MC5 Rayakan 50 Tahun Album Ikonis ‘Kick Out the Jams’

  • By: OGP
  • Kamis, 15 March 2018
  • 1711 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Album debut Kick Out the Jams milik MC5 kerap kali dianggap sebagai salah satu cetak biru di lanskap rock. Album seminal ini begitu berpengaruh bagi perkembangan kancah punk rock, hard rock, sampai garage rock. Maka tak salah, Rolling Stone menempatkan Kick Out the Jams di urutan ke-294 pada 500 album terbaik sepanjang masa.

Dalam rangka memperingati ultah ke-50 magnum opus Kick Out the Jams, Wayne Kramer, gitaris dan satu-satunya personel MC5 yang tersisa, kembali mengumumkan akan menggelar tur ‘Kick Out the Jams: The 50th Anniversary Tour’ di Benua Eropa serta menjadi headliner di sepanjang zona Amerika Utara. Rangkaian tur berakhir di kota kelahiran MC5, Detroit, AS pada 27 Oktober mendatang.

Tak tampil sendirian, Kramer nantinya bakal dibantu sederet musisi-musisi tamu terkenal lainnya. Sebut saja Kim Thayil (Soundgarden), Brendan Canty (Fugazi), Dug Pinnick (King’s X), dan Marcus Durant (Zen Guerilla). Mereka akan membawakan seluruh repertoar yang ada pada opus Kick Out the Jams, serta beberapa single andalan klasik lain milik mereka.

“MC5 adalah salah satu dari sekian band yang aku idolai ketika tumbuh di DC. Mereka memiliki unsur politik, gebrakan, dan energi yang tak pernah habis. Mereka membawakan protes-protes, dan membuat musik yang terdengar seperti perayaan sebuah pergerakan di saat bersamaan. Mereka memengaruhi begitu banyak dari kami tentang dunia punk rock,” ungkap Brendan Canty, dilansir melalui Pitchfork.

“Tak masalah di mana kau mendengarkannya, mendengarkan ‘Kick Out the Jams’ untuk pertama kalinya seperti menulis ulang apa yang kau pikirkan tentang era 60-an, dan potensi band ini. Senang rasanya mengenal dan nge-jam bareng Wayne. Dia masih bisa bermain secara hebat, dan pemikiran politiknya adalah yang terdepan. Ia cerdas dan adil, dan aku senang bisa menjadi bagian darinya dalam hal ini,” pungkasnya.

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
1095 views
superbuzz
482 views
superbuzz
2651 views
superbuzz
4264 views