Ian Curtis

Makam Ian Curtis Kembali Jadi Korban Vandalisme

  • By: NND
  • Selasa, 6 August 2019
  • 482 Views
  • 7 Likes
  • 4 Shares

Makam Ian Curtis, vokalis unit post-punk legendaris Joy Division, telah dirusak. Naasnya, aksi mengejutkan ini bukan pertama kalinya terjadi dan kejadian serupa sempat terjadi beberapa tahun sebelumnya.

Menurut foto Ian Seivwright yang ia unggah ke laman akun Twitter Joy Division Central, salah satu batu dari makam Curtis telah dilepas dari liang kuburnya di kuburan Macclesfield.

Cuitan Twitter tersebut menyatakan bahwa bagian atas salah satu nisan di liang kuburnya telah dilepas secara paksa. Bahkan terlihat juga ada jejak usaha paksa untuk melepas batu berukir nama Ian Curtis, yang juga memuat salah satu barisan lirik Curtis terkuat: “Love Will Tear Us Apart”.

Batu nisan yang hilang itu adalah pengganti yang ditempatkan usai kejadian serupa di tahun 2008 silam.

Sementara itu, edisi 50 tahun dari mahakarya Curtis, Unknown Pleasure (1979) telah mengudara dan dirayakan oleh para pecinta musiknya di seluruh belahan dunia setelah edisi reissue album ini dirilis ulang.

Artwork ikonik Unknown Pleasure dipajang di sekujur kota Manchester, seperti di obyek-obyek penting macam Manchester Town Hall dan Menara Barat Deansgate Square.

Selain penempatan artwork, t-shirt Unknown Pleasure juga dibagi-bagikan secara gratis di Manchester untuk meramaikan perayaan ini. Pembagian t-shirt ini sekaligus sebagai usaha penggalangan dana untuk disumbangkan ke permasalahan mental melalui amal yang ditentukan langsung oleh keluarga Curtis.

Curtis wafat di tahun 1980 saat berusia 23 tahun, sebelumnya ia melawan penyakit epilepsi dan depresi masa akhir hidupnya. Ia meninggal setelah gantung diri di rumahnya.

2 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    kenapa sih tangan2 orang bisa jail banget???

  • Yumna37

    wah vandalisme emg ga baik broo

Info Terkait