Lil Nas X - Billy Ray

Membedah Popularitas Single Viral 'Old Town Road' Milik Lil Nas X

  • By: NND
  • Senin, 22 July 2019
  • 404 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

Kalian yang menghabiskan waktu menjelajahi internet, apalagi yang tak bisa lepas memantau meme, “Old Town Road” bukanlah lagu asing. Lagu ini adalah karya Lil Nas X adalah rapper muda asal Atlanta, Amerika Serikat ini berhasil menjadi sebuah hits sensasional dan fenomenal. Single ini menjadi tren hasil tema percampuran budaya yang menjadi garis besar.

Atlanta, kota asal Lil Nas X terletak di bagian selatan AS yang juga didominasi budaya kulit putih (Texas, Louisiana, Georgia, Tennessee, Florida, Carolina Selatan-Utara, dll), musik hip-hop di sana menjadi sebuah gelombang yang tidak surut kuatnya dibanding West dan East Coast. Hip-hop juga tidak juga mati terkubur budaya kulit putih yang kental.

Contohnya adalah Outkast, Childish Gambino, Migos, Killer Mike dan masih banyak lagi. Mengingat kuatnya budaya kulit putih yang juga menghasilkan genre country—wajar rasanya, jika “Old Town Road” hadir dengan kedua warna tersebut.

“Old Town Road”  hits dan viral disebabkan oleh meme yang turut serta mempromosikannya. Lil Nas X menggungah lagunya sendiri ke TikTok, aplikasi yang sering menjadi sumber meme dan ketenaran “Old Town Road” langsung melejit. Nama single ini melejit seiring kontroversi yang dipancing single ini.

Kala itu, single ciptaan remaja 20 tahun ini berhasil masuk ke charts musik country Billboard, tapi kenyamanan posisi di tangga lagu tidak berlangsung lama. Billboard memutuskan untuk mengeluarkan lagu tersebut dari tangga lagu country, karena merasa tidak memiliki elemen country yang kuat.

Keputusan ini menyebabkan pertentangan ras dan budaya di Amerika Serikat, yang imbasnya membuat lagu tersebut semakin mendunia. Menurut Lil Nas X, lagu itu ia tulis saat bingung dan galau dalam menentukan tujuan atau arah hidup. Metafora ini berubah menjadi “Old Town Road”.

“Lirik ‘Take my horse to the old town road and ride till I can’t no more’ yang berarti lari dari semuanya sampai hilang. ‘Kuda’ merupakan sebuah metafora—metafora atas ketidakpunyaan, atau hanya memiliki sedikit hal yang digemari, dan memegang teguh hal ini.

Old Town Road’ mengartikan hidupku sekarang. Ia merupakan sebuah perjalanan yang tidak kunjung tuntas; berjalan terus, sampai tidak bisa lagi,” ungkapnya pada Teen Vogue Juni lalu.

Sekarang, “Old Town Road” sudah semakin menjadi-jadi, banyak perpaduan meme yang muncul darinya seperti meme Area 51, hingga remix dengan penyanyi country asli macam Billy Ray Cyrus (ayah Miley Cyrus).

Remix ini dikemas lengkap dengan video klip yang turut menghadirkan sejumlah nama-nama besar, atau remix edisi Diplo yang didominasi sound EDM.  Lagu ini juga berhasil menyabet sejumlah rekor seperti menjadi lagu hip-hop terlama yang duduk di tangga lagu Billboard 100 (berbeda dari tangga lagu country). Serta salah satu lagu yang terlama bertengger di puncak tangga lagu Billboard Hot 100, menyaingi “One Sweet Day” dari duet Boyz II Men dan Mariah Carey, juga "Despacito".

Single mendunia itu terangkum ke dalam EP-nya yang berjudul 7, yang rilis pada tanggal 21 Juni lalu. Simak video klip untuk versi remix dari “Old Town Road” bersama Billy Ray Cyrus, melalui video di bawah ini:

2 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    cobow

  • Yumna37

    saya belum pernah denger lagunya

Info Terkait

supershow
138 views
supershow
198 views
superbuzz
163 views
supershow
179 views