Isyana Sarasvati

Melihat Isyana Sarasvati Bermusik Rock Lewat Single Unlock The Key

  • By:
  • Senin, 30 November 2020
  • 408 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tahun 2020 menjadi waktunya Isyana Sarasvati bereksperimen dengan aliran musik berbeda dari biasanya. Perubahan itu awalnya ditunjukkan ketika Isyana Sarasvati merilis album LEXICON pada 2019 yang menganut aliran progressive rock.

Melalui album tersebut, Isyana Sarasvati sedikit keluar dari sisi lembutnya dengan menyuguhkan komposisi musik yang jaw-dropping. Tak berhenti sampai di sana, Isyana Sarasvati kembali menghadirkan karya baru dengan genre yang sama melalui single Unlock The Key.

Melalui unggahan di akun Twitter pribadinya, Isyana Sarasvati menyebut bahwa single Unlock The Key adalah lagu yang berisikan lupan emosi dan sisi lain dari dirinya. Sisi tersebut disebut hanya bisa diungkapkan oleh dara berusia 27 tahun itu melalui media musik.

“Aku memiliki beberapa sisi diriku yang tidak dapat aku tunjukkan ke muka umum dan aku pikir orang-orang lain juga merasakannya. Tapi bagiku, satu-satunya cara untuk benar-benar mengekspresikannya adalah melalui musik,” tulis Isyana Sarasvati.

Sementara dari keterangan persnya, lagu yang dirilis pada 28 Oktober 2020 itu disebut Isyana Sarasvati merupakan kisah tentang gejolak pengalaman pribadinya. Sejumlah fragmen-fragmen yang telah dilalui Isyana, dituangkan dalam lirik-lirik lagu.

"Seiring perjalanannya, dia mengalami momen-momen kompleks yang berasal dari peperangan sangat pribadi dalam dirinya. Bagi Isyana, satu-satunya cara untuk dapat jujur mengekspresikan perasaan dalam persona-personanya yang tersembunyi adalah melalui musik,” bunyi keterangan pers manajemen Isyana Sarasvati.

“Kami mempersembahkan single terbaru dari Isyana Sarasvati, Unlock The Key. Sebuah komposisi yang diciptakan sebagai analogi peperangan di dalam pikiran Isyana Saravati dan perjuangannya untuk menang," lanjutnya.

Unlock The Key sendiri disajikan dengan perpaduan unsur rock-progressive dalam instrumen yang kaya dengan sentuhan tutti atau unidsound. Lagu itu juga disempurnakan oleh melodi khas dari Isyana Sarasvati.

"Sangat jelas menggambarkan kompleksitas dan gejolak emosinya. Kemegahan komposisi juga terbangun dari sentuhan string section untuk menggambarkan kemenangan dari mental yang dewasa.” 

Tak hanya single baru dan nuansa baru dalam single anyar yang dipersembahkan Isyana Sarasvati pada tahun 2020. Saudari kandung dari penyanyi wanita Indonesia, Rara Sekar, ini sebelumnya telah membuat label rekaman sendiri dengan nama Redrose Record.

Semakin lengkap langkah baru Isyana Sarasvati karena single Unlock The Key merupakan rilisan pertama di bawah naungan label rekamannya sendiri. Sebelum membangun label sendiri, Isyana Sarasvati bergabung dengan Sony Music Entertainment Indonesia.

Bagi Isyana Sarasvati, merintis sebuah label rekaman telah menjadi impiannya sejak lama. Ia juga berharap, usaha rintisannya ini akan menjadi tempat bagi para musisi untuk berkembang sesuai dengan identitas mereka masing-masing.

“Saya selalu bermimpi membangun tempat yang dapat menjadi rumah bagi semua jenis musik yang tercipta, tempat yang bisa menemani musisi yang memiliki mimpi dalam perjalanannya,” tulis Isyana Sarasvati di akun Instagram pribadinya.

"Hari ini, saya selangkah lebih dekat menuju mimpi itu. Seperti sekuntum mawar, saya berharap rumah baru kami akan berkembang menjadi sesuatu yang indah dan cemerlang,” ujar Isyana menambahkan.

Saat mengumumkan perilisan label musiknya, Selasa (18/10/2020). Isyana Sarasvati juga menjelaskan arti dari nama labelnya, Redrose, yakni berisi harapan agar apa yang dirintisnya (label) dapat mekar dan berkembang indah seperti bunga mawar.

Lirik Lagu Unlock The Key Isyana Sarasvati

Lost, I am lost again

No, I am alone again

I keep falling into fear every single time I want to open up my mind

I can't see the purest color of my soul

They keep saying this but what I want is that

They keep saying no when my body wants to move

I'm stuck in confusion

I keep falling into fear every single time I want to open up my mind

I can't see the purest color of my soul

They keep saying this but what I want is that

They keep saying no when my body wants to move

I need to clear the mind's eye

This evolution shaped a war in my imagination

I am being suffocated by the mess that keeps on running in my head

Set me free from the darkness

I will never let you gеt a piece of my light

I've warnеd you more than once

Unlock the key and step away from my life

Love, love, love, thank you for the longing

I am still alive

Love, love, love, thank you for the longing

I am still alive

Set me free from the darkness (unlock the key and step away from my life).

Sekilas Isyana Sarasvati

Lahir di Bandung pada 2 Mei 1993, Isyana Sarasvati sudah dikenalkan dengan musik sejak berusia 4 tahun oleh ibunya. Dia dikenalkan dengan berbagai instrumen musik seperti piano, flute, violin, dan saxophone.

Saat berusia 16 tahun, Isyana Sarasvati mendapat beasiswa dari pemerintah Singapura untuk bersekolah di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA). Pada 2013 Isyana Sarasvati meraih gelar Diploma di bidang Music Performance dan mendapat beasiswa kembali dari NAFA untuk pendidikan lanjutan dan lulus dengan gelar Sarjana Musik di sana pada 2015.

Di tengah karier pendidikan yang cemerlang, Isyana Sarasvati kerap mengcover lagu-lagu pada medio 2012-13 yang diunggah di akun YouTube dan SoundCloud. Hal itu menarik perhatian dari Sony Music Indonesia yang mengundangnya masuk ke label rekaman mereka dan resmi bergabung pada 2014.

Isyana Sarasvati menandai terjunnya ke industri musik Indonesia dengan merilis lagu debut berjudul Keep Being You pada 2014 di bawah naungan Sony Music Entertainment Indonesia. Di sana ia merilis tiga album, Explore! (2015), Paradox (2017), dan LEXICON (2019).

0 COMMENTS