artefak, karya visual, dan foto yang merefleksikan pengaruh kultur hip-hop kepada budaya dan kesenian semenjak tahun 1970-an, hingga era kejayaannya, yakni di tahun 1980-an sampai pertengahan 1990-an.

Mahkota “The King of New York” (KONY) merupakan sebuah artefak ikonis milik rapper legendaris bernama asli Christopher Wallace itu. Ia menggenakannya saat hadir di photoshoot tiga hari sebelum tragedi penembakan yang kemudian mengambil nyawanya. Fotografer Barron Claiborne memotret Biggie pada sesi itu di sebuah studio di Greenwich, dekat Wall Street - New York.

Mengutip Contact High: A Visual History of Hip-Hop, Biggie menyatakan “open to anything” terkait sesi foto bersama Claiborne yang bekerja untuk Majalah Rap Pages. Lantas, Claiborne memilih untuk menggambarkan Biggie sebagai seorang raja, dan disanalah mahkota KONY itu mendapatkan perannya.

 

 

Dikatakan bahwa Biggie langsung pergi menuju bandara untuk terbang ke Los Angeles setelah selesai difoto dalam photoshoot tersebut. Tiga hari kemudian, ia meninggal dunia karena penembakan drive-by di luar pesta majalah Vibe di Los Angeles.

Selama ini, mahkota KONY itu disimpan oleh fotografer Barron Claiborne. Bagian dalam mahkota tersebut pun memuat tulisan “Crown from Biggie KONY Shot NYC 3-6-97” yang mampu mengingatkan kita akan photoshoot KONY nan melegenda itu.

0 COMMENTS