Melalui “Up”, Cardi B Mantap Rilis Album Kedua

Melalui “Up”, Cardi B Mantap Rilis Album Kedua

  • By:
  • Senin, 22 February 2021
  • 32 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah sukses menyihir banyak penikmat musik hip hop dengan lagu berjudul Wap yang dirilis pada bulan Agustus tahun 2020, Cardi B kembali lagi dengan merilis sebuah single berjudul Up pada awal Februari lalu. Rilisnya single di awal tahun 2021 ini juga jadi salah satu langkah awal bagi Cardi B untuk kembali fokus dalam mengerjakan album terbarunya. Hingga saat ini, Cardi B masih belum merilis album semenjak rilisnya Invasion of Privacy di tahun 2018 yang lalu. Oleh karena itu, hadirnya Up jadi sebuah penanda yang penting bagi dirinya saat ini.

Cardi B tidak hanya merilis single Up dalam format audio saja, sang rapper pun merilis lagu tersebut dalam format video klip. Untuk video klip Up, Cardi B bekerja sama dengan sutradara asal Ukraina, Tanu Muino. Dalam video klip lagu Up ini, Cardi B dan Tanu Muino mencoba untuk mengelaborasikan banyak hal yang ada di dalam benak sang rapper ke dalam sebuah konsep visual. Salah satu hal yang menarik adalah pada bagian pembuka video klipnya terdapat sebuah nisan bertuliskan “RIP 2020”. Konsep visual dalam batu nisan tersebut dianggap oleh Cardi B sebagai sebuah tanda untuk memulai kehidupan kembali dari tahun 2020 yang cukup melelahkan dan mengerikan. 

Cardi B pun menambahkan bahwa lagu terbarunya ini memiliki karakteristik atau persona yang lebih garang dari karya-karyanya sebelumnya. Secara mendasar, dalam menggarap lagu Up, Cardi B cukup terinspirasi dari lagu hip hop yang berkembang di skena Chicago. Karakteristik skena hip hop Chicago ini cukup sering mengangkat fenomena atau kejadian riil yang terjadi di jalanan atau lingkungan. Karakteristik tersebut yang coba untuk diangkat oleh Cardi B melalui Up

Cardi B juga baru saja mengunggah sebuah video behind the scene untuk pembuatan video klip Up. Dalam video klip tersebut digambarkan mengenai proses serta kendala apa saja yang harus dilalui oleh Cardi B bersama sang sutradara dalam merampungkan proyek terbarunya ini. Untuk mempersiapkan koreografi dalam video klip Up, Cardi B menghabiskan waktu selama 23 hari untuk berlatih bersama Sean Bankhead sebagai penata koreonya. Dalam video behind the scene tersebut, terlihat bagaimana Cardi B kerap kali mengutarakan tentang lututnya yang bermasalah semasa melakukan latihan koreografi. Meskipun begitu, Cardi B tetap berlatih agar dapat berhasil memberikan koreografi terbaik untuk melengkapi visual dari video klip Up.

Rilisnya Up ini merupakan sebuah langkah baru bagi Cardi B untuk memulai kembali merilis album setelah 3 tahun hanya fokus merilis single. Sebetulnya, keinginan Cardi B dalam merilis album kedua dalam diskografinya ini sudah ada sejak tahun 2020 lalu. Namun, rencana tersebut harus diurungkan karena Cardi B merasa tidak ada lagu yang tepat untuk mewakili konsep album barunya. Tahun 2021 akhirnya dipilih karena Cardi B merasa jika dirinya tidak punya pilihan lain untuk kembali menunda rilisnya album kedua. Cardi B pun mengakui bahwa selama 3 tahun terakhir dirinya sudah merekam lebih dari 50 lagu namun sang rapper masih belum puas dengan apa yang dirinya rekam. Meskipun sudah merekam 50 lagu, Cardi B juga masih memiliki rencana untuk merekam 8 lagu lagi untuk memperluas topik apa saja yang bisa dirinya tuangkan melalui kumpulan lagu untuk albumnya nanti.

Cardi B pun mengungkapkan bahwa media sosial merupakan salah satu faktor yang membuatnya terus bersemangat dalam menulis lagu untuk album keduanya nanti. Di sosial media, Cardi B kerap kali harus menjelaskan tentang kehidupan personalnya serta komentar-komentar pedas yang diterima dari para netizen. Kekesalan yang Cardi B rasakan berkat komentar yang diutarakan para netizen ini jadi bahan bakar bagi sang rapper untuk menulis lagu sesuai dengan apa yang dirinya rasakan. Pembuktian yang dilakukan oleh Cardi B melalui lagu ini juga digunakan oleh sang rapper sebagai bentuk perlawanan akan rasa takut yang dimiliki oleh sang musisi. Cardi B mengakui bahwa dirinya merasa takut mengenai ekspektasi akan karya-karyanya. 

Ekspektasi yang datang dari para penikmat musiknya tersebut cukup mengganggu pikiran Cardi B dalam menggarap lagu yang dirinya inginkan. Atas ekspektasi tersebut, Cardi B sering kali merasa ragu apakah lagu-lagu yang dirinya tulis sudah cukup bisa merepresentasi perasaan dari para penggemar musiknya sekaligus apakah lagu-lagu yang ditulis sudah cukup baik. Rasa ragu tersebut akhirnya menjadi rasa takut yang cukup mengganjal sehingga membuat Cardi B terus menunda lahirnya album kedua hingga tahun 2021.

Keinginan untuk menghadirkan karya terbaik juga hadir karena pencapaian Cardi B yang berhasil diraih saat dirinya merilis album perdana di tahun 2018. Album perdana Cardi B, Invasion of Privacy ini berhasil memenangkan kategori Best Rap Album untuk Grammy Awards di tahun 2019. Selain itu, respon dari kritikus dan media musik di Amerika Serikat juga menganggap bahwa album perdana dari Cardi B tersebut dianggap sebagai sebuah karya rap pendatang baru yang punya pengaruh besar pada industri musik dalam 10 tahun terakhir. Dalam menggarap musik untuk album perdananya, Cardi B menghadirkan komposisi perpaduan dari musik latin, trap, serta R&B. Cardi B juga mencoba untuk menceritakan tentang isu popularitas, kekayaan, serta permasalahan sosial yang lekat dengan dirinya melalui lirik-lirik yang ditulis pada album perdananya tersebut.

Image courtesy of: Lev Radin / Shutterstock

0 COMMENTS