Matt Heafy ‘Trivium’: Bungkam Pada Media Selama Penggarapan Album, Muak dengan Promosi yang Dilakukan Band Lain?

  • By: LS
  • Rabu, 30 September 2015
  • 6394 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Pernyataan semacam, “Album kami akan berbeda dari album sebelumnya,” atau “Materi album ini lebih matang dan dewasa, kami harap fans bisa menerimanya,” mungkin sering kita dengar dari berbagai band yang akan merilis album baru. Mereka melakukan promo sebelum materi album selesai dan belum direkam. Setiap band punya cara mempromosikan album baru, sayangnya strategi seperti tadi terkadang menimbulkan banyak pertanyaan.

Bukan karena penasaran, banyak band yang menggunakan strategi ini, tapi mereka tidak menjabarkan secara jelas musik seperti apa yang sedang mereka garap. Mereka hanya mengungkapkan pernyataan diplomatis tentang album terbaru yang akan dirilis. Bahkan Iron Maiden dan Arch Enemy sudah wara-wiri akan merilis album, dua tahun sebelum mereka menggarap apapun. Masih untung kalau benar terlaksana, kalau cuma harapan palsu? Ah, paling cuma jadi angin lalu. Toh, mereka tidak akan dianggap sebagai band yang cuma bisa omong besar dan tetap digandrungi fans.

Bentuk strategi promosi macam ini dipandang terlalu klise oleh gitaris sekaligus vokalis Trivium Matt Heafy. Semua terlihat sama dan ia tidak mau Trivium menjadi seperti mereka. “Pada dasarnya setiap band di seluruh dunia melakukan hal yang sama. Dan kami mengatakan, ‘Bagaimana kami menjadi berbeda?’ Baiklah, jika semua orang membicarakan rekaman album sepanjang waktu, mari kita biarkan mereka tidak tahu kita merekam sesuatu dan merilisnya ketika telah selesai,” tutur Heafy seperti yang dilansir oleh Allschools.

Sikap yang Heafy beserta Trivium ambil ini terinspirasi dari penggarapan film Star Wars. Mereka merilis trailer setelah produk selesai, merilis film dan the making of setelahnya. Tidak ada wara-wiri ketika proses shooting dan film tersebut belum selesai digarap.

“Kami mau menunggu, kami mau merilis video dari album ini dan biarkan itu menjadi hal awal daripada kami membuat teaser tanpa musik. Kami tau apa yang kami lakukan. Kami memiliki rencana, membentuk semua persiapan dengan materi dan waktu di mana semua akan kami rilis,” ujar Heafy.

Bagi yang sudah muak dengan bentuk promosi, teaser tanpa musik dan omong besar dari band yang akan merilis album, kita nampaknya perlu mengangkat topi untuk pernyataan dari Heafy ini. We totally agree with you!

Foto: trivium.org, guitarworld.com, loudwire.com 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
755 views

Merunut Album Terbaik Padi

superbuzz
362 views
superbuzz
1016 views
superbuzz
1114 views