Media Musik Ikonis Asal Inggris, NME Resmi Menghentikan Format Cetak

  • By: OGP
  • Sabtu, 10 March 2018
  • 365 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

NME (New Musical Express), media musik ternama asal Inggris, akhirnya resmi memutuskan untuk berhenti terbit secara cetak. Pihak NME telah mengonfirmasi bahwa edisi cetak Jumat ini (9/3) adalah menjadi cetakan terakhir mereka. Selanjutnya media musik ini akan berfokus memperkuat sektor konten digital seperti halnya media-media yang kini berhaluan ke versi dunia maya.

NME pertama kali terbit pada tahun 1952. Selama 66 tahun berjalan, majalah ini menjadi saksi perjalanan invasi rock di tiap generasinya. Mulai dari era 60-an yang dihuni oleh The Beatles dan The Rolling Stones, era pesohor punk seperti Sex Pistols dan The Clash di medio 70-an, serta mekarnya kancah britpop pada dekade sepanjang 90-an.

“Majalah cetak mingguan NME berhenti terbit. Majalah edisi minggu ini, yang keluar pada hari Jumat, akan menjadi edisi cetak terakhir,” tulis pernyataan resmi NME, dikutip melalui The Independent.

“NME adalah salah satu nama media paling ikonis di Britania Raya dan langkah kami membaginya gratis telah membantu mendorong pembaca untuk beralih ke NME.com,” ungkap Managing Director penerbit NME, Paul Cheal.

Bagi Cheal, berakhirnya edisi cetak NME dikarenakan terlilit masalah finansial. Biaya produksi yang kian melonjak mau tak mau membuat perusahaan media harus berhenti menerbitkan versi cetak.

Pada tahun 2015, NME membagikan majalahnya secara gratis. Paul Cheal juga menyatakan karena publikasi bebas itu semakin menguatkan tujuan NME untuk berkutat di konten digital. Namun di sisi lainnya, jika versi cetak tetap dipertahankan maka pihak perusahaan akan mengalami kenaikan biaya produksi dengan jumlah yang tak sedikit.

“Sayangnya, saat ini kami sampai pada titik di mana edisi majalah mingguan takkan lagi tersedia. Kami sekarang mengalihkan usaha dan investasi ke konten-konten digital untuk mempertahankan merek media terkenal ini," ujar Cheal.

*Foto cover: The Independent

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
156 views
superbuzz
195 views
superbuzz
171 views
superbuzz
196 views