MANIC STREET PREACHERS RILIS ANTHEM SEPAKBOLA YANG BERTUAH

  • By: SS
  • Sabtu, 25 June 2016
  • 1264 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Babak penyisihan grup Piala Eropa 2016 telah usai, dan mulai memasuki tahap Babak 16 Besar dalam sepekan ke depan. Salah satu kejutan menarik adalah lolosnya tim Wales ke babak knock-out secara solid dan meyakinkan.

Salah satu pihak yang pantas ikut merayakan kesuksesan sementara ini adalah unit rock bernama Manic Street Preachers. Seperti yang dikabarkan oleh berbagai media, band asal kota Cardiff itu memang sengaja bikin lagu khusus untuk tim sepakbola Wales. Mereka merilis tembang berjudul “Together Stronger (C'Mon Wales)” sejak bulan Mei 2016 lalu, bersamaan dengan launching skuad resmi tim nasional Wales.

Menurut pengakuan Manic Street Preachers, mereka mulai menulis lagu tersebut lebih dari satu dekade yang lalu. Sang vokalis merangkap gitaris, James Dean Bradfield, sempat mengatakan bahwa inspirasi utama mereka dalam menciptakan anthem tim sepakbola Wales itu berawal ketika Mark Hughes menjabat sebagai manajer tim pada paruh awal 2000-an.

Bradfield juga mengemukakan kalau inspirasi awal dalam lirik lagu tersebut datang di tahun 2003 ketika Wales kalah 0-4 dari Italia. Kemudian mereka melengkapi lirik lagu itu dengan berbagai catatan peristiwa sejarah sepakbola Wales, hingga sampai pada kabar lolosnya Wales ke turnamen akbar di Piala Eropa 2016 – sebuah penantian yang panjang semenjak partisipasi Wales pada Piala Dunia 1958 di Swedia.

Sang bassist dan penulis lirik, Nicky Wire, mengungkapkan kepada situs The Quietus, “Lagu ini sebenarnya sudah berputar-putar di kepala saya sejak lama. Tidak langsung jadi, tapi saya sudah menyimpan gambaran akan seperti apa liriknya. Nyaris semuanya soal tragedi-tragedi yang kita alami ketika kita menjadi penggemar sepakbola Wales...”

Nicky Wire mengatakan juga bahwa kekalahan Wales dari Skotlandia (1986), dan Rumania (1994) ikut memberi inspirasi terhadap penulisan lirik lagu “Stronger Together (C'Mon Wales)”. Lagu itu akhirnya benar-benar selesai ketika Wales lolos dari babak kualifikasi dan memastikan tempat dalam putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis.

Nicky Wire sempat menyatakan bahwa ia ingin lagu itu memiliki rasa yang kuat dan anthemik layaknya semua lagu di album lawas mereka, Send Away The Tigers dan Postcards From A Young Man. Atau dalam bahasa singkatnya menurut mereka, "If it wasn't good enough to be on one of those albums, then let's not do it!...”

Video musik “Stronger Together (C'Mon Wales)” yang telah dirilis melalui kanal YouTube itu menampilkan semua anggota skuad Wales sebagai penyanyi latar, termasuk dua bintang mereka, Ashley Williams dan Gareth Bale, serta mantan manajer tim, Gary Speed.

Kabarnya, keuntungan dari singel yang dilepas sejak tanggal 20 Mei 2016 itu juga akan menjadi donasi bagi Princes Gate Trust and Tenovus Cancer Care.

Foto: MNC, FA Wales, The Quietus, The Daisy Cutter

0 COMMENTS